erita
11

6 Tips Supaya Kamu Gak Tekor Setelah Lebaran


1. Pisahin Duit Buat Pengeluaran Rutin

{source name="uang receh" url="en.tempo.co"} pisahin deh tuh sampe pegel
uang receh via en.tempo.co
pisahin deh tuh sampe pegel
Sebelum kamu mulai belanja-belanja buat kebutuhan Lebaran, ada baiknya kamu pisah-pisahin duit kamu dulu deh. Pisahin duit kamu untuk pengeluaran-pengeluaran bulanan rutin seperti bayar listrik, air, kost, pulsa, uang makan bulan depan, dan lain-lain. Soalnya kalau duit kamu nyampur efeknya kamu akan ngerasa sedang memegang dana dalam jumlah yang gede. Akibatnya kamu bakalan lupa diri dan menganggap duit kamu masih banyak. Akhirnya belanjanya nambah deh dari anggaran awal. Padahal duit yang kamu belanjain itu ada yang untuk ngebayarin kebutuhan bulan berikutnya. Jadi tekor kan.

2. Bayarin Angsuran dan Kredit Lebih Dulu

{source name="bayar kartu kredit" url="oyeeblog.wordpress.com"} udah teken aja YA
bayar kartu kredit via oyeeblog.wordpress.com
udah teken aja YA
Setelah kamu pisah-pisahin duitnya seperti yang disebutin pada poin pertama, selanjutnya mending kamu bayar-bayarin dulu semua kewajiban kamu. Kalau kamu punya utang ya lunasin dulu, biar ntar kalau kamu mau utang lagi kamu masih dipercaya. Terus kalau kamu punya kreditan ya bayarin dulu, supaya ntar duitnya gak ngelayap buat belanja yang lain. Soalnya kalau sampe kredit dan angsuran kamu nomer duain, bisa-bisa bulan selanjutnya kamu bakalan kena denda dan diuber-uber sama debt collector. Jadi tekor kan.

3. Jangan Habisin THR Kamu

{source name="thr" url="bisnis.liputan6.com"} bagi-bagi lah thrnya
thr via bisnis.liputan6.com
bagi-bagi lah thrnya
Mungkin kamu berpendapat bahwa uang yang harus disisihkan itu cukup uang bulanan aja, THR mah bebas-bebas aja dihabisin. Wah salah banget tuh. Kalau kamu dapet THR mendingan kamu belanjain 50% aja dari THR kamu untuk belanja konsumtif. Sisanya ya disimpen dulu, jangan diapa-apain. Soalnya gini nih, pas Lebaran itu kamu bakalan nemuin banyak kejadian tak terduga yang bisa bikin pengeluaran kamu membengkak. Seperti harga-harga yang lebih mahal daripada biasanya sampai dipalakin ponakan kamu. Nah kalau THR kamu udah kamu abisin buat belanja konsumtif, otomatis pengeluaran tak terduga kamu bakalan nyedot dana bulan selanjutnya. Jadi tekor kan.

4. Hindari Ke Pusat Perbelanjaan

{source name="diskon" url="boombastis.com"} tantangan hidup
diskon via boombastis.com
tantangan hidup
Kalau kamu gak pengen tekor setelah Lebaran, ada baiknya kamu hindarin deh ke pusat perbelanjaan selama Lebaran. Soalnya tempat-tempat perbelanjaan itu bakalan ngasih kamu godaan berlebih untuk belanjain uang kamu. Untuk mengantisipasi hal itu sih mendingan kamu belanja kebutuhan Lebarannya jauh-jauh hari sebelum hari L (hari H mah gak tau hari apaan). Terus kalau kamu mudik ke kampung halaman, di sana ya ngadem aja depan kipas angin. Gak usah kemana-mana. Lagian kalau kamu stay di dalam rumah, kesempatan kamu untuk istirahat jadi lebih besar. Dengan begitu kamu diharapkan bisa seger kembali ketika nanti balik untuk bekerja.

5. Punya Anak

{source name="punya anak" url="www.cnn.com"} seru ya kayaknya :(
punya anak via cnn.com
seru ya kayaknya :(
Langkah selanjutnya biar kamu gak tekor setelah Lebaran itu adalah dengan punya anak. Logikanya sih kalau kamu punya anak, kamu bisa ajak ngider anak kamu biar dapet salam tempel yang bisa digunain untuk nutup pos Lebaran kamu. Tapi..tapi.. kalau jumlah ponakan yang harus dikasih salam tempel lebih banyak gimana dong? Gampang, tinggal kamu bikin aja anak lagi lebih banyak daripada jumlah ponakan-ponakan kamu. Kemungkinan besar sih sehabis Lebaran kamu bakalan untung. Cuma 11 bulan berikutnya giliran kamu yang tekor memenuhi nafkah anak segitu banyak.

6. Ngerti Hakekat dari Idul Fitri

Kalau kamu tekor terus setiap Lebaran tiba, mungkin udah saatnya kamu belajar lagi tentang hakekat sebenarnya dari Idul Fitri.


Ya udah sih, selamat Lebaran ya. Maap-maapin kalau ada salah dan typo. Salam buat adik dan ponakan kamu yang cantik-cantik. Kalau bisa kenal-kenalin lah di kolom komentar. Ditunggu ya.
sumber foto utama
Previous
Next Post »