erita
11

8 Fakta Unik Tentang Pac Man yang Harus Kamu Tau


Petinju kebanggaan Filipina, Emmanuel "Manny" Dapidran Pacquiao, memang kecil-kecil cabe rawit. Pria dengan tinggi badan 169 cm dan berat 65 kg ini baru kalah sebanyak 6 kali sepanjang karirnya, termasuk dengan pertandingannya melawan Mayweather kemarin. Banyak yang mengidolakannya karena Pac Man punya kepribadian dan reputasi yang baik, di luar dari skill bertinjunya yang luar biasa lincah. Kalo kamu mau tau lebih jauh tentang Pac Man, nih deh MBDC kasih fakta-fakta tentang Pac Man yang harus kamu tau!

1. Pac Man punya tato sarung tinju


Tato sarung tinju via athletetattoodatabase.com

Tato sarung tinju secara lebih close-up via tattoopinners.com
Meskipun Pac Man punya banyak tato di sekujur tubuhnya, tapi yang paling ikonik dan berkesan buat dia sih yang ada di dada kirinya. Tato tersebut adalah tato pertama miliknya yang dia miliki sejak berumur 13 tahun, yang berbentuk sarung tinju. Meskipun keliatan cupu dan design-nya jelek, tapi dia gak ingin menghapusnya.

2. Dari kecil udah naik gunung

Lahir dari keluarga serba kekurangan yang tinggal di kawasan kumuh di Kibawe, Filipina, Pac Man dan keluarga lalu pindah ke daerah yang bahkan lebih terisolasi lagi, Tango, saat Pac Man berusia 2 tahun. Di Tango, Pac Man harus mendaki gunung beberapa kali seminggu untuk mencari makanan dan air bersih, yang dia percaya membantu membentuk fisiknya lebih baik dibandingkan dengan gym modern.

2. Pac Man pertama kali berantem umur 9 tahun

Saat berusia 9 atau 10 tahun, Pac Man pertama kali berantem dengan segerombolan anak sekolah lain yang nge-bully adiknya, Bobby. Dan Pac Man menang.

3. Karir tinju Pac Man dimulai dari acara TV


Blow by Blow via filipiknow.net
Pac Man memulai karirnya sebagai petinju profesional dalam sebuah acara tinju televisi berjudul Blow By Blow, yang mana dia dibayar dua dolar tiap bertanding. Sebenernya dia belum boleh bertanding, tapi dia bohong kalo dia udah berumur 18 tahun (padahal masih 16 tahun), dan bawa bola besi di kantongnya biar beratnya cukup untuk boleh bertanding, yaitu 50 kg.

4. Kekalahan pertama Pac Man

Di tahun 1996, Pac Man mengalami kekalahan untuk yang pertama kali setelah di-KO oleh lawannya, Rustico Torrecampo. Pac Man yang saat itu tidak memenuhi berat badan standar untuk bermain diberi pinalti yaitu harus menggunakan sarung tangan yang lebih berat, yang akhirnya malah merugikannya.


5. Pac Man takut berenang

Di buku biografinya, Pac Man mengaku dia sangat benci air dan gak ingin berhubungan dengan air karena dia merasa badannya kecil dan dia gak bisa mengambang dengan baik. Setiap masuk ke air dia menelan air, batuk, dan berusaha biar gak tenggelam, yang mana sangat gak dia sukai.

6. Terjun ke dunia politik

Tahun 2007 ia menyalonkan diri untuk menjadi senat di distrik South Cotabato. Karena dia berlatih untuk pertandingan melawan Jorge Solis, Pac Man gak punya waktu lebih maksimal untuk berkampanye yang mana pemilihannya dilaksanakan sebulan setelah pertandingannya tersebut. Tahun 2010 dan 2013 ia pun mencoba lagi, dan berhasil terpilih.

7. Dermawan


Sebagai orang yang Filantrofis (philantrophist), Pac Man selalu membantu sesama. Ia bahkan mendonasikan satu juta Peso ke sebuah rumah sakit di GenSan tiap kali dia bertinju. Ia juga membangun gereja dua lantai di General Santos City, Filipina.

8. Pernah menjadi pebasket


Pac Man adalah point guard dan juga melatih di Kia Sorento di liga Philippine Basketball Association (PBA), dan sempat juga menjadi honorary member di Boston Celtics. Meskipun, karirnya di dunia olahraga basket tidak mendapat sambutan sebaik karir bertinjunya, karena banyak orang yang gak yakin kalo dia bisa menjalani keduanya dengan seimbang.
Udah tau kan sekarang sekelumit fakta tentang Pac Man? Selain jago tonjok-tonjokkan ternyata doi juga gemar membantu sesama dan baik hatinya. Keren deh Pac Man!
Previous
Next Post »