erita
11

hati hati penyakit berbahaya akibat kurang minum

hati hati penyakit berbahaya akibat kurang minum Saat konsumsi air minum Anda tidak lagi maksimal dan tubuh kekurangan cairan, maka dehidrasi mampu mengancam kesehatan tubuh Anda.

Selama ini dehidrasi dikenal sebagai kondisi dimana Anda kurang minum sehingga Anda menjadi haus tak terkendali. Padahal ada dampak kesehatan lainnya yang cukup buruk ketika Anda sedang dehidrasi. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa penyakit yang mengintai karena dehidrasi.


1.Kegemukan


- Hal yang mungkin Anda tahu selama ini bahwa kegemukan umumnya disebabkan karena konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi serta tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang memadai. Namun nyatanya dehidrasi juga bisa membuat seseorang mengalami kegemukan. Bagaimana bisa?

"Dehidrasi akan membuat Anda merasa haus. Dan pada tubuh manusia, rasa haus dan lapar adalah dua hal yang terasa sama persis. Anda pun akan mengalami kelelahan saat rasa haus mengintai. Sehingga untuk mendapatkan suntikan energi maka Anda pun mengonsumsi banyak makanan. Alhasil Anda pun bisa mengalami kegemukan. Padahal sebenarnya rasa tersebut adalah rasa ketika Anda sedang haus," terang penelitian ini.

2.Sembelit

Sembelit tak hanya disebabkan karena Anda kurang banyak makan serat atau kurang beraktivitas. Sebab sembelit pun bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurang minum.

Kurang minum yang berujung dengan dehidrasi akan memperlambat gerakan usus Anda. Sehingga banyak sisa makanan yang terendap di usus yang membuat Anda terkena sembelit.


3.Kolesterol tinggi

Banyak yang menilai bahwa kolesterol yang meninggi disebabkan karena konsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Padahal ada banyak faktor yang menyebabkan tingkat kolesterol dalam darah seseorang melonjak. Salah satunya adalah kurangnya cairan dalam tubuh.

Tahukah Anda bahwa tubuh Anda cenderung menghasilkan lebih tinggi kadar kolesterol saat dehidrasi? Oleh karena itu untuk mencegahnya, Anda harus banyak minum air putih.


4.Alergi

Dehidrasi ternyata juga mampu meningkatkan risiko Anda untuk terkena alergi. Hal ini disebabkan karena saat dehidrasi, maka saluran udara dalam tubuh Anda juga ikut terpengaruhi. Sehingga mampu menyebabkan alergi terutama yang berkaitan dengan saluran pernapasan.

Solusinya? Perbanyak minum air terutama yang cairan dengan kadar oksigen yang tinggi.


5.Mudah lelah


Sering merasa lelah saat dehidrasi? Hal ini disebabkan saat sistem dalam tubuh Anda tidak mendapatkan asupan cairan dalam jumlah tertentu, maka kegiatan metabolik Anda menjadi lambat dan Anda pun jadi mudah lelah. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa air adalah sumber energi Anda.


6.Tekanan darah tinggi

Tak banyak yang tahu bahwa saat tubuh kekurangan cairan, maka tekanan darah pun bisa meninggi. Sebab aliran darah seakan menjadi lebih tebal ketika tidak ada cairan yang mendorong. Sebaliknya saat asupan air minum Anda cukup, maka alirand arah menjadi lancar dan tekanan darah menurun. Oleh karena itu perhatikan konsumsi air minum Anda agar selalu cukup setiap harinya.


7.Mempengaruhi kesehatan kulit

Untuk mendapatkan kulit yang cantik, perawatan yang memadai saja tidak cukup. Sebab perawatan alami dari dalam pun juga berpengaruh.

Banyak yang bilang bahwa saat Anda kurang minum air, maka kulit Anda jadi tidak cantik lagi. Hal ini memang benar. Sebab saat pasokan air mineral di dalam tubuh berkurang maka racun jadi tidak bisa keluar sehingga bisa menimbulkan masalah kulit dari yang paling sederhana seperti jerawat.


8.Mengganggu kerja ginjal

Salah satu organ tubuh yang paling terpengaruhi saat Anda kurang minum adalah ginjal. Ya, ginjal memang menjadi tempat 'lalu lintasnya' air. Saat Anda kurang minum air maka racun yang menumpuk dalam ginjal sulit keluar sehingga lama-kelamaan mampu menyebabkan infeksi ginjal. Oleh karena itu Anda butuh banyak minum air untuk membersihkan ginjal Anda dari racun.


9.Melemahkan sendi

Tak hanya tulang saja, sendi juga butuh air agar terlumasi dengan baik. Saat sendi Anda kurang mendapatkan asupan air, maka sendi menjadi aus sehingga akan lemah dan tidak mampu menopang atau mendukung pergerakan tulang dengan baik. Sehingga pastikan asupan air Anda tercukupi dengan baik agar sendi Anda jadi sehat.


10.Naiknya asam lambung


Saat asam lambung naik, hal yang Anda rasakan adalah rasa pahit yang muncul di kerongkongan. Lama-kelamaan rasa pahit tersebut akan ditambah dengan kerongkongan yang terasa panas dan tidak nyaman. Kebanyakan orang mengetahui bahwa naiknya asam lambung ini disebabkan karena konsumsi makanan pedas sehingga produksi asam lambung menjadi meningkat. Padahal sebenarnya kurang minum juga bisa membuat asam lambung Anda naik. Hal ini disebabkan karena tidak ada cairan yang bisa meredam produksi asam tersebut.


11.Mempercepat penuaan

Tak hanya pria, wanita pun juga takut akan munculnya penuaan dini. Sebab keriput bisa mengganggu penampilan. Nah, daripada Anda bingung mencari cara atau perawatan apa yang sesuai untuk mencegah penuaan dini, cobalah untuk minum banyak air. Sebab air bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit serta menghidrasi kulit dengan baik. Sehingga Anda pun terhindar dari penuaan dini.

Itulah serangkaian masalah yang bisa timbul dalam tubuh Anda jika Anda kurang memperhatikan asupan air minum Anda. Oleh karena itu usahakan agar Anda minum cukup air dengan jumlah minimal 2 liter per hari. Lebih baik lagi jika air yang Anda minum mengandung banyak oksigen di dalamnya. Sehingga sirkulasi darah Anda pun bisa berjalan dengan baik.

Previous
Next Post »