erita
11

10 Patung Raksasa Ikon Dunia


Patung merupakan salah satu karya seni pahatan yang paling menakjubkan di Dunia, sejumlah patung yang dibangun di berbagai negara memang secara filosofi memiliki makna tersendiri bagi negara tersebut, tak mengherankan jika patung-patung tersebut dianggap melambangkan suatu negara secara ikonik. Mulai dari patung yang dipercaya sebagai bentuk ritual ataupun yang ditujukan sebagai objek pariwisata, berikut daftar 10 patung raksasa ikon Dunia:

The Merlion Sentosa, Sentosa – Singapura

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - The Merlion Sentosa
Salah satu dari kita pasti pernah menyaksikan patung yang satu ini, entah melalui televisi atau melihat secara langsung, patung yang dijadikan sebagai bentuk promosi dan sebagai tempat pariwisata di Negara Singapura ini, memang sangatlah ikonik untuk Negara tersebut. patung yang diberi nama“The Merlion of Sentosa”, patung yang satu ini sudah menjadi perhatian yang menarik bagi para turis dan pelancong di berbagai belahan dunia. Patung yang berlokasi di pulau resort populer Singapore yaitu Pulau Sentosa itu memiliki ukuran tinggi 37 m. Anda pun dapat menyaksikan patung Merlion lainnya namun dengan ukuran lebih kecil pada berbagai kota di Singapura.
Merlion, yang menurut kepercayaan warga Singapura adalah sosok makhluk mitologi yang digambarkan memiliki wujud tubuh setengah singa dan setengah ikan. Merlion yang dipercaya sebagai mahluk melambangkan kemakmuran itu hingga kini masih dipercaya sebagai simbol pelindung kemakmuran bagi Negara Singapura. Menurut legenda setempat dikatakan bahwa Sosok Merlion tersebut akan mengunjungi Sentosa pada setiap tahunnya dan pernah diceritakan bahwa pada suatu malam terjadi badai sangat besar yang melanda pulau tersebut dan sosok mahluk Merlion tersebutlah yang dianggap melawan badai besar tersebut dengan kekuatan magisnya dan menyelamatkan pulau tersebut dari sapuan badai.

Mount Rushmore Monument – South Dakota, AS

10 Patung Raksasa Ikon Dunia -Mount Rushmore Monument
Patung yang dibuat dari pahatan dan berlokasi di Gunung Rushmore, AS itu mungkin memang tidak terlihat sebesar ataupun setinggi patung-patung lain yang ada dalam daftar 10 patung raksasa ikon Dunia ini, tetapi patung di pahat tersebut tidak kalah ikonik dibandingkan dengan patung pahatan yang ada di berbagai belahan dunia. Patung itu sendiri merupakan hasil pahatan yang menggambarkan wajah para Presiden Amerika dahulu yang diantaranya adalah Abraham Lincoln, Thomas Jefferson, George Washington, dan Theodore Roosevelt.
Dan yang lebih mengagumkan lagi adalah untuk memahat ke semua patung tersebut tentu bukanlah pekerjaan yang mudah, patung yang memiliki ukuran tinggi 18,3 m itu membutuhkan rentan waktu 14 tahun agar muka yang dipahat tersebut dapat terlihat lebih mirip. Mulai dengan menggunakan dinamit atau bahan peledak hingga 400 orang pekerja serta ahli pahat patung dikerahkan, tak heran jika patung yang terpahat di atas  gunung itu menjadi patung terkenal di Amerika dan Dunia.

Christ The Redeemer – Rio de Janeiro, Brasil

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - Christ The Redeemer
Patung “Christ The Redeemer” atau yang biasa disebut Christo Redentor adalah sebuah patung Yesus yang berdiri tegak di atas sebuah bukit berlokasi di Rio de Janeiro, Brasil atau yang lebih tepatnya pada puncak Gunung Corovado. Di atas puncak gunung tersebut Anda pun bisa menyaksikan panorama Rio de Janeiro yang mulai dari pelabuhan Guanabara sebelah Utara hingga sampai Lagoa Rodrigo de Freitas sebelah Selatan. Patung yang melambangkan nilai religius ini memiliki ukuran tinggi 30 m ukuran tersebut belum ditambah dengan bangunan yang berada dibawah kaki patung tersebut yang mempunyai ukuran 9.5 m sehingga ketinggian total patung tersebut adalah 39.6 m.
Pemandangan indah serta patung Yesus yang berada diatas puncak tersebut memang mengagumkan, hal tersebutlah yang menyebabkan patung yang satu ini menjadi terkenal, patung itu pun menjadi ikon bagi Negara Brasil.

Statue of Liberty – New York, USA

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - Statue Of Liberty
Anda pasti kenal dengan patung yang satu ini, saking terkenalnya patung tersebut masuk dalam jajaran 10 patung raksasa ikon Dunia, patung itu tak lain adalah The Statue of Liberty atau Patung Liberty, patung yang menurut sejarah berasal dari Perancis yang diberikan sebagai hadiah untuk merayakan deklarasi kemerdekaan Amerika adalah termasuk patung yang paling terkenal dan simbolik. Patung yang berdiri di Liberty Island, New York, USA, menggambarkan seorang wanita yang mengenakan pakaian sejenis garmen bergaya Roma, dengan mahkota di kepalanya dan sandal di kakinya, dimana kaki tersebut menginjak sebuah rantai yang sudah hancur, dengan membawa obor pada tangan kanannya dengan kitab hukum (tablet ansata).
Patung ini rampung dikerjakan bertempat di Negara Perancis pada tahun 1884 dan dibawa ke New York 1 tahun sesudahnya. Sampai saat ini patung yang setinggi 46 m (bila ditambah dengan tempat berdirinya maka berukuran 93 m) ini adalah patung yang sangat ikonik di USA, dan tidak hanya dikenal oleh warga Amerika saja namun oleh seluruh masyarakat di belahan dunia.

