erita
11

4 Cara Mengingat Password Buat Kamu yang Pelupa


Di jaman yang serba teknologi kayak sekarang ini, hampir semua aktivitas dilakukan menggunakan gadget. Emang sih keberadaan gadget-gadget itu tadi sangat membantu dan memudahkan sekali aneka pekerjaan manusia. Tapi tentu saja ada efek sampingnya, manusianya jadi gampang lupa. Ya mau gimana lagi, karena makin jarang digunakan maka daya ingat manusia akan mengalami penurunan sedikit demi sedikit. Padahal mau menggunakan teknologi sekalipun tetep aja ada hal yang harus dilakukan secara manual oleh manusianya sendiri, yaitu mengingat password. Karena pada dasarnya password itu digunakan untuk melindungi dan mengamankan segala macam informasi yang sifatnya individual gitu. Jadi kalau sampe lupa ya berabe.
Nah supaya kejadian lupa password itu gak menimpa (lagi) ke kamu-kamu semua, mending kamu simak deh tips-tips berikut ini.

Bikin Dari Tanggal Lahir

Cara paling mudah supaya password kamu itu gampang diinget adalah dengan ngebikin password kamu dari tanggal lahir kamu. Misalnya tanggal lahir kamu itu adalah 19 Februari 1987, maka bikin aja passwordnya 190287. Gampang bukan. Karena mana ada orang yang lupa sama tanggal lahirnya sendiri. Cuma ya dengan cara ini password kamu bakalan mudah ketebak sama orang lain. Kalau udah ketebak paling ya akun media sosial kamu dibajak temen kamu, terus ditulisin status-status galau. Tapi iya kalau yang ngebajak beneran temen kamu. Gimana kalau yang ngebajak adalah orang iseng random yang terus bikin tindakan kriminal dengan akun kamu. Atau gimana seandainya dia minta ditransferin duit sama temen-temen dan keluarga kamu dengan mengatasnamakan diri kamu. Atau gimana jika yang dibajak itu adalah pin ATM kamu, terus tiba-tiba saldo kamu ludes. Ya emang sih pake cara ini kamu jadi nggak gampang lupa sama password kamu. Cuma resikonya terlalu gede deh. Jadi mending pake cara lain aja yuk.

Metode Keypad

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat password yang mudah diingat itu adalah dengan menggunakan metode keypad. Kamu pasti inget dong sama keypad pada telepon atau handphone yang masih jadul itu. Yang formasi tombolnya masih 3x4 itu. Untuk membantu kamu mengingat bentuk keypad jadul itu, nih MBDC kasih gambarnya.

Nah pada keypad itu tadi kan ada huruf-huruf yang diletakkan pada tombol yang sama dengan sebuah angka. Kamu bisa gunain tuh huruf-hurufnya untuk membuat password yang gampang kamu ingat. Misalnya kamu mau bikin password 'kimcil', dengan melihat pada keypad tersebut maka password kamu adalah 546245. Atau mungkin kamu lebih seneng pake password 'burung', maka password kamu adalah 287864. Sangat membantu sekali bukan. Apalagi kalau diterapin pada password kartu ATM, yang mana kalau sampe salah tiga kali bisa ngeblokir akses ATM nya. Belum lagi kalau antriannya panjang. Baru nginget-inget password aja udah ditereakin sama yang belakang suruh cepetan.
Tapi kalau kamu gunain password dengan metode keypad ini bisa dipastiin kamu bakalan lebih mudah buat nginget password kamu. Udah gitu kamu masih bisa nyombong ke temen kamu tanpa ketauan lagi. Misalnya "eh kartu ATM gue sekarang dijagain sama kimcil lho." atau "loe tau nggak, setiap kali gue ke ATM gue selalu neken burung." Ahak ahak ahak.

Pakai Software

Jaman sekarang kan katanya jaman teknologi, seharusnya kalau ada permasalahan dengan teknologi ya harus diatasi dengan teknologi juga dong. Jika teknologi memaksa kamu untuk membuat password yang berbeda-beda dan harus menghapalkan semuanya, maka kamu akalin juga pake teknologi lain, yaitu dengan...

Sebenernya banyak sih software-software yang bisa kamu gunain untuk memanage password kamu. Cuma karena MBDC tau kamu sukanya yang gratisan jadinya kita bahas salah satunya aja yang open source. Namanya KeePass password safe, kamu cari aja. Si KeePass password safe ini bisa bantu kamu buat nyimpen semua alamat situs sama username dan passwordnya. Jadi kamu tinggal apalin password softwarenya ini aja. Lagian ukurannya juga ringan kok cuma sekitar satu megaan. Udah gitu ada yang versi portablenya, so bisa kamu ajak jalan-jalan naik flash disk kamu.

Lupain Aja Passwordnya

Kalau kamu merasa kurang sreg sama cara-cara sebelumnya, masih ada satu cara lagi yang bisa kamu terapin. Yaitu ya lupain aja password-password kamu yang seabrek. Hah, maksudnya? Ya lupain aja semua passwordnya, nggak usah dibikin repot. Tapi sisain dikit aja memori di otak kamu untuk nginget password email kamu, cuma email aja. Gak susah kan.
Jadi gini lho daripada kamu ngapalin semua password yang ribet dan banyaknya ngalahin gebetan-gebetan kamu, mending kamu lupain aja semuanya. Cuma inget-inget aja password email kamu. Terus kalau mau login ya tinggal pilih aja lupa password. Nanti kamu tinggal isi alamat email kamu, terus bakalan dikirimin email yang isinya link untuk ngurus password baru. Kalau udah dapet password baru ya tinggal login pake password baru. Habis itu ya lupain lagi passwordnya. Gampang kan.
Sekarang kamu udah tau kan gimana trik-triknya supaya bisa inget password kamu. Menurut kamu yang paling gampang diterapin yang mana? Atau kamu punya tips-tips lain seputar mengingat password yang lebih efektif? Coba deh di tambahin di kolom comment. Terus jangan lupa juga share password kamu, biar kalau suatu saat kelupaan kamu tinggal lihat lagi di artikel ini.
Previous
Next Post »