erita
11

6 Band yang Tetap Survive Walaupun Ditinggal Vokalisnya


Vokalis merupakan bagian terpenting dari sebuah band. Itu kalau konsep bandnya pake ada nyanyi yah, kan ada tuh band yang gak ada nyanyinya macem Explosions in the Sky. Dibilang penting karena vokalis merupakan ujung tombak sebuah band sekaligus representasi dari band tersebut. Kalau vokalisnya udah suaranya jelek dan gak punya karakter, niscaya band tersebut gak bakal maju. Nah karena pentingnya peran vokalis dari sebuah band, terkadang akan sangat amat sulit kalau tiba-tiba sang vokalis cabut atau keluar dari band tersebut. Biasanya sih band yang udah ditinggalin vokalisnya bakal bubar, atau kalaupun tetep lanjutin gak bakal sekeren itu lagi. Tapi, ada juga nih beberapa band yang tetep survive walaupun udah ditinggal sama vokalisnya.


Joy Division/New Order


Joy Division via playbuzz.com
Ngomongin band yang ditinggal vokalis tentunya harus masuk nama Joy Division yang kemudian bertransformasi jadi New Order. Yap, band asal Manchester ini sedang menapaki kesuksesannya ketika Ian Curtis, sang vokalis yang sangat ikonik bunuh diri karena depresi. Ditinggalin sang vokalis ke alam lain, personil lain dari Joy Division pun sepakat buat ngelanjutin band tersebut namun dengan nama yang berbeda, yaitu New Order, dimana posisi vokalis diisi oleh Bernard Sumner yang sebelumnya ada di posisi pemain gitar. Hebatnya, New Order berhasil mengungguli kesuksesan Joy Division dengan menelurkan lagu-lagu keren nan memorable macam Bizarre Love Triangle, Regret, dan Blue Monday. Oiya kalau Joy Division lagu yang paling terkenalnya itu Love Will Tear Us Apart.

Pure Saturday


Sure Paturday via gigsbandung.tumblr.com
Band ini adalah salah satu heronya musik independent tanah air. Pure Saturday muncul pertama kali lewat rilisan kaset yang dijual terbatas lewat majalah Hai. Trus album self titled ini pun mulai dipromosiin lewat single Kosong via video musik yang dulu sih sering banget diputer di MTV eranya ANTV. Pure Saturday pun lantas jadi idola remaja muda pada saat itu, dengan Suar sang vokalis sebagai ikonnya. Sukses album pertama akhirnya bikin band asal Bandung ini dikontrak oleh Aquarius Musikindo untuk ngebuat album ke 2 yang dikasih nama Utopia. Tapi sayangnya perjalanan Pure Saturday gak mulus. Suar harus meninggalkan band. Trus apakah Pure Saturday langsung bubar? Nggak dong, mereka move on dan cari pengganti Suar. Kepelilah Iyo yang gak lain adalah manajer Pure Saturday buat ngisi kekosongan. Walaupun punya gaya yang lumayan beda, ternyata Iyo berhasil ngebuat Pure People (sebutan fans Pure Saturday) bisa lepas dari sosok Suar yang cukup berkarisma itu. Motor kali karisma. Sampai sekarang Pure Saturday masih terus berjalan walaupun udah ditinggal juga sama 2 personil kembarnya.

Kotak


Kotak via dewisartika227.blogspot.com
Ini dia contoh pergantian vokalis yang paling berhasil. Kamu masih inget gak siapa nama vokalis Kotak yang pertama? MBDC yakin malah kamu taunya Kotak itu dari awal vokalisnya emang si Tantri. Kalau kamu udah lupa, Kotak itu merupakan band pemenang acara Dream Band. Yes, mereka emang beneran anak band! Nah saat itu vokalis mereka adalah Pare. Bareng Pare Kotak sempet ngeluarin satu album. Nah trus Pare keluar dari Kotak yang kemudian digantiin sama Tantri, yang ternyata punya suara dan tampilan lebih ok. Dengan Tantri sebagai vokalis inilah Kotak semakin terkenal.

Dewa 19/Dewa


Dewa 19 via equinoxdmd.com
Rasanya agak sulit ngedenger lagu-lagu Dewa 19 kalau bukan dinyanyiin sama Ari Lasso. Abis gimana ya, suara Ari Lasso itu kayak udah nyatu banget sama lagu-lagu Dewa 19. Karakter vokalnya itu kuat banget. Etapi ternyata di tahun 1999 Ari Lasso keluar dari Dewa 19 yang kemudian digantiin sama Once yang ternyata bawa warna lain buat band bikinan Ahmad Dhani tersebut

Efek Rumah Kaca/Pandai Besi


Pandai Besi via thejakartapost.com
Kalau ini kasusnya beda lagi nih. Efek Rumah Kaca yang mungkin udah ngerasa bosen atau nemuin formula baru buat main-main dengan musik akhirnya mutusin buat bikin semacam project bernama Pandai Besi, dimana jumlah personil mereka bertambah, konsep musik pun berubah, tapi liriknya pake lirik Efek Rumah Kaca. Kebayang gak? Kalau kamu gak bisa bayangin, MBDC cuma kasih tau, hasilnya keren banget. Sama kayak Efek Rumah Kaca, Pandai Besi pun langsung dicintai sama publik tanah air. Nah saat nama band ini lagi di atas, dan getol banget manggung, tiba-tiba Cholil sang vokalis yang juga nyawa band ini mutusin buat lanjutin kuliah di Amerika. Bandnya pun ditinggal. Tapi hebatnya, Pandai Besi masih terus jalan sampe sekarang, dengan posisi vokal diisi oleh para backing vokal mereka yang cantik-cantik.

Misfits


Horor via mtv.com
Band punk paling ikonik yang dibikin oleh Glenn Danzig pada tahun 1977 ini punya banyak penggemar setia yang tersebar di seluruh dunia. Lagu mereka terinspirasi oleh film-film horor yang kemudian Misfits pun dikenal sebagai horror punk. Buat bikin image makin horor, para pesonil Misfits pun senantiasa pake make up yang rada nakutin. Tapi tenang hati mereka tetep lembut kok. Band ini bubar tahun 1983. Nah di tahun 1990an para personil Misfits pengen ngidupin lagi band tersebut, tapi Danzig selaku founder gak mau ikutan. Setelah perang masalah legal soal band ini, akhirnya Misfits kembali bangkit dengan vokalis baru di tahun 1995 sampe sekarang. Hebat ya
Tuh liat kan, mereka aja bisa move on walaupun ditinggal vokalis, masa kamu cuma ditinggal pacar aja udah kayak akhir dunia! Jangan cengen ah.
Previous
Next Post »