erita
11

Luar biasa Mal di Jepang pun Ada Ruang Shalat!


Sebuah mal di Jepang telah menyediakan ruang shalat untuk wisatawan muslim. Pada 26 September yang lalu, acara pembukaan ruang shalat diadakan di RERA* Chitose Outlet Mall, pusat perbelanjaan yang terletak di kota Chitose, prefektur Hokkaido. Ruang ibadah untuk muslim seperti ini, menurut pihak mal tersebut, barangkali pertama kali tersedia di pusat perbelanjaan di Hokkaido, bahkan di seluruh Jepang.


*Kata ”Rera” yang digunakan sebagai nama pusat perbelanjaan mal tersebut berarti “angin” dalam bahasa Ainu. Suku Ainu adalah penduduk asli asal Hokkaido yang merupakan prefektur paling utara Jepang.


Latar belakang penyediaan ruang shalat tersebut dikarenakan adanya peningkatan jumlah wisatawan muslim. Akhir-akhir ini, jumlah pengunjung dari negara-negara Asia Tenggara semakin bertambah banyak, misalnya seperti Indonesia atau Malaysia. Jika memasuki masa puncak, kunjungan wisatawan bisa mencapai sekitar 1,500 wisatawan (per bulan) dari negara-negara tersebut yang berkunjung ke RERA. Karena di antaranya ada banyak wisatawan yang beragama Islam, maka pihak RERA memutuskan untuk menyediakan tempat ibadah untuk menghormati kebiasaan mereka. Berikut adalah kutipan dari siaran pers yang dimuat di situs resmi RERA:
Akhir-akhir ini semakin banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke RERA Chitose Outlet Mall, dan kebangsaan wisatawan tersebut pun semakin beragam. Dari daerah Asia, wisatawan yang berasal dari Malaysia dan Indonesia meningkat secara signifikan. … Filosofi dasar kami agar sesuai dengan keragaman seperti ini adalah "mengutamakan gaya hidup wisatawan dan menawarkan kesempatan untuk menikmati wisata di Hokkaido dengan nyaman". Sebagai langkah pertama dalam usaha tersebut, kami menyediakan ‘ruang doa (prayer room)’ bagi pengunjung yang membutuhkan tempat untuk berdoa dalam perjalanannya.
Menurut pihak RERA, “ruang doa (prayer room)” tersebut bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan tempat untuk berdoa. Namun, jika dilihat dari segi fasilitas ruangan yang di dalamnya tersedia tempat wudhu, tempat berdoa yang memisahkan antara pria dan wanita, serta tanda arah kiblat di langit-langit, mungkin ruang tersebut bisa dikatakan merupakan ruang shalat untuk umat islam, dan maksud pihak RERA sendiri pun memang ada di situ.

Kabarnya, selain RERA, beberapa perusahaan lain di Hokkaido juga sedang dalam proses untuk menyiapkan pelayanan khusus bagi umat Islam. Misalnya, Rusutsu Resort dan Kiroro Resort, tempat pariwisata yang merepresentasikan Hokkaido ini akan menawarkan makanan halal untuk wisatawan muslim yang semakin bertambah banyak.

Usaha seperti ini baru saja dimulai di Hokkaido. Apakah pelayanan untuk umat Islam akan bertambah baik lagi? Apakah wisatawan muslim yang berkunjung ke Hokkaido akan bertambah banyak lagi? Bagaimana nanti hasilnya, sepertinya patut untuk diperhatikan.

Referensi:
(1) http://www.outlet-rera.com/press/detail/003072.html (siaran pers RERA)
(2) http://mainichi.jp/area/hokkaido/news/20120926ddlk01020220000c.html
(3) http://www.japantimes.co.jp/text/nb20120926b4.html
(4) http://www3.nhk.or.jp/news/html/20120925/k10015279641000.html


Ngomong-ngomong...

Pada awal bulan Oktober ini, karena tempat tinggal saya lokasinya ada di lumayan dekat dari RERA, saya mencoba berkunjung ke sana untuk berbelanja dan melihat ruang shalat tersebut. Berikut adalah foto-foto yang saya ambil di mal tersebut:

Salah satu pintu masuk di RERA
"Hmm... ruang shalat ada di mana ya? Oiya di sana ada papan informasi!"

"Wah 500 meter! Ternyata tempatnya lumayan jauh ya. Ayo berangkat!"

Berjalan...

Berjalan-jalan...

Berjalan-jalan-jalan...

"Sedikit lagi...!!"

"Jangan-jangan gedung itu...!?"

"Iya, itu dia!"

"Akhirnya sampai di ruang shalat!"

Di dalam ruang shalat ada tempat wudhu

Ada AC juga



Tempat shalat untuk pria dan tanda arah kiblat
Previous
Next Post »