erita
11

inilah acara festival gila berbagai negara di dunia

inilah acara festival gila berbagai negara di dunia Oktober bukan cuma bulannya Halloween. Meskipun festival ini tergolong yang paling meriah dan dirayakan di seluruh dunia, masih ada festival lain yang tak kalah seru.

Mulai dari Oktoberfest yang jadi event terbesar di Munich, Navaratri di India, atau festival vegetarian di Phuket yang bikin miris. Berikut ini deretan festival-festival paling seru di bulan 




1.
Oktoberfest - Jerman


Dua kata untuk mendeskripsikan Oktoberfest? Pesta dan bir. Banyak sekali bir. Oktoberfest merupakan festival rakyat tahunan terbesar yang diadakan di Munich, Bavaria, Jerman. Oktoberfest berlangsung selama 16 hari, dari akhir September sampai awal Oktober dan diikuti sekitar 6 juta partisipan dari seluruh dunia.





Photo credit: Oktoberfest.de

Awalnya Oktoberfest diadakan untuk merayakan pernikahan Raja Ludwig I pada tanggal 12 Oktober 1810. Namun kemudian berkembang menjadi festival rakyat terbesar di Jerman. Oktoberfest dimeriahkan dengan parade, pesta rakyat, dan makanan enak yang berlimpah. Namun yang paling ditunggu tentu saja pesta bir di tenda-tenda yang disediakan oleh panitia.

2.
Banner Elk Woolly Worm Festival - Amerika Serikat


Ya, benar, Banner Elk Woolly Worm Festival adalah pertandingan balap ulat yang diadakan di Amerika Serikat. Dilansir 2Camels, acara ini berlangsung tiap tahun di Carolina Utara. Setelah pertandingan, ulat yang menang kemudian digunakan untuk memprediksi musim dingin yang akan datang.

Kenapa harus menggunakan ulat? Karena selama 24 tahun terakhir warga Carolina Utara percaya kalau ulat bisa memprediksi cuaca dengan akurasi mencapai 85 persen.

Photo credit: Woollyworm.com

Untuk tahun 2015 ini, Banner Elk Woolly Worm Festival ke-38 akan diadakan pada tanggal 17-18 Oktober 2015. Hadiahnya cukup menggiurkan, yaitu USD 1.000.

3.
Navaratri - India


Dilansir Go India, Navaratri adalah festival khusus untuk memuja sang dewi utama dalam kepercayaan Hindu berikut semua perwujudannya, antara lain Durga, Lakshmi, dan Saraswati. Festival ini berlangsung selama sembilan hari, dibuka dengan ibadah dan puasa di siang hari, dan ditutup dengan pesta pora dan tarian di malam hari. Puncak acara Navaratri adalah Dussehra, hari ketika kebaikan menang atas kejahatan pada hari kesepuluh.

Festival ini dirayakan hampir di seluruh India, terutama di Gujarat, Mumbai, Delhi, Kolkata, Varanasi, dan Mysore. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing untuk menyambutnya. Untuk tahun ini, Navaratri diadakan mulai tanggal 13-21 Oktober.

4.
Albuquerque International Balloon Fiesta - Amerika Serikat


Setiap bulan Oktober, ratusan balon udara menghiasi langit New Mexico, Albuquerque. Balon warna-warni ini merupakan bagian dari rangkaian acara Albuquerque International Balloon Fiesta yang bertaraf internasional. Awalnya Albuquerque International Balloon Festival cuma festival kecil dengan 13 balon udara pada tahun 1972. Namun acara ini telah tumbuh menjadi festival balon udara terbesar di dunia.

Photo credit: www.hiwayhousemotel.com

Tahun ini festival balon udara Albuquerque diadakan untuk 44 kalinya. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 03-11 Oktober 2015. Dilansir Lonely Planet, festival yang berlasngsung selama 9 hari itu juga bakal dimeriahkan dengan karnaval, pertunjukan musik, dan pesta kembang api.

5.
Phuket Vegetarian Festival - Thailand


Kedengarannya biasa saja, festival khusus untuk para penganut gaya hidup vegetarian. Namun festival yang berlangsung pada tanggal 15-23 Oktober ini cukup mengerikan, terutama buat mereka yang berhati lemah.

Dilansir, Phuket Vegetarian Festival ditandai dengan puasa selama sembilan hari untuk mencapai kemurnian. Di sini para peserta menunjukkan dedikasi dengan menampilkan ritual seram. Jangan heran kalau kamu bakal melihat para pria melukai diri sendiri dengan berbagai senjata tajam. Tetapi herannya mereka tampak baik-baik saja. Bahkan tidak ada yang meneteskan darah.

6.
La Calaca - Meksiko


La Calaca merupakan festival kematian yang berlangsung pada tanggal 31 Oktober - 2 November di San Miguel de Allende, Meksiko.

Hampir sama seperti Halloween, festival ini diadakan untuk menyambut Hari Kematian atau biasa disebut Dia de Los Muertos. Namun perayaan untuk hari yang seharusnya menyeramkan itu justru dirayakan dengan pesta musik dan budaya.

Pada festival ini, seni interaktif, bisnis lokal, dan individu bertemu. Pagi hari diisi dengan eksibisi seni, sementara malam hari dimeriahkan dengan pesta kostum dan pertunjukan musik sampai matahari terbit.

Itulah 7 festival gila dari berbagai negara yang berlangsung di bulan Oktober ini. Mana yang ingin kamu datangi?
Previous
Next Post »