erita
11

Menakjubkan Gambar kehidupan Bob Marley tahun 1970-an

Menakjubkan Gambar kehidupan Bob Marley tahun 1970-an - globalbola8 Robert Nesta Marley"Bob" Marley (lahir di Nine Mile, Saint Ann, Jamaika6 Februari 1945 meninggal di MiamiFloridaAmerika Serikat11 Mei 1981 pada umur 36 tahun) adalah seorang penyanyipencipta lagu, dan musisi reggae berkebangsaan Jamaika. Bob Marley sampai saat ini dikenal di seluruh dunia sebagai musisi reggae yang paling tersohor dalam dunia musik reggae. Dia diakui perannya dalam memopulerkan dan menyebarkan musik Jamaika dan Gerakan Rastafari ke seluruh dunia.

Fotografer Inggris Dennis Morris memulai karirnya pada usia dini. Dia berusia 11 tahun ketika salah satu dari foto-fotonya dicetak di halaman depan Daily Mirror. Sebuah fanatik kamera sejak usia 8, Dennis dikenal di sekitar lingkungan East End sebagai Mad Dennis, karena preferensinya untuk fotografi lebih ke sepak bola.

Morris adalah seorang siswa SMA di London ketika ia pertama kali bertemu Bob Marley. "Saya ke musik Jamaika, dan saya membaca bahwa ia datang untuk tur Inggris," kata Morris Rolling Stone. "Jadi saya bunked off sekolah, pergi ke Speak Easy Club di mana ia bermain hari itu, dan menunggu dan menunggu. Akhirnya ia tiba, dan aku berkata, 'Dapatkah saya mengambil gambar Anda?' Dia mengatakan, 'Ya, pria, datang.' "

Menakjubkan Gambar kehidupan Bob Marley tahun 1970-an

Ini adalah pertama foto Morris mengambil dari Marley, kembali pada tahun 1974, di penyanyi Ford Transit tur van. "Ketika Anda melihat itu, dia hanya memutar menuju kursi saya duduk di," katanya. "Dia hanya berbalik dan berkata, 'Kamu siap, Dennis?" Aku sampai di sana dan petualangan dimulai. "

"Ini dari yang tur pertama, di Bournemouth," kata Morris. "Dia adalah salah satu musisi Jamaika pertama yang memahami kekuatan gambar Kebanyakan musisi Jamaika tidak pernah tertarik Foto -.. Hanya membuat catatan dan dibayar Bob memahami kekuatan gambar dan apa yang bisa lakukan Dan saya pikir dia. menyadari bahwa saya bisa mendapatkan apa yang ia ingin menggambarkan. "

Foto ini berasal dari sekitar tahun 1979, ketika Marley tinggal di Jalan Raja di Chelsea, London. "Dia berada di puncak kekuasaan," kata Morris. "Anda bisa melihat semangat yang Hal tentang Bob, bagi saya, adalah bahwa ia memiliki rasa yang luar biasa dari makhluk - kehadirannya sangat besar Dia tahu persis apa yang dia ada di sana untuk;.. Apa dia tentang; kekuatan musiknya; kekuatan sendiri, kekuatan ia mencoba untuk menanamkan ke orang, apa yang bisa lakukan orang jika mereka percaya pada diri mereka sendiri Pria benar-benar adalah seorang utusan "..

Menambahkan Morris, "Salah satu hal yang kebanyakan orang tidak menyadari adalah bahwa munculnya kesuksesannya adalah empat tahun. Dia sangat luar biasa di '77, dan '81 oleh dia pergi Dalam empat tahun, dia menaklukkan dunia . Dia menyentuh setiap manusia tunggal yang mungkin sedemikian waktu singkat. Itu adalah prestasi yang luar biasa. "

Morris bentak ditembak candid ini di rumah Marley pada Harapan Jalan di Kingston, Jamaika. "Dia mencintai tenis meja," kata Morris. "Sepakbola adalah nomor satu, tapi dia juga suka bermain tenis meja. Dia selalu berkata kepada orang-orang, 'Saya fotografer foto itu, Dennis Morris!'"

