erita
11

inilah Barang kuno tak sengaja ditemukan berharga miliaran

inilah Barang kuno tak sengaja ditemukan berharga miliaran  Barang kuno memang mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi, mereka para kolektor malah berani menawar dengan harga tinggi setiap barang kuno yang ditemukannya.
Jumlahnya tidak tanggung, jutaan hingga miliaran sanggup mereka gelontorkan demi mendapatkan barang kuno impiannya.
Namun, beberapa orang secara tidak sengaja berhasil menemukan barang langka yang berharga tersebut.








1.
Pria ini temukan kartu pos kuno senilai Rp 17,8 juta

Kisah Stephen Malton sang penemu ubin langka zaman Victoria senilai Rp 1,1 miliar ternyata bukan kali pertama dilakoninya.
Stephen ternyata sudah berulang kali menemukan barang-barang kuno sepanjang profesinya sebagai tukang penghancur bangunan.
Seperti diberitakan laman Mirror, Jumat (25/9), pada 2008 lalu dia menemukan sebuah kartu pos kuno tahun 1968 di dekat perapian sebuah rumah pensiunan seorang sastrawan Inggris, John Ronald Reuel Tolkien yang terkenal dengan salah satu karya terkenalnya yaitu Novel Lord of The Rings.
Stephen menjual temuan itu seharga 800 poundsterling atau setara dengan RP 17,8 juta.

2.
Dua pemuda Polandia klaim temukan 300 ton emas milik Nazi

Kereta api diduga milik Nazi yang hilang pada perang dunia II diklaim telah ditemukan. Kereta ini menimbun setidaknya 300 ton emas, batu mulia serta senjata.
Dua orang di Polandia mengaku telah mengetahui lokasi keberadaan kereta. Namun, kedua orang ini tidak mau mengungkapkan secara pasti lokasi kereta sampai mereka diberikan jaminan bahwa mereka diberi 10 persen dari nilai harta itu.
Dewan Perwakilan Daerah di Barat Daya Negara juga mengaku telah dihubungi oleh sebuah firma hukum yang bekerja untuk dua orang Polandia. Seorang pejabat otoritas, Marika Tokarska mengatakan dewan telah membuat proposal yang sangat serius.
"Kita tahu bahwa ada kereta militer dengan senjata di dalamnya. Kita menduga di dalamnya juga bisa saja ada bahan bakar berbahaya bahkan gas metana dalam terowongan," kata Marika seperti dilansir dari CNBC di Jakarta, Jumat (21/8).
Kita perlu berhati-hati soal keselamatan masyarakat di daerah ini," sambungnya. Tentara, polisi dan pemadam kebakaran kini dihadapkan dengan situasi ini.
Dalam cerita masa lalu, Nazi disebut menggunakan beberapa kereta pada tahun 1940 untuk mengangkut barang curian dari orang di Eropa Timur dan dibawa ke Berlin. Beberapa kereta diyakini sudah sampai di Berlin dan yang lain ditinggalkan.
Posisi kereta misteri ini diyakini dekat benteng Ksiaz, 77 Kilometer arah tenggara kota Wroclaw, Polandia.
Salah satu orang yang melapor adalah warga negara Jerman. Namun mereka ingin datanya tidak diungkap ke publik. Para pria ini menyebut panjang kereta mencapai 150 meter.

