erita
11

5 Klub yang Harus Kamu Coba Mainin di Football Manager 2015


Kalau kamu bingung mau mainin game apaan sekarang ini, gak ada salahnya kamu mainin game yang paling nyandu buat para penggila bola, apalagi kalau bukan Football Manager 2015. Secara kompetisi-kompetisi sepakbola di berbagai penjuru dunia terutama di Eropa kan udah pada selesai dan musim yang baru juga belum mulai, jadi mendingan kamu mainin aja yang versi 2015. Terus kalau kamu pengen ngerasain tantangan lebih pas mainin Football Manager 2015, mungkin kamu bisa cobain ngehandle beberapa klub berikut ini.

1. Parma

{source name="parma" url="www.calciofication.com"} masa keemasan
parma via calciofication.com
masa keemasan
Buat kamu yang ngerti beneran tentang sepakbola dan bukan fans karbitan, kamu mesti nyobain ngelatih Parma FC. Soalnya klub yang dulu pernah disebut sebagai salah satu dari seven magnificentnya Serie A ini mengalamin musim yang buruk tahun ini. Gimana enggak, Parma yang dulu pernah ngorbitin Gianluigi Buffonsama Fabio Cannavaro, musim ini harus terdegradasi ke Serie B. Salah satu penyebabnya adalah mereka mendapatkan sanksi pengurangan poin karena gak bisa bayarin gaji para pemain dan staf. Udah gitu pada bulan Maret kemaren, Parma juga resmi dinyatain bangkrut. Puncaknya adalah ketika pada tanggal 22 Juni 2015 kemaren, Parma gak bisa memenuhi deadline untuk ngedapetin investor baru yang bisa ngelunasin hutang-hutang mereka. Akibatnya musim depan Parma harus merangkak dari Serie D yang merupakan liga non-profesional. Ya, Parma resmi jadi klub amatir!
Nah biar liga Italia Serie A tetep semarak dengan kehadiran seven magnificentnya, kamu harus banget nyelametin Parma meskipun cuma di dunia virtual. Maksimalin tuh talenta dari Jonathan Biabiany, Ishak Belfodil, Cristobal Jorquera samaAntonio Mirante buat survive di Serie A. Terus jangan biarin Antonio Cassanopergi free transfer di bulan Januari. Buktiin kamu adalah seorang manager hebat yang bisa membuat Parma bertahan di Seri A sambil ngelunasin semua utang-utangnya.

2. Hamburg SV

{source name="hamburg" url="mainjitu.com"} pantang menyerah
hamburg via mainjitu.com
pantang menyerah
Hampir mirip sama yang dialami Parma, Hamburg SV juga ngalamin musim yang gak enak. Gimana enggak, Hamburg yang merupakan satu-satunya klub Bundesliga yang belum pernah terdegradasi, musim ini harus finish di posisi ke-16. Selanjutnya mereka mesti berjuang lewat babak play-off ngelawan klub divisi dua liga Jerman,Karlsruhe. Apalagi leg keduanya penuh drama gitu. Ketinggalan 1-0 menjelang menit ke-90, Hamburg akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat free kickMarcelo Díaz di menit-menit akhir injury time. Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak extra time. Di babak ini kedua tim bermain sama kuat sehingga banyak orang mikir bakal berakhir dengan adu penalti. Eh babak kedua extra time kurang dari empat menit, Nicolai Muller bikin gol buat Hamburg. Terus kurang dua menit giliran Karlsruhe dapet hadiah tendangan penalti karena ada pemain Hamburg yang handball. Tapi akhirnya Rene Adler tampil heroik dengan ngagalin penaltinya Rouwen Hennings yang bikin Hamburg SV tetep bertahan di Bundesliga musim depan.
Kalau di Football Manager 2015 kamu berani ngelatih Hamburg tuh tantangannya udah kelihatan jelas sejak awal musim. Begitu kamu jadi pelatihnya HSV, kamu bakal nemuin fakta pahit karena kamu gak punya uang buat belanja pemain. Terus anggaran buat gaji pemain juga berwarna merah yang artinya minus. Mau gak mau kamu harus maksimalin skuad yang ada seperti Heiko Westermann, Marcell Jansen, Valon Behrami, Johan Djourou dan Lewis Holtby. Terus kamu juga bisa kembangin bakat-bakat muda macam Pierre-Michel Lasogga, Maximilian Beister, Cleber sampai Matthias Ostrzolek. Cuman masalahnya, punya nyali gak kamu?

