erita
11

7 Cara Supaya Gak Gampang Kenyang Saat Lebaran


Yak lebaran akhirnya makin dekat! Hari yang dinantikan oleh semua orang yang berpuasa selama sebulan penuh datang juga. Hari kemenangan bagi umat muslim ini adalah hari dimana kamu akan makan banyak sekali makanan.
Memang keuntungan utama dari lebaran adalah makanan enak tersedia melimpah dan gratis. Malah kalo gak diabisin bisa dimarahin. Di satu sisi, tentu saja hal ini merugikan bagi kamu yang ingin mencicipi banyak makanan. Tak lah mungkin semua makanan bisa disikat. Jika kamu makan banyak dari awal, kamu akan menyiakan variasi makanan enak di tempat lainnya.
Maka dari itu MBDC akan mengajarkan kamu trik gak gampang kenyang ketika berlebaran ke rumah orang-orang seharian:

1. Makan Kue Aja

Iya MBDC tahu semua makanan berlemak itu enak. Makanan Lebaran jahat banget, buruk bagi kesehatan tapi sangat sangat memuaskan bila dimakan. Karena mudharatnya juga banyak, mendingan kamu makan ketupat sayur, opor dan lain-lain di rumah aja. Ketika keliling ke rumah orang, makanlah kue-kuean yang banyak jenisnya.
Tapi ingat, kamu harus pintar. Makan kue cukup satu-dua aja, yang penting jenisnya yang banyak. Karena jika kamu terlalu rakus, kamu akan kehabisan tenaga dan tidak bisa ikut makan di tempat-tempat yang lain. Buat makanan jadi selingan, niscaya kamu gak akan rugi selama perjalanan.

2. Hanya Makan Kalau Ditawarin

Ketika berkunjung ke rumah orang, tentunya ada rasa segan untuk makan banyak. Kesannya gak tahu malu gitu kalau makan rakus banget. Hal ini bagus buat kamu yang selalu lapar mata. Kamu cukup makan ketika ditawarin. Paling sering sih tawarannya "Ayo, ayo dimakan ketupatnya. Tante semaleman loh bikinnya." Tentunya akan sangat gak enak untuk menolaknya. Jadi, kamu mesti makan. Tapi, selain tawaran itu sebaiknya diem-diem aja.

3. Atur Jadwal Makan

Sering kali acara silaturahmi di saat lebaran bukan kamu yang menentukan rutenya. Ketidaktahuan ini akan menghambat kamu untuk mengatur pola makan kamu sebelum lebaran. Bisa-bisa kamu bablas di awal seperti yang MBDC khawatirkan.
Untuk mencegahnya, mendingan kamu tanya deh ke orang tua kamu mau kemana aja hari ini. Terus bayangin gimana pas kamu dateng bertamu tahun lalu. Tante A kecenderungannya masak apa, rumah nenek biasanya ada makanan apa dan lain-lainnya.
Atur jadwal makan kamu sehingga perut kamu tetap bisa diisi dengan berbagai macam makanan.

4. Bikin Pantangan

Iya MBDC tahu sebisa mungkin kamu pengen makan semuanya yang dihidangkan. Santai dulu. Esensi dari lebaran memang mensyukuri apa yang diberikan, tapi kamu juga harus tahu batasan.
Agar bisa memakan lebih banyak makanan. Kamu bikin aja pantangan versi kamu sendiri. Misalnya, jangan makan yang banyak kolesterolnya, jangan terlalu banyak makanan kering, jangan minum terlalu banyak dll. Dijamin deh, kamu bisa terbantu. Target makan banyak di berbagai tempat pun tercapai.

5. Bikin Wishlist

Kebalikan dari poin sebelumnya. Kamu bisa bikin wishlist makanan apa aja yang pengen kamu lahap. Kalo MBDC misalnya ada kewajiban untuk makan rendang, ketupat sayur plus beberapa kue seperti kue salju atau nastar. Kalau udah memenuhi wishlist itu, biasanya sih makan udah selow.
Kamu bisa juga memikirkan wishlist sesuai rumah yang kamu mau datengi. Oh si tante A paling jago kalo masak yang banyak kuahnya, nenek paling bisa masak makanan yang pedas dan selanjutnya. Setelah itu, kamu lebih mudah mencerna makanan yang datang kepadamu.

6. Bawa Makanan Untuk Dimakan Di Rumah

Kalau poin yang ini kesannya agak gak tahu malu sih. Masa kamu ngebungkus semua makanan enak itu. Tapi, biasanya orang Indonesia masih cukup toleran kok. Malah dengan senang hati. Yang penting habis.
Dengan membawa beberapa makanan, kamu bisa mencapai targetmu untuk makan di banyak tempat. Plus, kamu bisa makan di malam hari. Kenyang kan.

7. Gak Makan Sama Sekali

Ya kalau emang gak mau kenyang. Yaudah sekalian aja gak makan. Gak repot kan. Tapi, ya terus ngapain kamu bertamu tanpa makan. Geblek banget dah. Jangan dilakuin ya poin terakhir ini.
Gimana? Kamu punya trik lain yang lebih mujarab? Coba di share sama MBDC di comments. Selamat lebaran ya! Mohon maaf lahir dan batin.
Previous
Next Post »