erita
11

Polisi ini Dikecam Netizen karena Bertindak Rasis ke Pengendara Motor


Anggota polisi kembali jadin sorotan publik. Setelah dihebohkan dengan video seorang anggota polisi lalu lintas (polantas) yang memarahi sopir bus, kini muncul lagi anggota polisi yang diduga rasis terhadap pengendara motor.


Seorang pengendara mengeluhkan oknum petugas yang bertindak sewenang-wenang dan memposting melalui akun Facebooknya.
Adalah akun Facebook milik Huandra Limanau yang mengunggah pengalaman buruknya ketika berhadapan dengan polisi. Dalam catatan tertanggal 25 Maret tersebut, Huandra menulis kisah polisi rasis. Dia merasa telah diperlakukan tidak adil oleh polisi yang diketahui bernama Hardiyanto.
Dari enam foto yang diunggah Huandra, terlihat polisi berpangkat Brigadir tersebut menggunakan kacamata hitam dan mengenakan helm ketika bertugas di jalan. Meski tidak tertulis lokasi sebenarnya, insiden itu dari foto lokasi kejadian berada di Jakarta.
“Inilah polisi rasis, maki saya cina! Surat tilang tidak dijelaskan, SIM ditahan, form biru dikosongkan. Nama petugas juga tidak diisi, SIM harus diambil dimana tidak ada info. Saya dipaksa tanda tangan, saya tolak form coklat saja dilempar ke saya,” ujar status Huandra.
“Saya uber nama petugas dan form biru, dipukul dan dimaki cina oleh polisi ini, Hardiyanto. Itulah indahnya Indonesia. Mau taat peraturan malah dipersulit, dipukul dan dicaci,” lanjut Huandra.
“Lapor.. Laporrr.. Biar kapok tuh org,” kata akun bernama Wen Zhi. Sedangkan Akun Santo Da Silva mengomentari, “Laporkan ke komandanya pk!” Akun Richard Wong juga menanggapi dengan menulis, “Man …langsung aja ke komandannya…kapan kejadiannya n waktu…”
Akun lain juga meminta agar Polisi ini dilaporkan dan menyerukan perlawanan kepada rasis,
Polisi gendeng. Aku sangat tersinggung sama kelakuan oknum polisi yg seperti ini. Mohon pak wakapolri ditindak lanjuti. Jangan sampai perpecahan terjadi di negara ini. Kami etnis tiong hwa juga bayar pajak. Kami lahir di indonesia. Kami juga cibta tanah air indonesia. Jangan kami di rasis terus. Ayo saudara2 yg merasa teringgung like me. Ayo kita lawan rasis.” komentar Daniel.
Ada juga netizen yang mengatakan pernah alami hal yang sama,
Aku aja pernah jadi korban rassis oknum polisi,pake ngata ngatain rass indonesia timur yg hitam dekil kayak pantat panci katanya. Hmm akusih cuman bisa mengelus dada aja mencoba bersabar. Toh dia sedang menunjukan sikap gak berpendidikannya di depan umum.” tulis Wiguna.
Namun ada juga netizen yang mengaitkan ini dengan Gubernur Ahok,
Itulah hasil revolusi mental…ahok kan udah mempraktekkan dengan makian dan bahasa toilet wajar kalo ditiru pak polisi ini…gubernur aja boleh maki2 orang kok polisi dilarang?” komentar Habib Kurniawan.
Komentar yang agak menjurus ke rasis juga keluar dari seorang netizen,
Orang cina slalu teriak2 d perlakukan rasis, ternyata mereka orang2 cina berlaku paling rasis di perusahaan2, rakyat pribumi benar2 d anggab budak. Contoh kecil Dari segi gaji saja misal sama2 staf orang pribumi hanya d gaji sekedarnya tapi klu orang cina luar biasa besarnya bisa tiga kali besarnya. Masih banyak lg contoh lainnya dari jenjang karir dan prestasi kerja lainnya.” komentar Veril Nugroho.
Previous
Next Post »