erita
11

10 Pencuri Paling Terkenal dan Fenomenal Sepanjang Sejarah


Ada begitu banyak cerita Pencuri Paling Terkenal dan Fenomenal Sepanjang Sejarah dan kisah mereka yang populer membuatnya sering dibicarakan dan menjadi legenda di masyarakat, sebagian besar setelah kematian mereka. Kelihaian mereka terbukti telah membuat banyak orang-orang kaya pusing tujuh keliling. Beberapa dari para pencuri terkenal berikut ini juga dianggap sebagai pahlawan karena kebaikan hati mereka melindungi kaum miskin, melawan penguasa atau pejabat yang semena-mena terhadap rakyat jelata. 

Namun, sebagian dari mereka hanya mitos yang simpang siur di masyarakat yang tidak bisa dipastikan kebenarannya! Berikut adalah daftar 10 Pencuri Paling Terkenal dan Fenomenal Sepanjang Sejarah yang kami rangkum dari smashingtops dan beberapa sumber lainnya:

1. Dismas dan Gentas

Kebanyakan dari kalian mungkin tidak tahu siapa mereka. Namun, mereka adalah dua pencuri yang paling terkenal dalam sejarah umat manusia. Mereka adalah dua pencuri yang disalibkan bersama Yesus, satu di sebelah kanan, yang satunya lagi di sebelah kiri. Menurut kisah yang diyakini, Salah satu dari dua penjahat (Dismas) meminta pengampunan atas kejahatannya dan itu diberikan kepadanya, sementara Gentas adalah kafir dan ia menolak Yesus, dan ia dimasukkan kedalam neraka.

2. Prometheus

Dalam mitologi Yunani, Prometheus adalah seorang Titan yang dikenal karena kecerdasan dan keahliannya, dia mencuri api Zeus dan memberikannya kepada manusia. Zeus kemudian menghukumnya atas kejahatan ini dengan mengikatnya pada sebuah batu sementara seekor burung Elang besar setiap hari memakan hatinya, namun hatinya akan tumbuh kembali untuk kemudian dimakan lagi oleh burung elang itu besok harinya.

3. Robin Hood

Robin Hood adalah pahlawan rakyat Inggris yang berasal dari Abad Pertengahan. Menurut sebagian besar legenda, Robin Hood tinggal di Hutan Sherwood di Nottinghamshire dengan kelompoknya yang disebut Merry Men. Tidak ada catatan sejarah tentang Robin Hood pernah diidentifikasi, tetapi jika pun Robin Hood pernah hidup, sosoknya telah terlalu dalam tenggelam dalam mitos sehingga sulit dicari keterangan sebenarnya.

4. Blackbeard

Dalam kisahnya seorang kapten kapal bajak laut yang menguasai Laut Karibia dan barat Atlantik selama awal abad ke-18.Edear Teach hanya membutuhkan 2 tahun untuk dapat masuk dalam catatan sejarah. Blackbeard dan awaknya sangat ditakuti pada zaman Keemasan dari Pembajakan.Kapalnya yang terkenal adalah Queen Anne's Revenge.

5. Jesse James

Jesse James adalah seorang prajurit Konfederasi dan penjahat terkenal Amerika Serikat. Kisah hidupnya sebagai perampok terkenal telah divisualisasikan dalam sejumlah film dan balada. Ia adalah anggota pasukan gerilya William Quantrill pada masa Perang Saudara Amerika. Jesse sering disebut-sebut sebagai "Robin Hood Barat Liar"namun tak ada bukti ia pernah membagi hasil rampokannya dari jarahannya kepada mereka yang membutuhkan.

6. ‘Babyface’ Nelson

Nama 'Babyface' memang diambil dari wajahnya yang masih sangat cute. Bayangkan saja, dia sudah sangat ahli mencuri saat berusia 14 tahun. Namun usia seperti itu, dia sudah jadi salah satu orang Amerika yang paling banyak membunuh banyak agen FBI selama proses pengejaran. Lahir tahun 1908, akhirnya dia meninggal tahun 1934.

7. Bonnie dan Clyde

Bonnie dan Clyde adalah perampok dan kriminal terkenal yang beraksi di Amerika Serikat pada masa Depresi Besar. Bersama dengan gengnya, mereka merampok sejumlah bank, toko, dan SPBU. Geng ini dipercaya telah membunuh sedikitnya 9 orang polisi, sebelum akhirnya mereka ditembak mati di Louisiana, pada jalanan yang telah diblokir. Pasangan ini hidup di awal tahun 1900-an dan menjadi legenda sejak hidup hingga mati. Muda-mudi yang sedang dimabuk cinta ini adalah perampok kejam yang tak tanggung-tanggung menghabisi nyawa korban.

8. Ma Barker

Jangan lihat Ma Barker dari penampilannya yang keibuan. Wanita kelahiran 1873 ini diduga sebagai 'ibu' dari sebuah gang bandit. Akhirnya dia dibunuh FBI pada tahun 1935. Namun pasca kematiannya, beredar kabar bahwa sebenarnya dia tak ada sangkut pautnya dengan gang mafia pencuri. FBI hanya salah sasaran, dan mencari pembenaran atas pembunuhan Ma Barker. Mana yang benar? Entahlah!

9. Dick Turpin

Pria kelahiran 1705 ini adalah salah satu bandit paling kejam di Inggris. Awalnya Dick Turpin adalah pencuri kuda, namun kemudian aksinya diselingi pembunuhan kejam. Akhirnya dia meninggal pada tahun 1739. Kisah hidupnya diangkat dalam cerita-cerita yang dipentaskan di panggung teater,dan popular pada abad ke-19 dan 18. Lalu pada abad ke 20, kisah hidupnya di angkat ke layar perak. Ia dilahirkan di Essex, kawasan pertanian.

10. François Villon

Villon adalah pria asal Perancis yang lahir pada 1431. Awalnya dia adalah seorang penyair, namun entah bagaimana dia mulai suka mencuri dan tak bisa menghentikan diri. Pengadilan akhirnya menjatuhkan hukuman mati, namun ternyata hukumannya diringankan menjadi 10 tahun penjara. Sejak 1463, tak ada lagi kabar tentangnya.
Previous
Next Post »