erita
11

5 Lubang Biru Paling Mengesankan di Seluruh Dunia

5 Lubang Biru Paling Mengesankan di Seluruh Dunia  - Sebuah lubang biru adalah dibawah air yang dibentuk oleh erosi batuan karbonat dan muncul sebagai lingkaran biru gelap air di laut. Biru lubang biasanya terletak di daerah pesisir dataran rendah, yang dulunya di atas permukaan laut ribuan tahun yang lalu. Kegiatan karst intens - proses pelarutan batuan larut seperti kapur, dolomit, dan gipsum oleh air hujan atau sungai - dibuat gua vertikal yang besar. Ketika permukaan laut naik karena mencairnya gletser, beberapa lubang ini menjadi terendam. Karena kedalaman, lubang biru muncul biru darkish karena penyerapan yang lebih besar dari sinar matahari yang meningkat dengan meningkatnya kedalaman. Ini menciptakan kontras yang dramatis dengan biru lebih ringan dari air dangkal di sekitar mereka dan membentuk garis alami yang dapat dengan mudah dilihat dari permukaan.

The Great Blue Hole of Belize



Lubang biru yang paling terkenal terletak di lepas pantai Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. Itu terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil 70 km dari daratan dan Belize City. The Great Blue Hole adalah lebih dari 300 meter dan 124 meter di dalam, dan terbentuk selama beberapa episode glaciation kuaterner antara 150.000 hingga 15.000 tahun yang lalu. Itu adalah tempat yang populer di kalangan penyelam scuba rekreasi.


Dean's Blue Hole



Dean Blue Hole dekat Clarence Town pada Long Island, Bahama, adalah lubang biru terdalam dikenal di dunia. Sementara sebagian besar lubang biru dan lubang mencapai kedalaman maksimum 110 meter, Dean Blue Hole terjun ke lebih dari 200 meter, yang membuatnya cukup luar biasa. Pada permukaan, Dean Blue Hole adalah sekitar lingkaran, dengan diameter mulai dari 25 hingga 35 meter. Setelah turun 20 meter, lubang melebar jauh ke dalam gua dengan diameter 100 meter.


Blue Hole of Dahab





Blue hole ini terletak di pantai Laut Merah, beberapa kilometer utara dari Dahab, Mesir. Ini adalah lubang biru terdalam kedua di 130 meter. The Blue Hole telah merenggut nyawa banyak penyelam yang berusaha menemukan terowongan melalui karang (dikenal sebagai "The Arch") yang menghubungkan Lubang Biru dan air terbuka di sekitar 52 meter kedalaman.

The Blue Hole of Gozo





The Blue Hole terletak di pantai barat pulau Gozo, Malta di Nusantara, di Laut Mediterania. Ini adalah lubang yang dalam 15 meter dan lebar 10 meter di batuan dasar tebing. Underwater, lubang biru dihubungkan oleh sebuah terowongan ke laut

Watling ini Blue Hole





Beberapa lubang biru juga terjadi di darat, seperti Blue Hole Watling yang terletak di Bahama pulau San Salvador. Meskipun duduk di tengah-tengah sebuah pulau tropis hujan, lubang biru Watling memiliki tidak indictaing air tawar yang lubang harus terhubung ke laut oleh sebuah terowongan bawah tanah.
Previous
Next Post »