erita
11

handphone smartphone anda mati total, gunakan cara ini

handphone smartphone anda mati total, gunakan cara ini  Apakah Anda mempunyai smartphone rusak di rumah? Ada banyak penyebab smartphone rusak, misalnya jatuh, masuk ke dalam air, terinjak, dan masih banyak lagi. Jika smartphone Anda mengalami kerusakan, apakah semua komponennya rusak atau hancur berkeping-keping?

Jika tidak hancur berkeping-keping, hal tersebut bukan menjadi akhir cerita. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar smartphone bisa sedikit berguna. Beberapa cara bahkan bisa membuat Anda mendapatkan tambahan uang untuk membeli smartphone baru.

Berikut 7 cara yang bisa Anda lakukan ketika smartphone Anda rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, seperti dilansir dari Cheat Sheet.


1.Menjualnya

Smartphone boleh saja retak, hancur, atau hardware bagian dalam rusak. Namun, ada orang di luar sana yang bersedia membayar untuk membeli smartphone Anda. Meskipun harga jualnya tidak seperti menjual smartphone normal, tetapi hal ini bisa menjadi salah satu alternatif.

Pembeli mungkin bisa mengambil apapun bagian dari smartphone Anda yang masih bekerja dan memasangnya pada smartphone yang lain. Misalnya, layar smartphone, baterai, motherboard, atau yang lain-lain.

Tetapi, pastikan jika semua data yang ada di smartphone benar-benar terhapus. Jika memang smartphone Anda benar-benar mati dan tidak bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di penyimpanan internal, maka lebih baik jangan di jual. Data tersebut bisa saja berpindah ke orang yang tidak bertanggung jawab.


2.Daur ulang

Jika Anda ingin ikut menjaga lingkungan di sekitar, Anda bisa mendaur ulang smartphone Anda yang mati. Anda mungkin tidak mendapatkan uang dari daur ulang tersebut, namun Anda bisa tenang karena data internal pada smartphone tidak jatuh ke tangan orang lain.

Anda bisa memanfaatkan bagian-bagian smartphone tersebut untuk hiasan rumah atau apapun yang bermanfaat lain. Ada beberapa website luar negeri jika Anda berniat untuk menggunakan berbagai perangkat elektronik rusak, menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

Ada beberapa komponen smartphone seperti emas, atau logam-logam lainnya yang bisa Anda manfaatkan. Usahakan juga jangan membuang smartphone tersebut ke tempat sampah. Smartphone tersebut mengandung bahan kimia yang cukup buruk jika di buang di tempat sembarangan.


3.Gunakan untuk tes kecanggihan fisik smartphone

Pada video di Youtube, banyak orang yang membuat video untuk tes ketahanan smartphone baru. Hal ini bisa Anda contoh walaupun smartphone Anda tidak baru, bahkan rusak. Jika casing smartphone Anda utuh, Anda bisa mencoba merendam smartphone.

Anda juga bisa menguji daya tahannya jika dijatuhkan dari ketinggian tertentu. Misalnya, mengujinya mulai dari setinggi pinggang, kepala, hingga beberapa meter. Anda bisa menunjukkan apakah layar smartphone Anda bisa bertahan, retak, atau pecah. Anda bisa merekam videonya dan diunggah ke Youtube.

Jika Anda mempunyai channel Youtube berbayar, Anda mungkin bisa mendapatkan banyak viewer dan dibayar oleh Youtube. Lumayan bukan?


4.Menggunakannya sebagai server

Jika perangkat Anda yang rusak adalah perangkat iOS, Anda bisa menggunakannya sebagai mini server. Ada sebuah aplikasi iOS yang disebut dengan ServersMan di App Store yang membantu Anda untuk mengatur hal tersebut.

Hal ini bisa berguna untuk memberikan akses ke file Anda saat Anda berada jauh dari smartphone, terutama jika Anda mengganti iPhone yang rusak dengan perangkat yang tidak memiliki penyimpanan internal besar. Jadi, Anda bisa mengubah iPhone menjadi sebuah server.


5.Belajar dari kesalahan

Smartphone yang rusak bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi Anda. Anda bisa mempertimbangkan untuk lebih menjaga smartphone atau perangkat lainnya. Menggunakannya lebih berhati-hati dan berusaha tidak mengulangi kesalahan yang bisa mengakibatkan kerusakan.

Anda bisa membingkai smartphone Anda yang bisa Anda lihat setiap hari. Mungkin Anda bisa meletakkan sebagai hiasan kamar tidur untuk mengingatkan diri sendiri agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Itulah 5 hal yang bisa Anda manfaatkan pada smartphone yang rusak. Namun, selagi smartphone Anda dalam kondisi baik-baik saja, lebih baik berusaha untuk menjaganya. Meminimalisir menggunakan banyak perangkat elektronik lebih baik untuk alam kita.

Previous
Next Post »