erita
11

10 Ular ini, Mati Justru Karena Menelan Mangsanya Sendiri

Kita semua tahu apa itu ular. Binatang melata, panjang, reptil, dan merupakan binatang pemakan daging atau karnivora. Binatang ini sudah jadi objek yang dipandang menyeramkan untuk banyak orang, tapi ada juga yang hobi mengoleksi binatang melata ini.


Banyak spesies ular punya tengkorak kepala dengan banyak sendi. Dengan kelebihannya ini, ia bisa menelan mangsa yang ukurannya jauh lebih besar dari kepala mereka. Rahang mereka juga sangat mudah digerakkan sehingga ia tidak akan kesulitan memangsa binatang besar. Tapi untuk beberapa kasus berikut ini, sepertinya mereka memangsa binatang yang salah.

1. Piton Mati Setelah Makan Landak

Seekor ular hampir sepanjang 4 metar ditemukan tewas setelah jatuh dari bebatuan sempit di Lake Eland Game Reserve di Afrika Selatan. Jatuhnya ular ini dipercaya memicu duri landak menusuk organ pencernaan si ular, meski penyebab kematian ular ini sendiri memang masih belum diketahui.
Piton Mati Setelah Makan Landak [Image Source]
Piton Mati Setelah Makan Landak [Image Source]
Saat diotopsi, ular tersebut ternyata memang baru saja memakan landak seberat 13,8 kg. Setelah landak tersebut dikeluarkan, terlihatlah bahwa organ dalam ular tersebut memang sudah tertusuk dengan puluhan duri tajam landak.

2. Piton Makan Domba Hamil

Ular piton yang satu ini sepertinya memang sedang sangat kelaparan. Ular dengan panjang 5,5 meter ini memilih untuk makan seekor domba betina yang sedang hamil. Namun mangsa tersebut rupanya terlalu besar untuknya hingga ia akhirnya tidak bisa bergerak.
Piton Memuntahkan Domba yang Dimakannya [Image Source]
Piton Memuntahkan Domba yang Dimakannya [Image Source]
Pada tahun 2006, pemadam kebakaran di desa Kampung Jabor, Malaysia dihubungi dan diminta untuk memindahkan ular tersebut. Gara-garanya, ular dengan perut menggelembung besar itu terlalu kekenyangan dan tidak bisa merayap pergi. Karena ia tiba-tiba ditangkap untuk dipindahkan, ular tersebut memutuskan untuk memuntahkan kembali mangsanya yang sudah mati tersebut.

3. Lipan yang Dimakan Hidup-Hidup Mengigit Ular Untuk Bisa Keluar Dari Perut Ular

Tahun 2013, seekor ular berbisa ditemukan tewas dengan kepala lipan yang mengintip dari tubuh ular tersebut. Meski berukuran lebih kecil, lipan tersebut berukuran sedikit lebih besar dengan berat 4,8 gram, sedangkan ular viper tersebut memiliki berat 4,2 gram.
Lipan Memakan Isi Perut Ular [Image Source]
Lipan Memakan Isi Perut Ular [Image Source]
Dari hasil penemuan tersebut, ular yang malang itu kemungkinan menelan hidup-hidup lipan tersebut kemudian memakan organ tubuh si ular untuk bisa membebaskan diri. Setelah dilakukan pembedahan, hanya dinding perut si ular yang masih utuh, jadi lipan tersebut telah merusak organ tubuh ular. Saat ditemukan, lipan tersebut sudah memenuhi seluruh bagian tubuh ular viper tersebut.

4. Piton yang Sobek Setelah Makan Aligator

Ular Piton Burma sepanjang 4 meter yang tinggal di Everglades National Park ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan. Ia ditemukan dengan perut yang sobek dengan sebagian tubuh aligator yang mencuat dari perutnya yang sobek tersebut.
Piton yang Sobek Setelah Makan Aligator [Image Source]
Piton yang Sobek Setelah Makan Aligator [Image Source]
Peneliti kehidupan liar di taman nasional tersebut menemukan piton yang sudah tanpa kepala tersebut pada Oktober 2005 yang rupanya baru saja mencoba memakan seekor aligator sepanjang 2 meter. Aligator yang masih utuh tersebut ditemukan mencuat di lubang pada bagian tengah tubuh piton.