3. AC Milan

{source name="ac milan" url="superbet999.com"} generasi baru
ac milan via superbet999.com
generasi baru
Andaikan kamu emang gak bernyali buat menangani sebuah klub yang punya keterbatasan finansial, mungkin kamu bisa nyobain  buat jadi managernya AC Milan aja. Secara kemampuan keuangan Milan bisa dibilang jauh lebih baik daripada Hamburg SV. Jadi kamu masih punya ruang buat masukin pemain kesayangan kamu. Lha terus tantangannya dimana? Kalau kamu memilih buat jadi juru taktiknya AC Milan, tantangan kamu adalah ngebangun sebuah generasi Milan yang baru. Soalnya sejak ditinggal sama Carlo Ancelotti, Milan tuh kayak jadi tim yang gak punya jati diri gitu. Apalagi dalam setahun terakhir AC Milan juga udah empat kali ganti pelatih. Ya moga-moga aja kamu kuat mental dalam menghadapi tekanan dariSilvio Berlusconi selaku pemilik klub.
Eh tapi kalau kamu berani ambil tantangan di Milan, kamu lumayan terberkati sih dengan banyaknya bakat-bakat muda macam Mattia Valoti, Simone Ganz, Bryan Cristante, Gianmario Comi, Simone Verdi, Andrea Petagna, Giancomo Beretta, Riccardo Saponara, dan M'Baye Niang. Tapi dalam kenyataannya mereka semua dibuang ke klub lain sama Filippo Inzaghi, managernya Milan di dunia nyata. Sekarang tinggal kamu aja, berani gak ngasih pemain-pemain muda tadi kesempatan buat nambah jam terbang. Di sisi lain, kamu juga harus ngejaga posisi kamu di klasemen biar gak dipecat.

4. Borussia Dortmund

{source name="dortmund" url="www.bvb.de"} kenangan manis
dortmund via bvb.de
kenangan manis
Mungkin kamu merasa keberadaan Silvio Berlusconi di jajaran direksi Milan itu terlalu gak sabaran dan kurang ngasih waktu buat para pelatihnya. Atau mungkin juga kamu anti-Milan dan gak suka sama sepakbola Italia. Nah kalau kasusnya kayak gitu kamu mending pegang Borussia Dortmund ajah. Kisah Borussia Dortmund musim ini juga sebelas duabelas sama ceritanya Milan. Sama-sama nyangkut di papan tengah. Tapi Dortmund malah lebih parah karena di awal musim mereka justru sibuk ngelepasin diri dari zona degradasi. Padahal musim ini Dortmund udah mulangin pemain-pemain mereka yang sempet kelayapan ke klub-klub lain sepertiShinji Kagawa dan Nuri Sahin.
Btw kalau kamu lihat materi yang ada di skuadnya Dortmund, sebenernya udah termasuk gahar punya sih. Soalnya di situ bercokol nama-nama besar kayak Ilkay Gundogan, Marco Reus, Mats Hummels, Sven Bender, Ciro Immobile sampaiHenrikh Mkhitaryan. Cuma kalau kamu gak suka sama nama-nama tersebut, ya tinggal kamu jual-jualin aja semua. Karena toh nilai pasaran mereka juga masih tinggi di bursa transfer. Jadi ntar duit hasil penjualan mereka itu bisa kamu gunain untuk ngebangun Dortmund versi kamu sendiri. Jaman Jurgen Klopp mah lewat.

5. Athletic Bilbao

{source name="bilbao" url="www.foxsports.com"} ayo bosqu
bilbao via foxsports.com
ayo bosqu
Bicara tantangan dalam menangani sebuah klub sepakbola mah gak akan lengkap kalau kamu gak nyobain Athletic Bilbao. Secara Athletic Bilbao itu punya tradisi yang kuat dalam mencari pemain muda yang bakalan membela klub mereka. Yaitu mereka cuma mencari pemain yang berasal dari wilayah Basque. Ataupun kalau mereka sampe ngebeli pemain dari klub lain, sang pemain juga harus kelahiran Basque, kayak Joseba Etxeberria dan Javi Martínez. Nah PR banget kan kamu sebagai managernya. Selain harus mengangkat prestasi klub yang cenderung stabil di papan tengah, kamu juga harus jeli dalam ngebeli pemain. Kalau sampe salah beli, rusak deh tradisi Basquenya Athletic Bilbao cuma gara-gara kamu. Tapi bekal kamu sebagai manager juga udah cukup lumayan lah dengan adanya bakat-bakat muda semacam Ander Iturraspe, Iker Muniain, Mikel San Jose, Oscar de Marcosdan Jon Aurtenetxe. Tinggal pinter-pinter aja cari pemain buat regenerasi.
Gimana? Berani gak terima tantangannya MBDC? Atau mungkin kamu merasa ada klub-klub lain yang lebih menantang buat dimainin di Football Manager 2015? Coba kasih tau di kolom komentar dong.
Previous
Next Post »