erita
11

8 Jenis Guru yang Pasti Ada di Tiap Sekolah


Guru, pahlawan tanpa tanda jasa yang sering jadi perbincangan di masa sekolah itu kayaknya Raisa banget ya, Serba Salah. Mau baik, muridnya malah ngelunjak. Mau galak, yang ada murid-murid membangkang semua. Daripada kamu kesel sendiri kenapa guru ini begini dan guru itu begitu, coba mari sama-sama dipahami dulu ya tipe-tipe guru berikut ini yang pasti ada aja di setiap sekolah.

1. Guru Baik


Guru tipe ini sangat perhatian sama murid-muridnya. Sangat lemah lembut dan gak pernah bikin suasana kelas jadi horor. Kadang bersedia untuk bercerita dan mendengarkan cerita murid tentang keluh-kesah di sekolah.

2. Guru Selow


Guru selow alias guru santai ini gak killer, tapi gak super baik juga. Beliau gak terlalu mempermasalahkan kalo ada yang kelupaan tugas atau PR, atau kalo ada yang berulah di kelas. Sama si guru ini mah kalo kamu berkelakuan baik ya kamu dapet nilai baik, kalo nakal ya maap-maap aje. Tapi doi tetep selow, gak pernah maki-maki atau confronting di depan kelas. Santey aja gitu kayak di pantey.

3. Guru Killer


Siapa yang gak tau tipe guru yang satu ini. Selalu bikin suasana belajar mengajar jadi mencekam bagai di Silent Hill. Gak boleh ada yang berisik sedikit pun. Gak boleh ke toilet berdua. Gak boleh gak nyatet. Apalagi nih, si ketua kelas, yang suka dikasih tugas tambahan nyatetin temen-temennya yang berisik kalo guru tersebut lagi keluar kelas. Biasanya guru killer itu guru matematika, dan pelajaran eksakta lainnya. Kadang guru olahraga juga bisa jadi killer dan bikin muridnya yang sulit lincah menangis gara-gara dibentak karena gagal lay-up pas tes praktek basket.

4. Guru Males


Bukan males yang males sampe gak masuk berminggu-minggu juga sih. Tapi tipe guru ini kadang suka "sibuk" dan banyak kegiatan, sampe-sampe gak sempet ngajar secara penuh di kelas. Kadang distelin film, muridnya disuruh nonton, udah gitu ujungnya ada pertanyaan-pertanyaan yang keluar berdasarkan dari tayangan. Kalo gak, disuruh baca dari halaman mana sampe mana, terus ngisi LKS dan dikumpulin ke ketua kelas. Ujung-ujungnya, si LKS pun gak diperiksa dan cuma halaman paling terakhir dari tiap bab aja yang diparaf sama dia. Dinilai pun enggak.

5. Guru Genit


Guru jenis ini suka sok asik dan ingin terlihat muda di kalangan murid-muridnya, yang padahal punya modus tersembunyi yaitu ingin akrab juga sama murid-murid cewek yang bening-bening. Si guru kalo ngejelasin suka sambil dikit-dikit jalan ke meja si cantik, atau juga suka ngebecandain yang cantik kalo lagi ngejelasin di depan kelas. Kalo diajak cium tangan, si guru ini akan ngelama-lamain genggaman tangannya, dan bahkan diselingin sama colek-colekan dikit di telapak tangan. Hih!

6. Guru Rajin


Guru yang satu ini selalu datang beberapa menit lebih awal dari jam pelajaran seharusnya dimulai. Selalu menyiapkan materi dari rumah, sehingga semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Doi biasanya udah nyiapin semuanya bahkan sampe akhir semester. Guru tipe ini kadang punya asisten kesayangan yang selalu jadi tangan kanan di tiap-tiap kelas.

7. Guru Nyebelin


Guru tipe ini kalo ngejelasin suka cepet-cepet, nulis di papan tulis suka gak jelas, dan belom selesai dicatet, eh, udah dihapus. Udah gitu pake langsung ulangan dadakan segala pula. Kadang kalo guru tipe ini kebetulan lagi salah dan diingetin sama muridnya, gak pake terima kasih tapi dianya malah ngeles. Pokoknya gak bisa dibantah. Batu.

8. Guru Asik


Tipe yang satu ini sangat easy going dan supel, mampu membuat suasana kelas jadi menyenangkan dan gak bikin mumet. Jam pelajaran doi pasti dinanti-nantikan secara pasti asik banget. Ada juga guru asik yang sambil bawa gitar atau alat bantu lainnya yang bisa bikin suasana belajar mengajar jadi gak ngebosenin.
Meskipun kamu kesel sama seorang guru karena dia begini begitu, jangan asal nge-judge aja, tapi pahami dulu karakter gurunya. Jangan dibawa kesel karena semua tipe guru pasti bisa dihadapi dengan trik! Triknya itu yang harus kamu dan teman-teman kamu pecahkan, ok?
Previous
Next Post »