Morris memiliki kenangan indah dari mencoba terbaik permainan Marley. "Anda tidak bisa mengalahkan dia!" katanya sambil tertawa. "Dia adalah cepat. Satu-satunya hal yang saya tidak pernah bermain dengannya di adalah sepak bola. Cara dia dan orang-orang bermain, Tuhan, itu sangat fisik.

"Di sini dia berada di belanja," kata Morris gambar ini dari tur pertama dengan Marley pada tahun 1974. "Setiap kali dia punya waktu istirahat, Apa dia selalu lakukan adalah pergi ke toko olahraga dan membeli 20 bola, 20 pasang sepatu dan apa pun. Saya tidak menyadari, tapi itu untuk anak-anak di Trench Town, kembali ke rumah. Dia adalah orang yang sangat murah hati. "


"Dari semua gambar saya mengambil dari dia, ketika orang melihat foto-foto, mereka mendapatkan perasaan ini berada di sana dengan dia," kata Morris ini 1977 foto. "Karena ketika saya mengambil foto-foto dirinya, kami memiliki perasaan ini kedekatan -. Tidak ada gambar yang pose Seperti gambar-gambar ini, kami hanya berbicara, jiving, merokok, maka ia hanya melompat dan berkata, 'Mari saya tunjukkan bagaimana untuk bebas, Dennis. '"

Dia masuk empat snapshot cepat, dan itu saja. "Itulah apa yang ia katakan kepada saya - '. Kebebasan' Hal tentang hal itu dengan dia, aku tidak bisa berbalik dan berkata, 'Ah sial, Bob, aku rindu itu, bisa kita lakukan lagi? " Dia akan baru saja mengatakan, 'Keluar dari sini, manusia.' "

"Itu salah satu gambar hidup favorit saya dari dia, karena cara kunci nya terbang dan memutar-mutar," kata Morris dari gambar ini, dari manggung di London Hammersmith Odeon sekitar tahun 1979. "Ini seperti pisau helikopter. Saya suka keindahan tembakan itu. "

Menambahkan Morris, "Dia memiliki kemampuan luar biasa ini untuk bertindak keluar lagu-lagu saat ia tampil Itu sebabnya, misalnya, ketika ia bermain di tempat seperti Jepang, tidak ada yang bisa memahami kata dia -.. Tetapi mereka mengerti ekspresi nya"

"Ini adalah tembakan live pertama saya mengambil dari dia," kata Morris. "Itu di Bicara Mudah Klub Itu yang saya sebut 'Slave driver'. '. Ev'rytime Aku mendengar celah cambuk / darah saya berjalan dingin / Aku ingat di kapal budak / Bagaimana mereka menyiksa sangat jiwa' Dia hampir terlihat seperti penyanyi soul, penyanyi blues, kepada saya. "


Morris mengambil foto ini di rumah Marley pada Harapan Jalan di Kingston sekitar tahun 1978. "Sekali lagi, saya tidak pernah benar-benar diperlukan untuk berpose dia," katanya. "Kami baru saja hal ini tentang kita, cara kita bekerja. Apa yang saya sukai tentang tembakan ini adalah cara dia duduk dan cara dia punya kakinya di atas batu. Ini sangat agung, hampir seperti ketika Anda melihat seorang raja put kakinya. Seorang pria di kerajaannya. "

"Ini adalah pertunjukan pertunjukan - salah satu yang terbaik yang pernah ia bermain," kata Morris dari gambar ini, yang berasal dari sebuah acara di London pada tahun 1975. backstory The, ia menjelaskan, harus dilakukan dengan tur Inggris sebelumnya, yang berakhir buruk .

