erita
11

inilah fobia paling aneh dan unik membuat anda kaget!

inilah fobia paling aneh dan unik membuat anda kaget! Fobia merupakan kondisi kesehatan psikologis yang merupakan kombinasi dari faktor eksternal (traumatik) dan faktor internal (keturunan atau genetika) yang terjadi di dalam diri seseorang. Mereka yang mempunyai fobia terhadap hal-hal tertentu akan mengalami ketakutan yang tidak masuk akal dan disertai dengan gangguan fisik seperti sesak napas, detak jantung tidak teratur, berkeringat, dan mual.

Selain itu, fobia pun ada bermacam-macam jenisnya, unik, dan bahkan cenderung aneh. Berikut adalah beberapa jenis fobia yang unik dan membuat Anda merasa heran seperti dilansir dari oddee.com.




1.

Alliumphobia, takut bawang putih


Alliumphobia adalah salah satu jenis fobia yang unik yaitu ketakutan akan bawang putih. Orang dengan fobia ini akan menghindari mengonsumsi bawang putih, menghindari makanan yang mengandung bumbu bawang putih, dan bahkan takut dengan aroma bawang putih.

Tahukah Anda bahwa nyamuk juga merupakan hewan yang memiliki alliumphobia? Oleh karena itu semprotan bawang putih merupakan alat yang efektif untuk mengusir nyamuk.

2.
Didaskaleinophobia, takut pergi ke sekolah

Sekitar 5% anak-anak dilapokan memiliki didaskaleinophobia yang ditandai dengan keengganan untuk pergi ke sekolah.

Akar dari hal ini dapat disebabkan oleh ketidakmampuan anak tersebut untuk belajar, ketidakmampuan untuk mengatasi tekanan akademis, dan peristiwa traumatik. Oleh karena itu para guru harus memiliki kemampuan ekstra dalam menangani anak dengan fobia ini.

3.
Soceraphobia, takut mertua

Soceraphonia merupakan ketakutan yang konstan dan rasa cemas yang timbul saat bertemu mertua. Hal ini biasanya disebabkan karena rasa takut yang timbul dalam diri sendiri dan bayangan yang tidak realistis tentang mertua.
Fobia ini memang unik sekali. Dan biasanya menjangkiri para menantu perempuan. Apakah Anda sendiri mengalaminya?

4.
Pogonophobia, takut jenggot

Pogonophobia berasal dari bahasa Yunani yaitu pogono yang berarti berkaitan dengan jenggot. Ketakutan ini muncul sebab orang tersebut mempunyai pemikiran negatif bahwa jenggot adalah sesuatu yang acak-acakan dan tidak higienis. Selain itu ketakutan ini biasanya juga muncul karena image bahwa mereka yang berjenggot memiliki kelakuan yang jahat.

5.
Aligynephobia/venustraphobia, takut wanita cantik

Beberapa pria yang menderita fobia ini akan muncul rasa takut, cemas, gelisah, bahkan depresi ketika mereka berhadapan dengan wanita cantik. Hal ini mungkin berasal dari peristiwa traumatis saat mereka menghadapi wanita cantik dan mereka merasa rendah diri. Para pria yang menderita fobia ini biasanya takut untuk ditolak para wanita cantik karena mereka tidak terlalu percaya diri dengan dirinya sendiri.
Previous
Next Post »