erita
11

10 Pintu Gerbang Menuju Dunia Mitologi



Pintu masuk ke taman Hesperides dikatakan berada di Lixus, sebuah kota di Maroko. Dahulu merupakan sebuah kota Romawi yang ramai, namun sekarang hanya reruntuhan. Lokasi taman disebutkan dalam sebuah teks yang berasal dari Helenistik Yunani, namun lokasi lainnya juga telah diusulkan, termasuk Cyrene dan salah satu pulau di lepas pantai Libya.

2Newgrange
gerbangmitos2
Newgrange adalah sebuah makam besar yang dibangun di Irlandia lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Ini bukan hanya makan yang mengesankan tetapi juga merupakan salah satu pintu masuk ke dunia akhirat Celtic. Menurut mitologi Celtic, para dewa melakukan perjalanan bolak-balik antara alam duniawi dan dunia mereka sendiri melalui makam yang sudah dikuduskan seperti Newgrange.
Dianggap juga sebagai pintu masuk ke ruang pesta megah untuk Lords of Light, ada persediaan makanan dan minuman yang tidak terbatas serta pohon ajaib yang terus membuahkan hasil. Mitologi tertua mengatakan Newgrange sebagai rumah untuk sumur yang merupakan sumber segala hikmat di dunia. Pohon di dekat sumur menjatuhkan benih mereka ke dalam sumur, yang bertujuan untuk mengirim pengetahuan mereka ke dalam dunia manusia.
Penghuni lain yang terkait dengan Newgrange adalah Dagda, salah satu yang tertua dari para dewa Irlandia, yang berhubungan dengan pengetahuan, Matahari, dan langit. Ia dipercaya menjaga makan Newgrange sampai hari ini.

1Scholomance
gerbangmitos1
Scholomance adalah sekolah sihir yang keberadaannya hanya diketahui melalui cerita rakyat Rumania sampai akhirnya diabadikan oleh seorang penulis Inggris bernama Emily Gerard. Menurut Gerard, Scholomance hanya menerima 10 murid untuk satu kurikulum, yang diajarkan oleh iblis secara pribadi. Mereka belajar semua mantra dan trik-trik nya, termasuk berkomunikasi dengan hewan dan mengendalikan cuaca. Setelah kurikulum selesai, hanya sembilan siswa dibebaskan. Yang terakhir disimpan oleh iblis sebagai ganti pembayaran sekolah, yang lalu menunggang naga yang tidur di bawah danau untuk selanjutnya membantu iblis untuk mempersiapkan petir.
Scholomance versi Gerard sedikit berbeda dari versi tradisional Rumania. Dalam cerita rakyat Rumania, sekolah itu disebut Solomanari, dan itu terletak di sebuah dunia yang sejajar dengan kita sendiri, seperti parallel universe. Setelah membaca karya Gerard, Bram Stoker menggunakan ide dari Scholomance di filmnya yang berjudul Dracula untuk menjelaskan bagaimana keluarga Dracula belajar keterampilan setan mereka.
Danau di mana iblis naga itu tidur dan sekolahnya disebut berada di Pegunungan Carpathian dekat Hermanstadt, yang sehari-hari disertai dengan badai petir. Mereka yang mencari danau tersebut akan tahu bahwa mereka sudah menemukannya ketika mereka melihat tugu-tugu batu yang menghiasi pesisir danau. Tugu-tugu batu tersebut adalah wisatawan malang yang tertimpa oleh petir iblis.
Previous
Next Post »