5. Ular Mati Setelah Gagal Mencerna Babi

Warga Julatten, Neil McDougall sedang mencari jamur di halaman rumahnya. Ia kemudian menemukan ular piton sepanjang 4,5 meter. Menurut Neil, perutnya sangat membesar dan kemungkinan telah memakan sesuatu yang besar.
Ular Mati Setelah Gagal Mencerna Babi [Image Source]
Ular Mati Setelah Gagal Mencerna Babi [Image Source]
Menurut para ahli, ular tersebut kemungkinan meninggal karena usus yang terlalu besar akibat makan makanan yang besar. Kaki seekor wallby atau babi kecil kemungkinan menusuk usunya hingga berlubang.

6. Piton Mati Setelah Menelan Kucing

Suatu hari, Francis Bakvis mencium bau aneh dari halaman rumahnya. Ia kemudian menemukan seekor ular mati dengan perut yang menggembung besar dan berusaha memindahkan mayat ular tersebut. Di saat yang sama, Francis Bakvis kehilangan kucingnya selama 3 hari.
Piton Mati Setelah Menelan Kucing [Image Source]
Piton Mati Setelah Menelan Kucing [Image Source]
Saat memindahkan ular tersebut, barulah ia sadar bahwa kucingnya yang telah hilang selama 3 hari ternyata dimakan oleh ular tersebut. Mayat kucing berusia 16 tahun tersebut terlihat mengintip dari tubuh ular yang mulai membusuk.

7. Piton Makan Rusa Dewasa

Pada Kamis, 27 Oktober 2011, pekerja Water Management District di Florida Selatan menemukan ular sepenjang 4,8 meter dengan perut yang besar. Ular tersebut kemudian ditangkap dan dipindahkan ke Everglades National Park.
Piton Makan Rusa Dewasa [Image Source]
Piton Makan Rusa Dewasa [Image Source]
Piton tersebut kemudian terbunuh di taman tersebut setelah ia memakan seekor rusa dewasa. Rusa dewasa yang ia makan seberat 34,5 kg, yang akshirnya juga menjadi makanan terakhir ular piton tersebut.

8. Ular Menelan Selimut Listrik

Ular sepanjang 3,5 meter mengalami masalah setelah memakan selimut elektrik berukuran queen size lengkap bersama kabel listrik dan kotak kontrol. Kawat dalam selimut tersebut memanjang hingga 2,5 meter di dalam tubuh ular berukuran 27 kilogram ini.
Ular Menelan Selimut Listrik [Image Source]
Ular Menelan Selimut Listrik [Image Source]
Menurut pemilik ular tersebut, Karl Beznoska, selimut tersebut mungkin tersangkut pada seekor kelinci yang menjadi makanan ular peliharaan tersebut. Selimut itu sendiri berada di kandang ular yang diberi nama Houdini itu untuk menjaga agar si ular tetap hangat. Tapi akhirnya gara-gara barang tersebut, ia harus menjalani operasi untuk menyelamatkan nyawanya.

9. Ular Bertarung Melawan Ular Karena Berebut Mangsa Malah Dimakan

Oke, akan sedikit sulit menceritakan kisah berikut ini karena keduanya sama-sama ular piton. Jadi mari kita sebut sebagai piton A dan piton B. Piton A menemukan mangsa yaitu seekor tikus dan barusaha memangsanya. Tiba-tiba, datang piton B yang hendak mencuri mangsa piton A.



Piton B kemudian menantang piton A agar bisa memakan tikus tersebut. Tapi ternyata, ia akhirnya justru memutuskan untuk memakan piton A saja. Mungkin ia merasa makan piton adalah pilihan yang lebih baik.
Itu tadi beberapa kisah tentang ular yang salah makan. Mungkin ular-ular ini perlu belajar untuk memakan binatang yang tidak terlalu besar. Dengan demikian ia tidak akan mati konyol karena mangsanya sendiri.
Previous
Next Post »