erita
11

5 Cerita Bos Idaman, Rela Potong Gaji Demi Karyawannya


Dalam sebuah perusahaan, suasana kerja yang kondusif dan bayaran yang mumpuni adalah dua hal yang wajib dipertimbangkan oleh seluruh karyawan. Apalagi jika punya bos yang muda dan ganteng atau cantik, itu merupakan sebuah rezeki tambahan untuk kita semua
Yang namanya bos sendiri kadang selalu lekat dengan imej bengis, suka asal perintah, pelit, dan tua. Namun tahukah kamu jika ada beberapa nama pemilik perusahaan yang jadi idola karyawannya karena saking baiknya? Ada…

1. Dan Price

Di Amerika, ada sebuah perusahan bernama Gravity Payments yang dipimpin oleh Presiden direktur berparas super tampan bak artis Hollywood, Dan Price. Tak Cuma itu saja, pria ini jadi idola publik karena pengorbanan besar yang rela ia lakukan demi karyawannya!

Dan Price via Merdeka
Ceritanya, Dan baru saja mengumumkan jika dirinya siap memotong pendapatannya dari US$ 1 juta atau setara 13 miliar rupiah hingga US$ 70 ribu atau sekitar 905 juta rupiah per tahun. Akan ia ke mana kan uang tersebut? Dilarikan ke kebutuhan perusahaan dan kesejahteraan pegawai. Bebeerapa orang bahkan sampai mendapatkan gaji 2 kali lipat loh! Bos di tempat kerja kalian seperti ini kah?

2. Mark Wilson

Direktur Eksekutif perusahaan asuransi Aviva, Mark Wilson juga tengah jadi salah satu bos besar yang namanya dielu-elukan para karyawan saat ini. Hal itu tak lepas dari keputusan besarnya untuk memotong gajinya sendiri dari 55 miliar per bulan jadi 18 juta rupiah saja. WOW!

Mark Wilson via Merdeka
Keputusannya itu bukan tanpa alasan. Mark ingin mencegah adanya kerugian perusahaan sehingga merelakan haknya untuk karyawan dan masa depan perusahaan. “Ini merupakan rencana jangka panjang yang dilakukan para petinggi perusahaan,” kata dewan komite Aviva, Patricia Cross. Masih ada ya orang macam begini di dunia ini.

3. Lord Simon Wolfson

Di sebuah perusahaan, mereka yang melanggar peraturan akan diberi hukuman, sedangkan yang berprestasi sepatutnya diberi sebuah penghargaan, entah dalam bentuk kontrak baru maupun kenaikan gaji. Hal inilah yang tengah dijankinan seorang pemilik perusahaan retail asal Inggris, Lord Simon Wolfson pada seluruh karyawannya tanpa terkecuali.

Simon Wolfson via Merdeka
Simon berjanji akan menaikkan kesejahteraan para karyawannya di masa depan. Salah satu hal yang paling dekat adalah janjinya tuk menaikkan gaji seluruh karyawan sebesar 5% per Bulan Oktober 2015 mendatang. Bahkan jika saat itu keuntungan perusahaan tak seberapa besar, ia akan memotong uangnya sendiri.

4. Satoru Iwata

Dunia game saat ini dikuasai oleh 3 platform besar, Nintendo, Microsoft, dan juga Sony. 2 nama terakhir dalam beberapa waktu terakhir ini mulai menguasai pasar karena keberanian mereka tuk selalu merilis produk-produk baru setiap saat. Hal itu tentu memojokkan Nintendo.

Satoru Iwata via Merdeka
Satoru Iwata, bos dari Nintendo, untuk 5 bulan ke depan akan memotong gajinya sendiri karena merasa keuntungan mereka turun drastis. Ia dan beberapa petinggi lain rela gajinya dipotong 20 hingga 30 persen untuk menyelamatkan reputasi mereka. Go Go Nintendo!

5. Haruka Nishimatsu

Menempatkan diri sebagai seorang karyawan biasa hingga berbaur dengan santai bersama para pekerjanya adalah sebuah hal yang jarang terlihat dilakukan oleh para bos di sebuah perusahaan. Beda ceritanya dengan Haruka Nishimatsu, Direktur Utama Japan Airlines, yang dikenal sangat membumi dan baik hati pada karyawannya.

Haruka Nishimatsu via Merdeka
Enggan naik mobil mewah pribadi seperi kebanyakan bos berduit lainnya, Haruka lebih gemar naik transportasi umum seperti kereta dan bis supaya bisa lebih berbaur dengan publik. Gajinya juga bisa dibilang lebih kecil dari beberapa direktur perusahaan lain karena ia lebih memilih tuk mengumpulkan dan menyimpannya guna berjaga-jaga siapa tahu keuntungan perusahaan menurun di masa depan. Siapa yang nggak mau punya bos seperti ini ya?
Meski kelihatannya sepele, namun memiliki bos yang baik hati memang sangat berpengaruh untuk kemajuan sebuah perusahaan. Semua karyawan pastinya ingin melihat bos mereka sering menyapa dan tersenyum, lalu sekedar berbincang santai sejenak untuk mengakrabkan diri. Apalagi jika mereka ganteng/cantik, lalu rela potong gaji demi kita juga. Sempurna!
Previous
Next Post »