erita
11

10 Situs Warisan Budaya Dunia Terbaru UNESCO 2015


Situs Warisan Budaya Dunia atau World Heritage Site adalah sebuah area alami, atau buatan manusia atau sebuah struktur yang memiliki peran penting dalam dunia. Situs ini memberikan sebuah sumbangan pada dunia dalam perkembangan umat manusia pada khususnya. Selain itu situs ini butuh perlindungan karena jika sampai hilang makan selamanya akan musnah dan tidak dapat dikembalikan lagi.

Indonesia memiliki beberapa situs warisan budaya dunia, antara lain Borobudur, Prambanan, hingga Pulau Komodo. Jumlah ini masih sedikit dibanding negara lain seperti Italia dan China. Tahun 2015 ini diadakan pertemuan penetapan beberapa situs dunia yang masuk ke dalam golongan situs budaya yang wajib dilindungi. Inilah beberapa situs yang ditambahkan ke dalam situs warisan budaya dunia, mari kita simak bersama-sama.

1. Gudang Bersejarah Terbesar di Hanburg, Jerman. Berisi bangunan kuno dari batu bata, kanal-kanal air dan juga jembatan yang tak kalah kuno.

Gudang Bersejarah di Hanburg, Jerman [image source]
Gudang Bersejarah di Hanburg, Jerman [image source]

2. Pulau Benteng Pertahanan di Gunkanjima, Nagasaki. Kota yang digunakan sebagai pertanda revolusi industri pada abad ke-19.

Pulau benteng, Jepang [image source]
Pulau benteng, Jepang [image source]

3. Ladang Anggur, Perancis. Sebagai situs yang memproduksi minuman paling tua di dunia, Wine.

Ladang Anggur Perancis [image source]
Ladang Anggur Perancis [image source]

4. Kuburan Kuno Beth She’arim, Israel. Dibangun sejak abad ke-2 masehi dan pernah digunakan sebagai perkuburan massal orang Yahudi.

Kuburan Kuno, Israel [image source]
Kuburan Kuno, Israel [image source]

5. The Diyarbakir Fortress dan Hevsel Gardens, Turki Timur. Sebuah situs yang berisi bangunan kuno bukti Roma pernah menduduki daerah ini.

The Diyarbakir Fortress, Turki [image source]
The Diyarbakir Fortress, Turki [image source]

6. Kota Kuno Susa, Iran. Situs kota kuno terbesar di dunia.

Kota Kuno Susa, Iran [image source]
Kota Kuno Susa, Iran [image source]

7. Jembatan Forth, Skotlandia. Jembatan paling tua yang dibangun pada tahun 1890 dan masih digunakan untuk penyebrangan kereta hingga sekarang.

The Forth Bridge, Skotlandia [image source]
The Forth Bridge, Skotlandia [image source]

8. Gunung Besar Khaldun, Mongolia. Tempat Genghis Kan lahir dan dikebumikan.

The great Khaldun Mountain, Mongolia [image source]
The great Khaldun Mountain, Mongolia [image source]

9. Situs Tusi, China. Tempat para etnik Tusi berjuang untuk mendapatkan kesetaraan akan suku minoritas.

Situs Tusi, China [image source]
Situs Tusi, China [image source]

10. Taman Botani, Singapura. Taman botani terbesar di Singapura yang digunakan untuk tempat studi botani terbaik di dunia. Dibangun 1859 dan masih bertahan hingga sekarang.

Taman Botani Singapura [image source]
Taman Botani Singapura [image source]
Sepuluh situs di atas adalah warisan baru yang dunia ini miliki untuk dilindungi sampai kapan pun. Semoga situs budaya serupa di Indonesia bisa dilindungi dengan baik. Salah satunya adalah hujan tropis Sumatra yang kini nasibnya kian mengerikan. Melindungi warisan dunia artinya melindungi masa depan kita semua!
Previous
Next Post »