3.
Warga Saudi temukan batu Ababil senilai Rp 38,8 miliar

Masih ingat dengan kisah pasukan gajah yang hendak menyerang Kabah tetapi digagalkan oleh sekelompok burung ababil? Nah pada 11 November 2012 silam, seorang pria Saudi bernama Saleh Al Musfer Gamdi mengaku menemukan batu yang diduga dipakai oleh sekelompok burung ababil mengusir pasukan gajah.
Batu itu ditemukan Gamdi ketika tengah melakukan perjalanan berburu di pegunungan terjal di dekat perbatasan dengan Yaman. Batu berwarna gelap itu diakuinya dalam Al-Quran.
Batu itu diklaim Gamdi terkait dengan peristiwa gajah. Karena pada batu temuannya terdapat gambar gajah dan burung, dengan berat batu itu sendiri 131 gram. Ini sama persis seperti yang dituliskan dalam surat Al-fil mengenai kisah pasukan gajah dan burung ababil.
Seperti diketahui ayat itu menyebutkan, Allah SWT mengirim burung ababil untuk melemparkan batu Sejil (kerikil neraka) untuk menghancurkan tentara yang dipimpin oleh panglima perang Yaman, Abrahah sebelum munculnya Islam untuk merobohkan Kabah di Makkah. Surat AL-fil sendiri memiliki arti gajah, sebab saat itu merupakan tahun gajah.
Gamdi mengatakan, menemukan batu keras hitam kelabu itu di bagian selatan Jarb lembah. Daerah ini dulunya diketahui sebagai Green Wadi, yang tak lain tempat Abrahah dan tentara gajah itu tinggal selama jangka waktu tertentu sebelum menuju Makkah.
"Setahun setelah saya menemukan batu, saya meminta seorang teman Mesir yang kerabat bekerja di bidang arkeologi. Mereka menghubungi saya dan meminta saya untuk mengirim mereka gambar dari batu itu," kata Gamdi seperti dikutip dari Emirates247.com, Sabtu (12/7).
Dia menambahkan, kendati tak menjelaskan secara detail terkait kisah itu, tetapi para ahli memperkirakan umur batu itu hampir 1.442 tahun. Sementara itu, kabar penemuan batu yang dianggap memiliki nilai historis tinggi itu sontak menyebar ke seluruh penjuru Saudi.
Setahun kemudian, Gamdi mengaku pernah ditawari USD 4 juta atau sekitar Rp 38,8 miliar untuk batu itu tetapi Gamdi menolaknya. Bahkan dinas pariwisata memintanya untuk menyerahkan batu itu pun ditolaknya.
"Setelah serangkaian pesan dan panggilan telepon, mereka mengatakan mereka akan membeli batu untuk USD 4 juta tetapi saya menolak untuk menjualnya. Beberapa saat kemudian, departemen pariwisata di Baha (Saudi Arabia selatan) meminta saya untuk menyerahkan batu tetapi aku lebih lagi menolak," katanya saat itu.
Kisah Abrahah dimulai ketika dia merasa iri kepada Kabah kerap dikunjungi oleh banyak orang Arab yang ingin berziarah setiap tahun sebelum Islam. Dia memiliki keinginan yang besar untuk menghancurkan dan mengalihkan jemaah Arab ke Yaman, yang memiliki sebuah gereja besar yang dibangun oleh Abrahah.
Abrahah merasa yakin bahwa dia akan dapat menghancurkan Kabah dengan sangat mudah. Tetapi apa yang terjadi selanjutnya? Bantuan Tuhan tiba menurut Al-Quran. Burung-burung ini melemparkan banyak batu-batu dari tanah liat yang dilempar kepada tentara Abrahah yang menunggangi gajah dan ini yang menyebabkan kekalahan dan kehancuran mereka sebelum mereka berhasil merobohkan Kabah.

4.
Tukang bangunan ini temukan ubin langka senilai Rp 1,1 M

Seorang tukang bangunan di Inggris menemukan ubin langka yang jika dijual bernilai 50,000 (setara Rp 1,1 miliar). Ubin itu tersembunyi dibalik perapian rumah kuno era Victoria.
Stephen Malton mengatakan dirinya fokus pada 256 buah ubin porselen Delft. Ternyata diketahui jika bangunan yang dibongkarnya adalah rumah peninggalan seorang artis Victoria, Arthur Bell.
Jejeran ubin langka yang ditata rapi ini sengaja ditutupi oleh tembok palsu. Tujuannya agar tidak terlihat sekilas saja.
Pembongkaran ubin ini juga dilakukan secara hati-hati.
"Dibongkar dulu tembok pelapisnya, sebelum akhirnya kita bisa lihat 'harta karun' itu," kata Malton seperti dilansir koran Daily Mirror, Jumat (25/9).
Rumor keberadaan harta terpendam zaman Victoria ini memang sudah santer beredar. Banyak sumber menyebutkan rumah itu pernah ditinggali Arthur Bell pada tahun 1800an.
Penemuan barang langka ini ternyata bukan kali pertama oleh Stephen, pada 2008 dia juga menemukan sebuah artefak kuno yang bernilai 75 ribu poundsterling (setara Rp 1,6 M).
Mungkin dia cocok kita sebut pencari harta karun.
Previous
Next Post »