erita
11

7 Misteri Aneh Gurun Pasir



Gurun pasir adalah tempat yang menyimpan banyak sekali misteri di bumi ini. Mulai dari anomali cuaca yang sangat janggal, kota kuno yang terlantar, ledakan dari luar angkasa hingga beberapa hal misterius yang susah dijelaskan oleh logika manusia. Gurun pasir adalah rumah panas bagi para arkeolog-arkeolog yang terobsesi menemukan sesuatu yang baru.


Sepuluh misteri yang akan kita simak berikut ini akan membuat anda berpikir. Gurun yang isinya cuma pasir, panas, dan sangat jarang ada makhluk hidup ini ternyata menyimpan banyak sekali misteri yang belum dipecahkan. Langsung saja, mari kita bahas satu persatu!

1. Fairy Circle, Lingkaran Peri yang Tak Terjelaskan

Ada ribuan lingkaran dengan diameter 2-20 meter memenuhi sebuah gurun di Namibia. Penduduk setempat menyebut jika lingkaran itu adalah milik dari peri. Para peneliti yang pergi jauh-jauh ke negara Afrika ini sampai terkagum-kagum. Bagaimana lingkaran yang di sekelilingnya ditumbuhi oleh rumput ini mampu muncul sebegitu banyak. Bahkan membentang di sepanjang gurun sepanjang 1800 km.
Fairy Circle, Lingkaran Peri yang Tak Terjelaskan [image source]
Fairy Circle, Lingkaran Peri yang Tak Terjelaskan [image source]
Sebuah teori menyebutkan jika lingkaran itu adalah tempat berjemur burung unta dan zebra. Teori selanjutnya mengatakan jika di gurun muncul gas yang menyebabkan tengah dari lingkaran itu tak bisa ditumbuhi oleh tanaman meski dicampur dengan pupuk. Satu lingkaran bernama Fairy Circle ini mampu bertahan hingga 75 tahun sebelum akhirnya rusak dan menghilang. Ilmuwan masih bekerja keras agar bagaimana munculnya lingkaran peri ini dapat dijelaskan secara ilmiah.

2. Pemakaman Asing di Dekat Makam Raja Tutankhamun

Sebuah makam asing ditemukan di dekat makam besar Raja Tutankhamun. Makam ini diprediksi berumur 3000 tahun dan baru ditemukan tahun 2005. Meski desainnya mirip sekali dengan makam, namun isinya hanya peti mati kosong dan beberapa tabung berisi batu, kayu, dan gerabah. Sama sekali tidak ditemukan satu jasad atau organ dari para anggota kerajaan Mesir di masa lalu.
Pemakaman Asing di Dekat Makam Raja Tutankhamun [image source]
Pemakaman Asing di Dekat Makam Raja Tutankhamun [image source]
Sebuah teori mengatakan jika makam ini digunakan untuk pengalihan pencuri yang bisa saja memasuki makam kerajaan yang berisi banyak harta. Makam ini sebuah kamuflase makam asli yang biasanya selalu disembunyikan dan hanya pihak kerajaan yang tahu. Namun jika makam itu cuma sebuah kamuflase, kenapa tidak ada nama dari para orang yang dikuburkan. Teori lain mengatakan jika tempat seperti makam ini adalah studio pembalsaman sebelum akhirnya dibuat mumi dan dimasukkan ke dalam peti.

3. Empat Arah Mata Angin Gas Metana

Pada tahun 2003, sebuah satelit menangkap adanya pancaran gas metana dalam jumlah yang sangat besar di gurun Amerika. Gas ini menciptakan sebuah awan tebal di negara bagian Colorado, New Mexico, Arizona, dan Utah. Hal mengejutkan lainnya adalah gas penyebab efek rumah kaca ini mampu bertahan selama 6 tahun dan berhenti begitu saja tanpa bisa dijelaskan oleh para ilmuwan yang menelitinya.
Empat Arah Mata Angin Gas Metana [image source]
Empat Arah Mata Angin Gas Metana [image source]
Ternyata di sekitar tempat munculnya gas terdapat 40.000 sumur atau lubang galian yang diperkirakan menyebabkan gas itu muncul. Namun hal ini menjadi tidak masuk akal jika gas yang dihasilkan mencapai 10% dari gas metana yang dihasilkan seluruh Amerika. Sampai sekarang ilmuwan masih meneliti gurun tempat gas yang mematikan itu, dan belum ada jawabannya. Padahal gas metana memiliki dampak efek rumah kaca yang lebih besar dari karbon monoksida.