"Suatu pagi, [Marley dan Wailers] terbangun dan ingin bermain sepak bola, dan salju turun," kata Morris. "Saya ingat mereka membuka jendela dan Bob berkata," Apa itu ?! ' Aku berkata, 'Ini salju, Bob. " Peter Tosh mengatakan itu tanda dari Jah bahwa mereka harus meninggalkan Babel. Mereka memiliki argumen besar ini di antara mereka sendiri, dan pada dasarnya Peter and Bunny [Wailer] menolak untuk melanjutkan tur, jadi mereka semua kembali ke Jamaika. "

Ketika Marley kembali ke Inggris pada tahun 1975, Morris mengatakan, ia bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan itu. "Bob datang kembali dengan sepenuh hati," katanya. "Ini adalah pertunjukan yang akan melakukannya. Ada tidak ada akan kembali, hanya maju. Dia berjalan di atas panggung itu dan ia hanya mengambilnya terpisah."

Gambar lain dari acara Lyceum pada tahun 1975. "Saya akan memberitahu Anda sesuatu - Lyceum penuh sesak," kata Morris. "Orang-orang mencoba untuk mendaki di atap untuk masuk. Itu sangat panas, jadi penuh sesak, jadi berkeringat bahwa panas tubuh naik dan memukul langit-langit dan turun seperti hujan! Semua orang pergi, 'Jah!'" Morris tertawa. "Mereka semua berpikir itu adalah tanda, tapi itu hanya panas tubuh akan naik, kemudian turun."

"Tembakan Itu terakhir foto yang pernah saya ambil dari dia," kata Morris dari 1980 gambar ini. "Dia menelepon saya dan berkata, 'Kamu harus datang." Dia tinggal di sebuah apartemen di London Aneh -. Saat aku berjalan di, ia sendiri, dan biasanya, Bob tidak pernah sendiri Selalu ada orang di sekitar, tapi kali ini itu hanya kami berdua. . Biasanya, dia akan jiving saya tentang menjadi seorang anak hitam dari Inggris, bukan dari Jamaika: "Apa yang kau lakukan berkeliaran semua mereka punk, 'Anda tahu Tapi kali ini, ia benar-benar tenang Ketika ia berbicara,. itu seperti sedang mempertanyakan keberhasilan dan hal-hal yang telah dia lakukan. Saya tidak pernah melihat dia seperti itu sebelumnya. "

Menakjubkan Gambar kehidupan Bob Marley tahun 1970-an

Di beberapa titik, Morris mengatakan, Marley mengambil gitar dan mulai memetik. "Pada saat itu, saya tidak menyadari bahwa ia sedang bermain saya 'Redemption Song.' Saya mungkin salah satu orang pertama yang mendengarnya. "

Marley meninggal karena kanker pada tahun berikutnya. "Sebagian besar gambar yang Anda lihat dia di, kunci nya memiliki sedikit listrik, beberapa semangat," kata Morris. "Tapi kali ini, itu seperti kunci telah mengambil alih, dan jari-jarinya dan wajah yang cukup kurus. Ini cukup menyedihkan. Pada akhirnya, tidak ada yang tahu bagaimana sakit dia."

"Ini adalah potret yang saya lakukan di '76," kata Morris. "Perlakuan warna jauh kemudian, ketika aku jauh lebih pintar."

Mengorganisir pameran telah menjadi pengalaman yang mendalam untuk Morris. "Akan melalui foto, itu hanya membawa kembali kenangan berada di hadapan orang yang kuat dan berpengaruh seperti itu," katanya. "Dia berbentuk karir saya dan hidup saya, dalam arti. Saya adalah seorang anak muda dengan mimpi menjadi seorang fotografer, dan saya ingat ketika mereka mengatakan kepada saya, 'Jangan bodoh, tidak ada hal seperti itu sebagai fotografer hitam . ' Tapi Bob berkata kepada saya, 'Mereka akan selalu memberitahu Anda bahwa Anda tidak dapat melakukan apa yang ingin Anda lakukan, Dennis, tetapi Anda dapat melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Anda hanya harus percaya pada diri sendiri. Sistem ini untuk membawa Anda down, tapi Anda bisa bangkit. " Itulah keindahan Bob Marley, bagi saya. Dia membuat saya melihat bahwa ada banyak, jauh lebih banyak dari apa yang ada di luar sana. "














Previous
Next Post »