erita
11

11 Tipe Kosan di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui


Kos-kosan punya peran vital dalam mengasah mentalitas putra-putri bangsa. Di kos-kosanlah seseorang belajar hidup sendiri, belajar jadi individu mandiri. Di kos-kosan pula, banyak pengalaman kocak dan unik yang gak terlupakan dan akan selalu terkenang. Namun apakah kamu pernah mikirin, sesungguhnya banyak banget tipe kos-kosan yang tersebar di seluruh penjuru negeri? Berikut sejumlah tipe kosan yang udah ditelaah secara mendalam oleh MBDC:

1. Kosan Anti Jam Malam

Biasanya kan selalu ada tuh kosan yang menetapkan jam malam bagi para penghuninya. Nah, kalo yang ini jangan pernah deh ngomongin soal maksimal jam berapa harus udah ada di kosan. Udah pada gede kali, masa sih jam pulang harus diatur-atur? Kayak masih tinggal di rumah orang tua aja. Niatnya sih biar anak kosan lebih teratur gitu jam pulangnya, tapi generasi muda penerus bangsa gak perlulah diatur-atur kayak anak kecil.

2. Kosan Religius

{source name="Kosan Religi" url="www.nytimes.com"} Yang Penting Ada Nilai-Nilai Religi
Kosan Religi via nytimes.com
Yang Penting Ada Nilai-Nilai Religi
Hidup di dunia sekuler di mana misalnya banyak mahasiswa yang memilih untuk berada di jalur bebas tanpa batas, masih ada lho pemilik kosan yang pengen gedungnya cuma ditinggali oleh anak-anak dari satu agama tertentu. Biasanya yang tinggal di kosan ini adalah cewek-cewek berhijab, yang mana sebutan bagi tempat tinggal mereka adalah kosan Muslimah.

3. Kosan Rasis

Yang tinggal di kosan ini mayoritas atau bahkan semuanya berasal dari ras yang sama. Mungkin ngerasa sepenanggungan kali ya, seperdaerahan. Terus pemilik kosnya juga satu ras sama mereka. Lengkap deh. Kalo kayak di Bandung, ada aja tuh yang satu kosannya Batak semua, Minang semua, Kalimantan semua. Bebaskeun.

4. Kosan Ibu Galak

{source name="Bu Kos Galak" url="whoshouldimarry.com"} Galak Bet si Ibu
Bu Kos Galak via whoshouldimarry.com
Galak Bet si Ibu
Ngekos di tempat yang ada ibu kosnya emang gak terelakkan. Biasanya orang tua si anak yang pengen anaknya tingal di tempat yang ada ibu kos, supaya terkontrol, pikirnya. Padahal justru si ibu kos ini, yang mana udah galak, terus bikin tertekan penghuninya. Segala peraturan ada di kos-kosannya. Gak boleh inilah, gak boleh itulah. Mahasiwa semester awal yang belom punya banyak pengalaman dalam dunia kos-kosan yang seringkali terjebak di situasi ini.

5. Kosan yang Sebutannya Berdasarkan Warna

{source name="Kosan Warna" url="twitter.com"} Ini Oranye Gak?
Kosan Warna via twitter.com
Ini Oranye Gak?
Pemilik kosan tipe ini pastilah memuja efektivitas. Selain gak usah repot-repot mikirin nama, orang-orang juga bakal mengenal kosannya dengan satu warna tertentu itu aja. Entah itu kosan biru, kosan abu, pondok ungu, dan masih banyak warna lain yang cocok dijadikan representasi selera pemilik. Asal jangan item aja deh ya. Eh warna kosan paling mencolok yang pernah kamu lihat apa coba?

6. Kosan Gak Akrab

{source name="Kosan Gak Akrab" url="www.budiraywhite.com"} Kurang Asik Nih
Kosan Gak Akrab via budiraywhite.com
Kurang Asik Nih
Gedungnya gede banget, kamarnya ada puluhan. Yang tinggal di sini juga banyak yang udah pada bekerja. Jadilah antar penghuni kurang kenal satu sama lain karena kata "akrab" gak ada di kamus mereka. Semuanya individualistis. Udah deh, gak asik nulisnya juga.

7. Kosan di Rumah

{source name="Kosan Rumah" url="rumahdijual.com"} Ini Rumah di Kosan atau Kosan di Rumah
Kosan Rumah via rumahdijual.com
Ini Rumah di Kosan atau Kosan di Rumah
Di rumah temen ada kamar nganggur. Hubungan kamu dengannya pun baik-baik aja. Bisa dikondisikanlah untuk tinggal seatap, sekalian menghemat. Jadilah ngekos di rumahnya. Eh tapi ada juga kok kosan di rumah yang mana bapak dan ibu kosnya tinggal di bawah, sementara anak kosannya di lantai dua. Tapi yakinlah kalo ini tuh gak ens banget.

8. Kosan Pelit

Ini kosan yang entah malu-malu netapin harga atau emang brengsek aja. Misalnya kesepakatan awal sebulan Rp 500 ribu, cuma dikasih kasur sama lemari. Eh tapi pas udah pindahan belakangan dikasih tau kalo listrik nambah lagi sekian, kalo mau pake internet bayar lagi, kalo mau nyuci tambah sekian lagi, kalo mau pijet tinggal bilang aja, dsb dsb. Yang salah antara kamu yang gak mau banyak nanya pas di awal atau emang pemilik kosannya picik.

9. Kosan Temen

{source name="Kosannya Temen" url="tiperumah.com"} Kosan Temen Siapa Nih
Kosannya Temen via tiperumah.com
Kosan Temen Siapa Nih
Percaya gak percaya, salah satu kosan yang paling enak adalah kosan temen. Yang bayar doi, tapi kamu ikutan numpang tidur, ngerjain tugas, makan, boker, dan segala aktvitas yang sebetulnya bisa dilakukan di tempat tinggal sendiri. Tapi kalo di kosan temen ada bumbu silaturahmi gitu. Nah, saatnya kamu cari tau mana aja temen yang asik disambangi dan mana yang kagak sama sekali.

10. Kosan Kedok

{source name="Kosan Berkedok" url="www.bintang.com"} Berkedok Kosan
Kosan Berkedok via bintang.com
Berkedok Kosan
Kemaren-kemaren kan sempet rame tuh kasus prostitusi di kos-kosan. Bagi mahasiswa yang menuntut ilmu dan ngekos di kota-kota yang banyak kampusnya, itu sebenarnya bukan cerita baru. Ada aja emang kos-kosan yang dijadikan kedok. Entah itu buat bisnislah, prostitusilah, atau bisnis prostitusi.

11. Kosan yang Yaudah Deh

{source name="Kosan Mure" url="rumahdijual.com"} Bronx Kecil
Kosan Mure via rumahdijual.com
Bronx Kecil
Gak semua orang mencurahkan perhatian pada tempat tinggalnya. Ada orang yang terlalu sibuk di luar sehingga doi gak terlalu peduli dengan kenyamanan gubuknya. Jadilah orang-orang macam ini memilih kos-kosan bertarif rendah, yang penting asal ada tempat bernaung. Padahal lokasinya udah bronx banget, tapi bodo amat. Yaudah deh. Apapun itu, lagi-lagi semua manusia dihadapkan pada berbagai pilihan dan MBDC dukung aja kok selagi pilihan itu bikin kamu lebih baik.
Ada lagi yang mau nambahin tipe-tipe kos-kosan di Indonesia? Negara ini kan luas banget, harusnya masih banyak dong yang unik-unik dan MBDC memercayakan kepada kamu untuk merekomendasikannya di kolom komentar di bawah.
Previous
Next Post »