erita
11

7 Tempat yang Pertama Kali Dibangun di Indonesia


Di Indonesia ada banyak sekali tempat-tempat umum seperti tempat wisata, bandar udara, stasiun, tempat olahraga dan masih banyak lagi. Tempat-tempat tersebut memang sengaja dibangun untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

Lalu, dari sekian banyak tempat-tempat umum yang ada di Indonesia, manakah yang paling awal didirikian? Dan ada sejarah apa di balik pendirian tempat-tempat ini?  Kita cari tahu lebih lanjut aja yuk di bawah ini.

1. Bandara Kemayoran

Bandar udara pertama di Indonesia bukanlah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Melainkan bandar udara Internasional Kemayoran. Landasan bandar udara ini dibangun pada tahun 1934 dan secara resmi beroperasi untuk umum mulai  8 Juli 1940. Pesawat yang pertama kali mendarat di sini adalah pesawat jenis DC-3 Dakota milik penerbangan Hindia Belanda. Pesawat itu terbang dari lapangan terbang Tjililitan yang sekarang bernama Halim Perdana Kusuma.
Suasana Bandar Udara Internasional Kemayoran Saat Masih Beroperasi
Suasana Bandar Udara Internasional Kemayoran Saat Masih Beroperasi [ImageSource]
Pada tahun 1975 penerbangan Internasional kemudian dipindahkan sementara ke Bandar Udara Halim Perdana Kusuma. Barulah pada januari 1984 hingga saat ini, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi. Sedangkan Bandar Udara Halim Perdana Kusuma digunakan sebagai pangkalan militer VVIP serta bendar udara sipil terbatas.

2. Stasiun Kereta Api Tambak Sari

Stasiun kereta api yang berada di Tanjung Mas, Semarang Utara ini didirikan pada tahun 1867 oleh Perusahaan kereta api Hindia-Belanda, NISM. Stasiun ini dibangun dengan nama Station Samarang NIS. Namun pada tahun 1914 stasiun ini beserta kegiatan ekspor impor didalamnya dipindahkan ke Stasiun Semarang Tawang.
Stasiun Kereta Api Tertua Di Indonesia
Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia [ImageSource]
Namun stasiun ini tetap dijadikan stasiun barang hingga tahun 2000-an. Tapi karena stasiun Tambak Sari ini sering kebanjiran, tempat ini akhirnya ditutup juga pada tahun 2008. Saat ini, stasiun tua ini telah berubah menjadi daerah tambak.

3. BANK BNI 46

Bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah Indonesia adalah Bank Negara Indonesia (BNI). Gedung BNI 46 pertama yang dibangun pada tahun 1946 berlokasi di Jl. Trikora, Yogyakarta. BNI mulai mengedar alat pembayaran resmi pada malam menjelang tanggal 3 Oktober 1946.
Gedung BNI 46 Pertama Berlokasi Di Yogyakarta
Gedung BNI 46 Pertama Berlokasi Di Yogyakarta [ImageSource]
Dulunya, bangunan ini merupakan kantor perusahaan asuransi Niil Maatschappij. Pernah juga digunakan sebagai kantor Radio Jepang Hoso Kyoku, Radio Mataram dan Radio Republik Indonesia. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) itu sendiri diresmikan langsung oleh wakil presiden Indonesia, Mohammad Hatta.

4. Stadion Sriwedari

Diantara banyak stadion yang dibangun oleh Belanda di Indonesia, Stadion Sriwedarilah yang menjadi stadion pertama yang dibangun sendiri oleh bangsa Indonesia. Stadion ini dibangun pada tahun 2003-2011. Lokasinya berada di Surakarta, Jawa Tengah.
Sekarang Dijadikan Monumen PON I
Sekarang Dijadikan Monumen PON I [ImageSource]
Stadion ini merupakan tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama, yang dilangsungkan pada 9 September 1946. Saat ini, stadion digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola dan juga konser musik. Tempat ini juga dijadikan sebagai Monumen PON I.

5. Museum Radya Pustaka

Di Indonesia ada banyak sekali museum-museum, salah satunya adalah Museum Radya Pustaka. Gedungnya dibangun pada masa pemerintahan Pakubuwono IX, tepatnya pada tangal 28 Oktober 1890. Museum ini berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah.
Dulunya Merupakan Kediaman Seorang Belanda, Johannaes Busselaar
Dulunya Merupakan Kediaman Seorang Belanda, Johannaes Busselaar [ImageSource]
Museum Radya Pustaka dulunya adalah sebuah kediaman seorang warga Belanda, Johannaes Busselaar. Saat ini sudah menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi siapa saja. Di dalamnya banyak terdapat benda-benda kuno, seperti buku-buku kuno, pusaka adat, wayang kulit dan juga arca.

6. Tempat Wisata, Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan didirikan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada tahun 1864 dengan luas sekitar 10 hektare. Tempat ini dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan fauna Batavia.  Awalnya tempat wisata yang menampung sekitar 295 spesies hewan ini, bernama “Planten En Dierentuin”.
Patung Gajah Yang Berada Di Kawasan Kebun Binatang Ragunan
Patung Gajah Yang Berada Di Kawasan Kebun Binatang Ragunan [ImageSource]
Pada tahun 1969, kebun binatang ini dipindahkan ke Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Namanya pun berubah menjadi “Kebun Binatang Ragunan”. Saat ini luasnya sudah mencapai 140 hektare. Meski pernah ditutup karena terinfeksi virus flu burung, sampai saat ini Kebun Binatang Ragunan masih menjadi tempat wisata favorit keluarga.

7. Mall Sarinah

Gedung pusat perbelanjaan atau mall  yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah Sarinah. Lokasinya berada di Jl. M. H, Thamrin, Jakarta Pusat. Gedungnya dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan langsung oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno.
Mall Sarinah, Diresmikan Langsung Oleh Presiden Soekarno
Mall Sarinah, Diresmikan Langsung Oleh Presiden Soekarno [ImageSource]
Mall Sarinah juga merupakan gedung pencakar langit pertama yang ada di Indonesia. Tingginya mencapai 74 meter lebih. Nama Sarinah sendiri diambil oleh Soekarno dari nama seorang pengasuh dirinya saat dia masih kecil yaitu Sarinah.
Itulah tadi beberapa tempat yang dibangun lebih awal dibanding tempat-tempat lainnya yang ada di Indonesia. Mungkin jika ditelaah lebih lanjut, ada banyak lagi tempat-tempat yang berumur tua di Indonesia. Kalau dari pengetahuan readers sendiri, ada lagi gak nih tempat yang pertama kali dibangun di Indonesia yang belum disebutkan diatas? :)
Previous
Next Post »