4. Reruntuhan Kuno Siria yang lebih Tua dari Era Piramida

Sebuah reruntuhan kuno ditemukan di gurun Siria. Terletak 80 kilometer dari kota modern Damaskus. Arkeolog yang meneliti reruntuhan ini masih belum bisa menemukan informasi mengenai siapa pembuat kota ini dan apa namanya. Diperkirakan kota kuno ini telah dibuat sekitar 6.000-10.000 tahun yang lalu, sebelum era Piramida datang dan mulai menguasai Mesir.
Reruntuhan Kuno Siria yang lebih Tua dari Era Piramida [image source]
Reruntuhan Kuno Siria yang lebih Tua dari Era Piramida [image source]
Seorang ilmuwan bernama Robert Mason menemukan reruntuhan misterius tak bernama ini pada tahun 2009. Sebagian besar pondasi bangunan menggunakan batu. Mason menemukan juga semacam jebakan dari batu yang menyebabkan hewan apa saja akan mati dengan cepat. Kurangnya informasi dan banyaknya bangunan yang hancur membuat Mason kesulitan membuat dugaan, apakah kota ini hancur akibat bencana atau sebuah konflik perebutan kekuasaan dalam perang.

5. Spesies Terduga Manusia yang Tak Dikenal

Pada tahun 2011 di sebuah gurun di Kenya ditemukan artifak benda yang dipercaya adalah buatan makhluk yang menyerupai manusia. Artifak yang ditemukan berjumlah 149 buah dan berbentuk sebuah batu runcing yang terbuat dari semacam semen. Dari sebuah uji material, batuan ini telah berusia sekitar 3,3 juta tahun. Dan saat itu belumlah ada spesies manusia purba yang menjadi cikal-bakal manusia modern.
Spesies Terduga Manusia yang Tak Dikenal [image source]
Spesies Terduga Manusia yang Tak Dikenal [image source]
Banyak peneliti menyangsikan penemuan ini karena mereka menganggap tidak mungkin ada manusia hidup di tahun itu. Kalau pun ada pengetahuan mereka pasti sangat terbatas. Makhluk tak dikenal itu tidak mungkin bisa membuat batu semen ini untuk digunakan sebagai pisau. Misteri tentang spesies baru ini masih menjadi misteri karena sisa tulang belulang makhluk yang diduga manusia purba itu juga tidak pernah ditemukan. Lalu artifak itu siapa yang buat? Masih menjadi misteri sampai sekarang!

6. Sabuk Raksasa Nitrat di Gurun Atacama

Gurun Tacama adalah tempat paling kering di dunia ini. Bahkan Charles Darwin mengatakan jika tidak mungkin ada kehidupan di gurun dengan tingkat curah hujan mencapai 1 milimeter per tahun. Namun hal mengejutkan justru terjadi di tempat paling kering ini dan sampai sekarang tidak ada ilmuwan yang mampu menjelaskan gejala alam yang terjadi super dahsyat ini.
Sabuk Raksasa Nitrat di Gurun Atacama [image source]
Sabuk Raksasa Nitrat di Gurun Atacama [image source]
Sebuah sabuk raksasa dari gas nitrat dan iodin mendadak keluar dari tanah-tanah di gurun. Tak main-main, gas ini memiliki panjang 700 kilometer dan lebar 20 kilometer. Sebuah studi ilmiah menyebutkan jika nitrat hanya akan muncul dari bakteri yang memprosesnya dari zat organik dalam tanah. Padahal kehidupan di gurun Atacama bisa dibilang zero. Atau tidak ada sama sekali. Lalu gas besar itu berasal dari mana? Tidak ada yang tahu sampai sekarang.

7. Pisco Holes, Dereten 6.900 Lubang Misterus di Gurun

Deretan lubang dengan dalam dua meter di temukan sepanjang 1,5 km dan lebar 20 meter di tengah gurun Pisco. Lubang ini dibuat dengan melubangi sebuah batuan tebing. Sebuah lubang memiliki barisan yang bisa dibilang presisi dengan lubang di depannya. Ilmuwan belum dapat menjelaskan apa fungsi dari lubang-lubang ini. Beberapa mengatakan jika lubang ini digunakan untuk menguburkan jenazah.

Sebuah teori yang lebih ekstrem mengatakan jika lubang ini digunakan sebagai media komunikasi dengan makhluk asing. Suku-suka pembuat lubang akan membakar kayu dan membuat api di dalam lubang-lubang itu. Dengan begitu sinyal akan adanya kehidupan di bumi akan diketahui oleh makhluk asing yang berada di luar angkasa.
Gurun yang sangat lebar dan panas selalu menyimpan ribuan misteri dan menunggu untuk dipecahkan. Selama masih banyak manusia yang penasaran, tujuh misteri di atas masih bisa bertambah. Mungkin giliran anda menemukan misteri yang lain?
Previous
Next Post »