erita
11

Euleuh! Selain Aang dan Asep, Ini Dia Nama-nama yang Nyunda Pisan!


Alkisah pernah ada seseorang bercerita, tentang orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya sekolah. Di meja registrasi, terjadi percakapan:
Petugas: "Nama anaknya siapa, Bu?"
Ibu: "Sopia."
Petugas: "Pake ep? Ep-nya ep Panta apa ep pitamin?"
Yah, memang bukan mitos kalo orang Sunda susah ngomong f atau v. Oleh karena itu daripada terjadi kesalahpahaman seperti ep Panta atau ep pitamin, kebanyakan nama orang Sunda itu jadinya kayak gini:

1. Aang

Nama yang artinya 'yang tersayang' ini udah dijamin halal jadi urutan nomor satu di absen kelas. Kecuali sih kalo di kelas itu ada yang namanya Aab, berarti doi nomor dua. Pokoknya ini nama khas lelaki Sunda banget deh. Jangan-jangan, Avatar Aang bukan dari kuil udara selatan, tapi dari Ciamis nih.

2. Asep

Siapapun pasti pernah bertemu dengan orang bernama Asep. Asep sendiri artinya adalah tampan, yang diambil dari kata 'kasep' dalam bahasa Sunda.

3. Ai

Ai ini nama perempuan yang Sunda banget, yang merupakan bentuk lain dari 'nyai'.

3. Cecep


Cecep udah gak diragukan adalah nama laki-laki Sunda, yang memiliki arti tampan, yang juga diambil dari kata 'kasep'.

4. Eem

Nama ini milik perempuan Sunda yang biasanya merupakan nama panggilan dari nama Ema.

5. Eneng

Merupakan nama milik anak perempuan yang berarti gadis.

6. Esih

Esih ini namanya memang Sunda banget, yang memiliki arti pengasih.

7.Euis


Kamu juga pasti udah sering banget denger nama perempuan Sunda yang satu ini, apalagi setelah kemunculan teh Euis di Keluarga Cemara. Euis sendiri artinya adalah cantik.

8. Imas

Nama Imas ini memang khas Sunda banget, yang merupakan bentuk penek dari kata Nyi Mas yang artinya putri atau bangsawan.

9. Iteung


Ini nama perempuan Sunda yang emang agak rasis kali ya. Soalnya artinya berkulit hitam, yang diambil dari kata 'hideung'. Tapi Nike Ardilla gak keliatan item tuh pas berperan jadi Nyi Iteung di film Kabayan.

10. Koswara

Nama milik laki-laki Sunda ini punya arti yang bagus lho, yaitu berarti pemimpin.

10. Lilis

Lilis adalah nama perempuan Sunda yang juga berarti cantik, yang diambil dari kata 'geulis'.

11. Mulyana

Nama lelaki Sunda ini memiliki arti pelindung.

12. Nenden

Nenden ini adalah nama perempuan Sunda yang memiliki arti bangsawan.

13. Ratih

Nama perempuan Sunda ini sering banget kita denger. Artinya bagus banget, yaitu dewi kecantikan.

15. Solihin

Nama Solihin ini adalah nama laki-laki Sunda, dan diharapkan orang bernama solihin akan menjadi orang soleh atau yang taat beragama.

16. Tati

Tati adalah nama perempuan Sunda yang dipercaya si pemiliknya akan memiliki pembawaan yang tenang hingga cenderung agak lesu, ramah, namun setia. Ciyeee.

17. Titin

Titin ini biasanya adalah nama perempuan Sunda yang merupakan kependekan atau panggilan dari yang punya suku kata Tin di depan atau belakang namanya, misalnya Suprihatin. Atau bisa juga sih memang udah dari lahir dikasih nama Titin aja.

18. Ujang

Ujang ini nama lelaki Sunda yang bisa juga diaplikasikan sebagai nama sapaan kepada lelaki yang belum diketahui namanya. Ujang sendiri juga secara harafiah artinya adalah anak lelaki.

19. Yanti

Nama Yanti pasti udah sering banget kita denger. Yanti ini katanya adalah nama seorang dewi.

20. Yoyoh

Nama Yoyoh juga khas Sunda banget. Perempuan Sunda biasanya dinamai Yoyoh yang merupakan alternatif lain dari nama Yayah (yang juga Sunda banget), yang merupakan panggilan dari nama yang biasanya ada suku kata ah-ah-nya gitu deh.

21. Yuyu

Nama Yuyu ini artinya cantik, yang mungkin sudah teralkulturasi dari suku Jawa, dan diambil dari kata "ayu".
Gak ada salahnya kok punya nama yang masih kental banget sama budaya daerah. Kalo jaman sekarang mungkin udah dianggap gak keren dan kampungan, tapi gimana pun nama adalah doa, dan orang tua gak akan semerta-merta namain kamu pake nama yang artinya jelek yang akan bikin kamu kesusahan nantinya. Apapun nama kamu sekarang mah sukurin aja, masih untung punya nama. Bener teu?
Previous
Next Post »