erita
11

5 Tips Biar Kamu Gak Mabuk Perjalanan Selama Mudik


Wah bentar lagi udah hari raya aja nih. Gak kerasa ya udah hampir sebulan umat muslim ngejalanin ibadah puasanya. Nah kalau ngomongin tentang hari raya Idul Fitri di Indonesia, pasti gak jauh-jauh deh sama urusan mudik. Gimana enggak, setelah setahun bekerja dan hidup dalam perantauan, pasti pada pengenlah pulang dan berkumpul sama keluarga besar di kampung halaman. Terus kamu sendiri mudik gak tahun ini? Kalau kamu punya agenda mudik, MBDC udah siapin nih tips-tips supaya kamu nggak mabuk kendaraan selama kamu mudik nanti.

1. Pilih Posisi Duduk yang Nyaman

{source name="nyaman" url="www.ferrariworldabudhabi.com"} nyaman banget nih
nyaman via ferrariworldabudhabi.com
nyaman banget nih
Ketika kamu akan melakukan perjalanan dalam jarak yang jauh, maka sebaiknya kamu pastiin dapet posisi duduk yang bisa bikin kamu nyaman. Karena kalau posisi tempat duduk yang kamu dapetin itu gak nyaman, maka sepanjang perjalanan kamu akan ngerasa tersiksa. Kamu tentu gak mau dong acara Lebaran di kampung halaman kamu berganti dengan sesi curhatanmu tentang perjalanan mudik yang menyiksa. Makanya jauh-jauh hari segera pesen tiket deh. Pilihlah tempat duduk yang sesuai sama keinginanmu. Bisa aja kamu suka duduk yang deket jendela, atau kamu malah lebih seneng duduk yang deket gang buat orang lewat itu. Suka-suka kamu ajalah. Tapi yang jelas jangan duduk di kursi yang berada di atas roda belakang. Bakal gak nyaman banget deh. Eh tapi kalau kamu baru mesen tiket pas deket-deket gini, biasanya kamu udah nggak bisa milih lagi tempat duduk yang kamu mau. Sedapetnya aja kali ya.

2. Perhatiin Apa yang Kamu Konsumsi

{source name="duren" url="www.infokost.net"} abis itu makan kambing deh
duren via infokost.net
abis itu makan kambing deh
Kalau kamu udah gak bisa lagi milih tempat duduk karena telat pesen tiketnya, kamu masih bisa kok pake tips yang kedua ini. Yaitu kamu perhatiin aja apa yang kamu konsumsi sebelum dan selama perjalanan. Akan lebih baik kalau kamu gak makan berlebihan ketika kamu akan menempuh perjalanan jauh. Soalnya ketika dalam perjalanan, badan kamu itu akan mengalami goyangan yang lebih sering dan kadang gak terduga gitu. Terus bayangin aja kalau perut kamu yang habis kamu isi penuh itu digoyang-goyangin. Yang ada malah bikin kamu ngerasa mual. Selain itu juga hindarin makanan yang pedes, berlemak tinggi dan yang baunya tajem. Sama jangan minum banyak-banyak, ntar kamu jadi sering kebelet pipis.

3. Jangan Banyak Membaca Selama Perjalanan

{source name="main hp" url="www.traveller.com.au"} kalo cakep bebas
main hp via traveller.com.au
kalo cakep bebas
Ada beberapa orang yang bilang, kalau kamu ngefokusin diri terhadap satu hal selama kamu dalam kendaraan maka kamu akan cepet mabuk perjalanan. Untuk itu lebih baik kamu gak usah sok baca buku lah ketika kamu mudik nanti. Gak usah juga main-mainin smartphone. Karena selain bisa bikin kamu mabuk perjalanan karena terlalu fokus sama satu hal, mainin smartphone sepanjang perjalanan itu juga bisa bikin kamu jadi lebih capek. Mending smartphone kamu digunain seperlunya aja. Lagian kalau kamu sering ngeluarin smartphone kamu dalam kendaraan umum, ntar berpotensi ada yang pengen lho. Kamu gak mau kan smartphone kamu diambil sama orang. Makanya gak usah dipamer-pamerin lah.
Kalau kamu masih bingung pengen ngabisin waktu kamu selama diperjalanan, kamu masih bisa kok ngebaca-baca. Ngebaca isi hati orang-orang yang ada di deket kamu gitu. Siapa tau yang duduk di deket kamu ada yang cakep dan bisa kamu godain. Cieee. Tapi kalau yang duduk di sekitaran kamu itu adalah para oom-oom, selamat deh. Perjalanan kamu bakalan awesome.

4. Hindarin Duduk Sebelahan Sama Orang yang Sering Mabuk Perjalanan

{source name="mabora" url="www.eonline.com"} ini mabuknya beda deh
mabora via eonline.com
ini mabuknya beda deh
Apa mau dikata, mabuk perjalanan itu buat sebagian orang katanya bisa nular lho. Jadi kalau yang di sebelahnya udah mual dan muntah, dianya juga bisa ikutan muntah-muntah juga. Gampang kelihatan kok temen duduk kamu itu nantinya berpotensi mabuk apa enggak. Nah kalau kamu masih bisa milih tempat duduk, mending kamu hindarin deh duduk bersebelahan sama orang yang suka mabuk perjalanan. Tapi kalau kamu udah gak bisa lagi milih tempat duduk ya nikmatin aja. Mendingan kamu bawa masker deh, terus balurin masker kamu sama minyak putih atau apa gitu biar bisa meminimalisir bau muntahan orang di sebelah kamu. Atau mending kamu tidur aja sekalian supaya kamu gak perlu menyaksikan peristiwa mabuknya orang di sebelah kamu.

5. Tidur

{source name="tidur" url="hdwallpapersrocks.com"} gak tidur di situ juga kaleee
tidur via hdwallpapersrocks.com
gak tidur di situ juga kaleee
Kalau kamu gak pengen mabuk kendaraan selama perjalanan mudik, mendingan kamu tidur aja deh. Soalnya dengan tidur kamu itu bisa meminimalisir efek mabuk kendaraannya. Udah gitu begitu sampe di tempat tujuan, kamu juga akan ngerasa lebih seger dan bersemangat. Tapi inget sebelum kamu memutuskan buat tidur selama dalam perjalanan, pastiin dulu barang bawaan kamu aman terkendali. Apalagi kalau kamu pulang mudiknya sendirian. Makanya cepetan cari pasangan gih biar pulang mudik tahun depannya kamu ada yang nemenin.
Kamu sendiri biasanya ngapain biar gak mabuk selama dalam perjalanan? Jangan bilang biar gak mabuk itu kamu minum air kelapa ijo ya. Itu mah beda urusannya. Btw kamu udah pesen tiket buat mudik nanti kan? Kalau belum coba curhat aja di kolom komentar. Siapa tau ada yang satu arah sama kamu dan mau ngajakin kamu mudik bareng.
 sumber foto utama
Previous
Next Post »