erita
11

5 Pulau Menakjubkan Buatan Manusia


Hampir setiap negara punya pulau-pulau cantik yang memiliki keindahan tersendiri. Bahkan pulau-pulau itu sering dijadikan destinasi utama bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Pulau-pulau itu dikelilingi oleh air dan terbentuk secara alami.
Tapi, ternyata tidak semua pulau itu terbentuk secara alami melainkan sengaja dibuat oleh manusia di negara tersebut. Hal itu dilakukan guna menarik wisatawan. Waah, negara mana saja yaa yang punya pulau buatan sendiri? Langsung aja kita simak yuk.

1. The World Islands, Uni Emirat Arab

Pulau buatan pertama ini berada di Uni Emirat Arab dan dibangun di Teluk Persia sekitar 4 kilometer di lepas pantai kota Dubai. Namanya adalah The World Island yang terdiri dari 300 pulau buatan manusia.
Bentuknya Seperti Peta Dunia
Bentuknya Seperti Peta Dunia [ImageSource]
Jika dilihat dari atas, pulau ini terdiri dari pulau-pulau kecil yang berdiri membentuk seperti peta dunia. Pulau ini dibuat dengan cara mengeruk perairan pantai yang dangkal. Pembuatannya dimulai pada tahun 2004 dengan biaya hampir 181 Triliyun Rupiah.

2. Palm Island, Uni Emirat Arab

Selanjutnya ada pulau bernama Palm Island. Pulau yang masih terbilang baru ini juga berada di lepas pantai Dubai, Uni Emirat Arab. Palm Island saat ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di negaranya.
Palm island
Bentuknya seperti palem sungguhan [Image Source]
Meski sama-sama berada di lepas pantai Dubai, akan tetapi bentuk dari kedua pulau ini jauh berbeda. Jika The World Islands berbentuk seperti peta dunia, sedangkan Palm Island berbentuk seperti pohon palem. Ya, sangat sesuai sekali dengan namanya.

3. Amwaj Islands, Bahrain

Masih di sekitar Teluk Persia, pulau buatan manusia selanjutnya bernama Amwaj Islands. Pulau ini tepatnya berada di sebelah timur laut Bahrain. Wilayahnya cukup luas, yakni mencakup 2.790.000 meter persegi.
Dengan Teknologi Terbaru
Dengan Teknologi Terbaru [ImageSource]
Kepulauan ini direklamasi dari laut yang cukup dangkal. Pulau ini juga memperkenalkan sejumlah teknologi baru seperti Geotubes pada tahap reklamasi, saluran limbah air vakum serta optik Smart City. Keren sekali bukan.

4. Ile Aux Cygnes, Perancis

Pulau buatan selanjutnya berlokasi di Perancis, namanya Ile Aux Cygnes. Pulau yang memiliki tiga buah jembatan penyeberangan ini dibangun untuk melindungi pelabuhan Grenelle sejak tahun 1827 silam.
Terdapat Tiga Buah Jembatan Penghubung
Terdapat Tiga Buah Jembatan Penghubung [ImageSource]
Meski ukurannya tidak terlalu besar, pulau ini sangat unik. Di sana terdapat sebuah replika patung Liberty yang berdiri dengan tegaknya. Patung itu tepat menghadap ke arah patung Liberty yang asli, yang berlokasi di New York.

5. The Thums Island, Amerika Serikat

Amerika Serikat juga mempunyai pulau buatan yang tak kalah menakjubkan. Pulau ini bernama The Thums Island yang dibangun pada tahun 1965 di lepas pantai Long Beach, California. Kepulauan ini dioperasikan oleh sebuah konsorsium yang dibangun atas persetujuan Texaco, Humble Oil, Union Oil, Mobil Oil dan Shell Oil.
Pintunya Dipagari Batu Dari Pulau Catalina
Pintunya Dipagari Batu Dari Pulau Catalina [ImageSource]
The Thums Island berfungsi sebagai gerbang pembuka untuk memasuki lahan penambangan East Wilmington. Sebagai pembatasnya, pintu pulau buatan ini dipagari oleh 640.000 ton batu dari Catalina Island.
Itulah tadi beberapa pulau indah nan menakjubkan yang ternyata adalah buatan manusia. Tertarikkah kamu mengunjungi pulau-pulau ini? Jika iya, rasanya kamu harus menyiapkan budget yang cukup besar nih readers.
Previous
Next Post »