erita
11

7 Alasan Kenapa Orang Indonesia Suka Menyingkat Kata


1. Efisiensi

{source name="Jagorawi" url="putrisuryaa.blogspot.com"} Lebih efisien kan
Lebih efisien kan
Kalau kamu perhatikan kata yang disingkat itu kan biasanya kata-kata yang panjang ya. Nah Ini jelas sangat gak efisien kalo dituliskan atau mungkin diucapkan. Misalnya kayak nama tol Jagorawi, yang rasanya akan lebih capek kalo ditulis atau diucapkan dengan kata Jakarta, Bogor, dan Ciawi.
A: Bro, lu udah sampe mana?
B: Udah di Tol Jakarta, Bogor, dan Ciawi nih
A: Yang bener lah, jadi lu udah di Tol Jakarta, Bogor atau Ciawi nih?

2. Males

{source name="Lazy" url="www.buzzoop.com"} males bener. bro!
Lazy via buzzoop.com
males bener. bro!
Alasan kedua mungkin karena orang Indonesia itu males buat ngucapin atau menulis kata yang panjang-panjang. Ini bisa dibuktikan dengan makin pendeknya singkatan kata yang digunakan sama orang Indonesia di era modern. Misalnya kata "gue" yang kemudian mungkin karena males akhirnya disingkat jadi "gw" dan kemudian mungkin karena dirasa masih kepanjangan disingkat lagi jadi "g" atau "w".

3. Biar Terdengar Lebih Keren

{source name="kufaku" url="dijehtheory.blogspot.com"} keren!
keren!
Terkadang singkatan itu emang dibutuhkan agar sebuah hal terlihat lebih keren. Misalnya malesbangetdotcom disingkat jadi MBDC, bawa perasaan jadi baper,jaringan pribadi jadi japri, kunfayakun jadi  KUFAKU (eh ini beneran singkatannya kan ya?), dan masih banyak lainnya. Tapi kata-kata yang disingkat tersebut bakal jadi keren kalo yang bikin singkatan emang beneran jago gitu deh. Nah kalo yang bikin singkatan itu orang yang kurang jago hasilnya malah sebaliknya sih, jelek banget. Contohnya bisa kamu liat dari nama-nama tim sepakbola Indonesia. Gak kreatif banget!

4. Emang Seneng yang Singkat-Singkat

{source name="isilop" url="www.kaskus.co.id"} jalan pintas
isilop via kaskus.co.id
jalan pintas
Kenapa orang Indoensia suka menyingkat kata bisa disebabkan juga karena mental-nya doyan yang singkat-singkat. Kamu tau lah orang Indonesia itu dalam kehidupan banyak yang suka cari jalan pintas alias short cut, jadi gak heran deh kalo dalam menulis atau mengucapkan kata pun mereka menggunakan jalan pintas.

5. Bawaan Orde Baru

{source name="soeharto" url="bapak orba"} piye kabare
soeharto via bapak orba
piye kabare
Konon sih katanya kebiasaan menyingkat kata itu dilestarikan sama rezim orde baru, yang kemudian disingkat jadi Orba. Nah pada zaman itu kan militer bener-bener berkuasa dan sangat berpengaruh banget. Trus di militer sendiri kan emang banyak banget tuh penggunaan kata yang disingkat. Oiya, di jaman Orde Baru banyak banget kata singkatan yang akhirnya populer kayak REPELITA yang merupakan kependekan dari  Rencana Pembangunan Lima Tahun dan AMD yang merupakan singkatan dari ABRI Masuk Desa. Padahal ABRI sendiri merupakan singkatan dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Nah, menurut aturan tuh seharusnya gak boleh ada singkatan dalam singkatan.

6. SMS

{source name="hidayah" url="fjb.m.kaskus.co.id"} yang bikin singkatan sms makin populer
hidayah via fjb.m.kaskus.co.id
yang bikin singkatan sms makin populer
Tapi mungkin juga sih alasan orang Indonesia suka menyingkat kata itu sejak adanya fitur SMS di handphone. Yap, dulu itu kan saat SMS baru dihadirkan sama provider, harganya tergantung dari jumlah huruf. Nah karena gak mau kena banyak pulsa, jadi deh nulis SMS itu sebisa mungkin disingkat. Oiya, bahkan dulu ada lho provider yang bikin kejuaraan menulis singkat di sms.

7. EGP

Emangnya Gue Pikirin.
Kalau menurut kamu, atas dasar apa nih orang Indonesia suka menyingkat kata? Share ya di komen
Previous
Next Post »