Great Sphinx of Giza – Giza, Mesir

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - Great Sphinx of Giza
Jika kita membicarakan tentang patung yang paling ikonik di dunia, maka sudah pasti patung yang satu ini sangat simbolik dari zaman dulu hingga sekarang, patung itu adalah “Great Sphinx of Giza” yang berada di Mesir. Sama seperti bangunan Piramida Besar Giza, patung Great Sphinx of Giza atau patung Sphinx tersebut adalah patung yang sangat ikonik dan simbolis dikarenakan sejarah yang panjang tentang keberadaan patung tersebut.
Sphinx yang termasuk kedalam situs peninggalan bersejarah di dunia adalah konon dianggap sebagai mahluk mistis yang digambarkan dengan rupanya yang berbadan singa dan berkepala manusia. Patung itu sendiri terletak di dataran tinggi Giza Mesir, patung raksasa yang dikenal di seluruh dunia tersebut Memiliki panjang 73,5 m, lebar 19,3 m, dan tinggi 20,22 m.

Laykyun Setkyar – Monywa, Myanmar

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - Laykyun Setkyar
Patung yang memiliki tinggi 116 meter ini adalah patung tertinggi kedua di dunia dan bila ditambah dengan tempat singasana ia berdiri (13,5 m) maka total tinggi patung ini 129 meter. Dibangun di atas bukit Po Kaung dekat desa Khatakan Taung, Monywa, Myanmar. Patung tersebut telah membuat para turis dari berbagai Negara yang penasaran untuk melihat secara langsung patung tersebut. patung raksasa yang dibangun dengan waktu 11 tahun memiliki 31 lantai di dalamnya yang sengaja dirancang untuk menggambarkan 31 alam kehidupan.
Jika patung Laykyun Setykar dikenal dengan patung Buddha berdiri maka pas di depannya terdapat patung Buddha lain yang tidak kalah ikonik yaitu patung Buddha berbaring.

Guan Yu of Yuncheng – Shanxi, Tiongkok

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - Guan Yu of Yuncheng
Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar nama Guan Yu atau Guan Gong, dia adalah seorang Jenderal ternama dari Tiongkok yang terdapat dalam novel Zaman Tiga Kerajaan (Romance of The Three Kingdom). Guan Yu yang lahir di Yuncheng merupakan saudara angkat Kaisar Liu Bei dari kerajaan Shu dan dirinya sering dikaitkan sebagai perlambangan kesetiaan, moral, serta kebenaran.
Dibangun pada tahun 2010, patung yang menggambarkan sosok dengan makna kepahlawanan itu memiliki ukuruan tinggi 61 meter, ukuran tinggi tersebut sengaja dipersamakan dengan usianya yang meninggal saat ia berumur 61 tahun dan bangunan dimana tempat patung itu berdiri (19 m) melambangkan umurnya saat ia meninggalkan Yuncheng.

Spring Temple Buddha – Henan, Tiongkok

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - Spring Temple Buddha
Inilah patung ikonik yang dinilai karena tingginya, Patung Spring Temple Buddha tepatnya. Patung ini memiliki ukuran tinggi total 128 m dan sudah termasuk lotus yang berada di bawahnya tetapi bila ditambah lagi dengan semua bangunan yang menjadi tempat berdirinya maka total tinggi patung tersebut 153 meter. Secara resmi memang itu termasuk patung tertinggi yang ada di dunia.
Patung Spring Temple Buddha adalah patung ikonik dan telah menjadi ciri khas yang terkenal di Tiongkok sehingga banyak turis dan para pelancong yang datang untuk menyaksikan langsung bagaimana menakjubkan dan tingginya patung tersebut.

The Motherland Calls – Volgograd, Rusia

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - The Motherland Calls
Patung The Motherland atau The Motherland Calls adalah sebuah patung raksasa yang berada di Rusia yang dibangun sebagai bentuk penghormatan atas Pertempuran Stalingrad, yakni perperangan yang terjadi antara Nazi Jerman dengan Uni Soviet demi memperebutkan kota Stalingrad (sekarang adalah Volgograd). Volgograd itu sendiri adalah sebuah pusat kota industri dan administratif di Rusia.
Patung yang pernah menjadi patung tertinggi di tahun 1967 adalah termasuk patung yang memiliki makna sejarah tersendiri dan inspiratif dengan tinggi 87 m, Patung di Rusia lainnya adalah Patung Peter the Great dengan tinggi 96 m.

Leshan Giant Buddha – Leshan, Tiongkok

10 Patung Raksasa Ikon Dunia - Leshan Giant Buddha
Patung yang ada sejak abad ke-8 ini adalah patung batu Buddha yang terbesar di dunia. Konon patung ini dibangun dari sebuah tebing raksasa yang dipahat oleh seorang biksu pada abad ke – 8 tersebut, patung yang mengahadap ke tiga aliran sungai serta Gunung Emei, adalah termasuk salah satu warisan dunia dan juga menjadi tempat spiritual para umat Buddha.
Dikisahkan pada saat patung ini dipahat, terdapat struktur kayu berlapis emas yang melapisi patung ini hingga 13 lantai namun itu telah hilang dikarenakan serangan Mongol pada masa itu. Patung mempunyai ukuran yang sangat besar dan memiliki tinggi 71 m. Patung yang dipahat seorang biksu tersebut sangat mengagumkan ditambah dengan sistem perairan cukup baik sehingga air hujan tidak merusak patung ini dan tidak mengherankan jika patung ini masuk dalam jajaran 10 patung raksasa ikon Dunia .
Previous
Next Post »