erita
11

Ucok, Butet, dan Nama-Nama Lain yang Batak Banget


Jangan bingung dulu sama judul di atas yang bawa-bawa Ucok dan Butet. Kendati itu Batak banget, ternyata masih banyak lagi lho nama-nama yang gak kalah Batak. Bahkan selain nama beneran, sebetulnya Ucok dan Butet itu adalah nama panggilan standar bagi laki-laki dan perempuan Batak. Ibarat kalo di Sunda itu ada Jang buat cowok dan Neng buat cewek.
Apakah kamu punya temen-temen bernama seperti di bawah ini? Atau nama kamu sendiri ada di sini? Gak semuanya dicantumin sih, soalnya ternyata nama yang Batak banget itu banyak. Sebanyak kerjaan kamu sekarang yang ditunda melulu gegara baca MBDC. Tapi tenang, sebisa mungkin tetap disebut.
Oh ya, Batak di sini juga fokus kepada peranakan Batak Toba. Maaf-maaf ya buat Batak lainnya, seperti udah dibilang, yang Batak Toba aja banyak, apalagi kalo semuanya dicantumin, niscaya kerjaan kamu yang tertunda bakal gak kelar-kelar lho. MBDC juga mempermudah kamu untuk mengerti dengan ngasih tahu siapa aja orang-orang terkenal yang punya nama kayak di bawah. Biar mudah aja.

Maruli

Semua orang kayaknya punya deh temen namanya Maruli. Bahkan di kantor MBDC aja ada temen kita yang orang Balikpapan punya temen bernama Maruli dua orang. Berarti emang Maruli termasuk universal.
Arti: Memperoleh sesuatu, beruntung.

Luhut


Ini juga nama common di tanah Batak sana. Barangkali Luhut yang paling sukses ngerantau adalah Jenderal Luhut Binsar Panjaitan (ada Binsar, Batak banget juga tuh) yang kini ngejabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan RI.
Arti: Semua sekalian, berkumpul, bersama, seluruh.

Tumpal


Kalo kamu lagi jalan-jalan ke Danau Toba, gak terhitung nama Tumpal yang bakal kamu jumpai di sana. Kemungkinannya dua dari lima. Gak percaya? Cobain aja. Terima kasih pula untuk penulis skrip film Tabula Rasa dan Rocket Rain, Tumpal Tampubolon, yang berhasil memperluas nama ini.
Arti: Mahkota, melantik, memahkotai.

Sahat


Sahat termasuk nama tua dan lama dan bikin teringat dosen legendaris Jurnalistik Fikom UNPAD, Sahat Sahala Tua Saragih. Nama yang sungguh mencerminkan kebatakan. Selain Sahat, di namanya doi juga terdapat Sahala, yang gak kalah Batak.
Arti: Tiba, sampai.

Pandapotan


Pernah denger nama Pandapotan Sinaga? Harusnya kamu langsung tahu dong kalo nama anggota DPRD DKI Jakarta dari PDI Perjuangan itu Batak banget (ada marganya segala yang mendukung hipotesis ini).
Arti: Mendapat, menemukan, pendapatan.

Lamhot

Domba panas. Eh, bukan. Ini tuh Lamhot yang Batak banget itu lho. Nama yang pasti ada di kepala calon bapak di kampung-kampung Batak sana. Atau mungkin udah gak dicalonin lagi ya saking udah banyaknya abang-abang bernama Lamhot.
Arti: Makin kuat.

Poltak

Masihkah kau ingat Poltak Raja Minyak dari Medan? Tokoh yang diperankan Ruhut Sitompul (Ruhut, pun Batak banget) itu emang berjasa dalam penyebaran luas nama Poltak. Nama yang sebetulnya sangat banyak di tanah Batak (iya lah, namanya juga rumah sendiri).
Arti: Terbit

Hamonangan


Biasanya yang namanya ini dipanggil Monang. Hamonangan sering juga menjadi nama kedua. Contohnya kayak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia kita sekarang, Yasonna Hamonangan Laoly aka Woody Allen.
Arti: Kemenangan
Nama-nama cowok lain yang Batak banget: Togar, Anggiat, Lambok, Binsar, Olo, Parlindungan, Haposan, Parsaoran, Ruhut, Tumpak, Partogi, Saut, Hotmian, Gabe, Marisi, Parulian, Sintong, Saor, Patar, Martua, Bonar, dan yang kamu gak boleh lupa: Marnala.

Sondang

Beralih ke nama cewek, ini merupakan satu nama populer dari ranah Toba yang dikuduskan Bapa di sana. Mungkin Sondang yang paling terkenal adalah Sondang Hutagalung, mahasiswa FH Universitas Bung Karno, Jakarta yang tewas bakar diri di depan Istana Negara. Nah, tapi Sondang yang ini cowok. Gak apa-apa lah ya. Toh nama kayak Dian, Rizky, Niki bisa dipake cowok-cewek juga. Sondang perwakilan Bataknya kali ya.
Arti: Cahaya, sinar, terang.

Uli

Begitu cantiknya seorang cewek Batak sehingga dinamakan Uli. Bagi cewek yang lahir di 60 sampai 70-an alias angkatan ibu kamu, nama ini sangat populer di kalangan Batak. Gak heran misalnya di kelas minimal ada dua atau tiga yang namanya Uli
Arti: Cantik, elok.

Duma


Ada dong temen cewek Batak namanya Duma. Kalo gak, ya temennya nyokap, atau mantan pacarnya bokap. Runner-up 1 Puteri Indonesia 2007 dan pemenang Wajah Femina 2006 Duma Riris Silalahi bisa jadi Duma yang paling populer di negeri ini.
Arti: Makmur, sejahtera.

Hasiholan


Atiqah Hasiholan adalah alasan dicantumkannya nama ini. Pamor nama ini emang meningkat sejak kehadiran doi. Dalam beberapa tahun ke depan bisa aja putrinya temen Batak kamu dinamain Hasiholan gegara doi.
Arti: Yang dirindukan, kerinduan.
Nama-nama cewek lain yang Batak banget: Dame, Tiur, Romauli, Lasma, Lamtiur, Hasian.
Punya temen Batak yang namanya gak ada di atas? Atau nama kamu sendiri belom disebutin? Coba bagiin di kolom comment ya.
Previous
Next Post »