erita
11

inilah cara salah hemat BBM malah berbahaya

inilah cara salah hemat BBM malah berbahaya Di era saat ini, BBM menjadi sebuah kebutuhan yang penting. Namun tingginya harga yang terkadang naik tiap tahun membuat sejumlah golongan menjerit. Maka, tak sedikit dari mereka yang berusaha untuk melakukan berbagai macam cara untuk menghemat penggunaan BBM. Ada yang menggunakan semacam larutan, sampai melakukan hal-hal yang dipercaya dapat membuat BBM tahan lebih lama di dalam tangki kendaraan.

Adapun mitos-mitos yang tersebar di masyarakat untuk menghemat BBM sudah tidak terhindarkan. Pertanyaannya, benarkah demikian? Bisakah BBM dibuat hemat dengan trik-trik tertentu?

Nah, kali ini merdeka.com akan membahas 5 cara masyarakat menghemat BBM yang ternyata itu salah. Bahkan tidak memiliki efek sama sekali. Apa saja? Berikut ulasannya.



















1.Hanya diisi 3/4 saja

Kebanyakan orang mulai percaya bahwa salah satu cara menghemat BBM adalah dengan membiarkannya tidak diisi atau hanya diisi sebanyak 3/4 saja dari total tangki bahan bakar. Hal tersebut dikatakan mampu memperlambat penguapan.

Sejatinya memperlambat penguapan memang akan menghemat bahan bakar. Namun dengan cara hanya mengisi 3/4 saja, itu tidak akan menimbulkan efek apa-apa. Pasalnya, mobil di zaman sekarang sudah dilengkapi dengan vapor recovery system, yang dengan sendirinya akan menekan penguapan meskipun tangki bensin/solar diisi dengan penuh.


2.Menempatkan persneling di posisi netral

Ada anggapan bahwa saat sedang mengisi BBM, posisi persneling harus ditempatkan dalam keadaan netral agar hemat. Hal ini diduga karena tidak adanya injeksi BBM ke mesin karena tidak adanya tarikan gas ketika posisi perseneling netral.

Faktanya, teori ini sangat tidak beralasan. Mesin mobil saat ini sudah dilengkapi dengan sensor yang secara otomatis akan menutup jalannya injeksi bahan bakar ke mesin saat mesin sedang 'nganggur'.


3.Mengisi BBM di pagi hari

Melakukan pengisian bahan bakar mobil di pagi hari dianggap akan mendapatkan BBM yang lebih kental sehingga yang masuk ke dalam tangki bensin jadi lebih banyak. Faktanya, hal tersebut tidak memberikan perbedaan yang signifikan.

Padahal, dari dalam tangki yang dipendam di bawah tanah di pom bensin, suhu dari BBM-nya sendiri sudah panas asli. Jadi, ketika Anda mengisi bahan bakar di waktu subuh pun, tak akan membuat perbedaan yang berarti. So, jangan sampai tertipu dengan pendapat yang tidak jelas seperti ini, ya guys!


4.Pengisian sampai tumpah

Ada anggapan bahwa mengisi tangki bensin sampe meluber akan membuat volume BBM yang masuk jadi lebih banyak. Hal ini diharapkan bisa membuat Anda jadi lebih hemat waktu dan tidak harus mengisi bensin sesering biasanya.

Faktanya, kelebihan kapasitas pada tangki kendaraan akan langsung dideteksi oleh vapor recovery system dan membuat tangki berisi normal seperti ukurannya. Jadi, bukankah mengisi BBM sampai tumpah justru akan merugikan kalian?


5.Goyang tangki

Salah satu yang populer untuk menghemat BBM adalah mengisinya hingga penuh dengan cara menggoyang-goyangkan tangki bahan bakar. Lantas, benarkah ini berhasil?

Faktanya cara tersebut salah besar. Bensin atau solar bukan benda padat. BBM adalah benda cair yang jelas selalu menyesuaikan bentuk di manapun dia ditempatkan.
Previous
Next Post »