erita
11

hewan pintar ini setara dengan manusia

hewan pintar ini setara dengan manusia Manusia boleh bangga sebagai makhluk yang paling sempurna di dunia ini, memiliki kecerdasan yang paling baik di antara jenis spesies lain yang hidup di bumi. Tapi tahukah Anda, bahwa ada binatang yang memiliki kemampuan yang tak kalah pintar dengan para manusia.
Selain simpanse ternyata masih ada beberapa binatang lainnya yang cerdas, memiliki naluri untuk bersosialisasi dan memecahkan masalah layaknya manusia. Binatang apa saja yang tergolong binatang cerdas? berikut ini informasinya.

1. Kecerdasan dari simpanse hampir 98% mirip dengan manusia, mulai dari cara bertahan hidup, berkembang biak hingga memiliki simpati.

Simpanse, kecerdasannya98% mirip dengan manusia
Simpanse, kecerdasannya 98% mirip dengan manusia [ImageSource]

2. Menurut penelitian Michael McGowen tahun 2012, otak lumba-lumba banyak berubah dan berkembang secara kognitif. Tak heran banyak di antara mereka bisa berkomunikasi dengan manusia.

Lumba-lumba hidung botol
Lumba-lumba hidung botol [ImageSource]

3. Pernah nonton Babe? Kecerdasan babi seperti itu memang nyata. Mereka sudah pintar sejak umur 3 tahun. Bahkan disebut lebih bersih daripada kucing dan anjing.

Babi, memiliki kecerdasan yang mumpuni sejak berumur 3 tahun
Babi, memiliki kecerdasan yang mumpuni sejak berumur 3 tahun [ImageSource]

4. Pasti Anda sudah sering melihat burung beo yang bisa berbicara layaknya manusia? Itu karena Beo memiliki memiliki memori yang luar biasa.

Burung Beo memiliki memiliki memori yang luar biasaBurung Beo
Burung Beo memiliki memiliki memori yang luar biasaBurung Beo [ImageSource]

5. Kecerdasan anjing setara dengan kecerdasan seorang balita, anjing dapat memahami hingga 250 kata. Anjing juga memiliki kepekaan sehingga tak heran mereka bisa jadi sahabat atau keluarga sendiri.

Kecerdasan anjing setara dengan kecerdasan seorang balita
Kecerdasan anjing setara dengan kecerdasan seorang balita [ImageSource]

6. Gurita adalah salah satu invertebrata paling cerdas, sebagian besar neuron justru terletak pada lengannya, tidak pada otak mereka. Mereka juga bisa penasaran seperti manusia.

Gurita adalah salah satu invertebrata paling cerdas
Gurita adalah salah satu invertebrata paling cerdas [ImageSource]

7. Tupai mampu mengingat semua rutenya saat mencari makan. Mereka juga mampu melakukan gerakan yang memperdayai ‘musuh’nya, termasuk manusia.

Tupai pandai mengumpulkan makanan
Tupai pandai mengumpulkan makanan [ImageSource]

8. Percaya atau tidak, sapi adalah binatang yang memiliki emosi yang sama dengan manusia. Mereka berteman dan akan tertekan jika dipisahkan.

Sapi adalah binatang yang memiliki emosi yang sama dengan manusia
Sapi adalah binatang yang memiliki emosi yang sama dengan manusia [ImageSource]

9. Tahukah Anda jika tikus memahami hubungan sebab akibat? Ya, seekor tikus ternyata akan memikirkan resiko dari tindakan yang mereka ambil.

Seekor tikus ternyata akan memikirkan resiko dari tindakan yang mereka ambil
Seekor tikus ternyata akan memikirkan resiko dari tindakan yang mereka ambil [ImageSource]

10. Rakun bisa kelihatan secerdik kisah dongeng di dunia nyata. Anda hanya perlu memperagakan di depan mereka sekali dan dengan cepat mereka akan menirunya.

Racoon, menggunakan peralatan untuk mencari makanan
Racoon, menggunakan peralatan untuk mencari makanan [ImageSource]
Itulah binatang-binatang yang memiliki kecerdasan yang mumpuni mirip dengan manusia, yang perlu kita contoh adalah bintang tersebut tidak menyalahgunakan kecerdasannya. Tentu berbeda dengan manusia, karena masih ada sebagian manusia yang memanfaatkan kecerdasanya untuk merugikan orang lain.
Previous
Next Post »