erita
11

Kamu Rajin Atau Bodo Amat? Ketahui Nih 9 Tipe Orang yang Ngerjain Skripsi!


Tingkat akhir dalam perkuliahan kayaknya adalah highlight dari seluruh proses perkuliahan, karena di tahun ini lah mahasiswa diuji keseriusannya. Skripsi, atau bagi sebagian jurusan yang dikerjakannya adalah tugas akhir (TA), jadi poin penting dalam perkuliahan. Dalam pengerjaannya selalu aja banyak kejadian yang bikin mahasiswa tingkat akhir kewalahan. Tapi itu tergantung dari tipe orangnya juga sih, soalnya tipe orang dalam ngerjain skripsi juga beda-beda, yaitu:

1. Curcol mulu tentang dosbing

Tipe orang ini dikit-dikit ngeluh, dikit-dikit marah, dikit-dikit sebel sama si dosen pembimbing yang katanya gak bisa ngertiin apa maunya dia. Sering juga kesel sendiri karena dosbing gak mau ngasih tau apa yang harusnya dilakukan dan ngajarin gimana melakukannya. Mungkin dia lupa kalo dosbing itu kan tugasnya hanya membimbing, bukan ngajarin dari nol.

2. "Mengurung diri"


Orang ini gak pengen bepergian dan selalu mengurung diri di kosan karena merasa belum pantas untuk bersenang-senang, lantaran skripsinya belum selesai. Padahal kalo dia gak kemana-mana pun gak ada jaminan itu skripsi dikerjain pake full speed juga sih.

3. Literally gak ngapa-ngapain


Orang tipe ini bener-bener gak pengen dan gak ada niatan untuk ngerjain skripsi. Meskipun udah gak ada mata kuliah yang masih jadi hutang untuk diselesein, tapi doi tetep gak ngerjain juga tuh skripsinya. Udah aja gitu diem di kosan dan gak ngerjain sesuatu yang berhubungan sama skripsi.

4. Rajin

Kalo tipe orang ini memang gak pernah menyia-nyiakan waktu dan selalu berusaha semaksimal mungkin biar gak kelamaan nyelesein skripsinya. Rajin banget ketemu dosbing dan rajin juga nangkring di perpus. Biasanya orang rajin ini lulusnya cepet, gak pake lama.

5. Panasan

Orang panasan di sini maksudnya doi gampang ngerasa tersaingi kalo liat temennya yang lain udah lebih maju progress-nya dibandingin dia. Tiap dia liat orang lain udah nyelesein sesuatu, buru-buru juga dia ikutan nyelesein dan gak mau kalah.

6. Banyak alasan

Orang tipe ini banyak banget alesannya. Narasumber susah ditemui lah, dosbing sibuk melulu lah, printer rusak lah, atau alesan sepele macem kecapean atau belum sempet nyari data pun kadang dipake. Pokoknya ada aja deh yang dia jadiin tameng kalo ditanya "Udah sampe bab berapa?"

7. Gak pedean

Tipe orang ini dikit-dikit nanya temen, dikit-dikit nanya dosbing, atau bahkan sampe nanya kakak kelas tentang skripsi mereka dulu. Orangnya khawatiran dan selalu merasa kayaknya apa yang dia kerjain itu salah.

8. Santai aja

Orang tipe ini gak mau terlalu terburu-buru dalam ngerjain skripsi karena dia gak merasa terbebani dengan biaya atau pun tuntutan dari orang tua. Orang yang dibebasin tanpa ada target ini juga gak ngerasa punya urgensi dalam menyelesaikan skripsi. Pokoknya santai aja. 

9. Bodo amat


Nah kalo orang tipe ini gak peduli dah skripsi dia judulnya pasaran kek, atau banyaktypo kek, pokoknya gak mau tau dan sebodo amat itu skripsi harus buru-buru kelar. Yang penting cepet lulus dan cepet wisuda.
Mau seperti apapun gaya kamu dalam menyelesaikan skripsi, terlepas dari kamu lagi dikejar calon mertua ataupun kamu dirong-rong terus sama orang tua kamu, skripsi itu kan sedikit banyak adalah cerminan dari usaha si pembuatnya. Mungkin gak terlalu berpengaruh banyak untuk yang puas dengan gelar S1-nya, tapi untuk yang masih pengen mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi, skripsi itu juga jadi salah satu bahan pertimbangan loh apakah kamu layak atau tidak untuk lanjut sekolah. Makanya selalu 100% aja deh ya dalam ngerjain hal apapun, dan jangan menyia-nyiakan kesempatan!
Kamu sendiri masuk ke golongan yang mana nih?

Kamu kalo ngerjain skripsi itu:

Previous
Next Post »