erita
11

10 Makanan Dengan Bau Menjijikkan

Komponen penting dari sebuah makanan adalah rasa yang enak, bentuk yang enak dipandang dan juga bau yang tercium nikmat. Jika ketiga komponen sederhana itu ada, maka sebuah makanan bisa dikategorikan sebagai makanan yang enak. Namun di beberapa daerah di dunia, makanan enak tak melulu soal aroma yang membuat liur kita seakan menetes, tapi justru membuat hidung kita rasanya tersiksa dengan parah.
Beberapa makanan yang akan anda saksikan di bawah ini ada yang memiliki aroma seperti kaus kaki yang sebulan tak diganti hingga bau toilet yang kotor. Langsung saja kita sajikan sebelas makanan dengan bau super menjijikkan yang mungkin harus anda coba jika ingin menguji nyali!

1. Century Egg, China

Century Egg adalah bentuk parah dari telur asin yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Prosesnya hampir mirip, hanya saja waktu pembuatannya bisa mencapai beberapa bulan. Telor ayam atau bebek yang masih mentah akan dibalut dengan tanah liat. Adonan ini dicampur dengan garam, abu, kapur tohor, dan bagian luar diberi sekam dari penggilangan padi. Setelah beberapa bulan, telur siap panen dan disajikan kepada penikmatnya.
Century egg [image source]
Century egg [image source]
Proses yang terjadi sangat lama membuat kuning telor menjadi hijau cenderung ke abu-abu. Putih telor menjadi warna coklat dan bertekstur seperti agar-agar. Bau yang ditimbulkan dari telor ini sangat mengerikan. Menyantap telor ini artinya anda  akan menghirup bau belerang super pekat bercampur dengan bau amonia yang akan menyulut hidung anda. Tertarik mencoba makan telur memabukkan ini?

2. Natto, Jepang

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang sering kali di makan saat sarapan. Natto dibuat dengan menggunakan kedelai dengan butiran kecil. Setelah mengalami perendaman dalam air, kedelai ini akan segera dikukus hingga matang. Setelah dingin, kedelai langsung ditaburi bakteri Bacillus subtilis hingga akhirnya terfermentasi sempurna. Natto yang baik akan memiliki semacam lendir yang membuat makanan ini sangat lengket.
Natto [image source]
Natto [image source]
Natto memiliki rasa yang sedikit aneh. Terlebih baunya sangat menyengat, percampuran antara kaos kaki yang lama tidak dicuci dan keju tua dengan bau menyengat. Orang Jepang senang memakan natto dengan nasi yang sangat panas, kadang ditambah kocokan telur mentah yang akan di tuang di atasnya. Meski memiliki aroma yang aneh ternyata natto memiliki manfaat yang banyak, terutama untuk kesehatan jantung dan peredaran darah, dan mencegah kegemukan.

3. Hongeo, Korea Selatan

Hongeo adalah makanan dari korea yang akan membuat kita pusing hanya mencium baunya saja. Hongeo adalah daging ikan laut yang dibuat fillet dan difermentasi selama beberapa hari hingga menghasilkan rasa super kuat dan aroma yang memabukkan. Memakan Hongeo sama halnya anda menjilat urinoir di toilet yang bau.
Hongeo [image source]
Hongeo [image source]
Meski dikenal sangat bau, makanan tradisional ini sangat diminati oleh penduduk lokal. Mereka bahkan menganggap jika semakin bau hongeo berarti semakin nikmat. Saat ini produksi hongeo masih dikerjakan secara tradisional oleh beberapa kelompok penduduk. Jangan coba-coba memakan hongeo jika anda tidak memiliki nyali yang sangat kuat.

4. Stinky Tofu, China

Stinky tofu atau tahu bau adalah tahu yang dibuat dengan fementasi berbulan-bulan. Tahu ini terbuat dari campuran susu yang difermentasi, sayuran dan juga daging. Semuanya dicampur hingga menjadi semacam bubur lalu dibiarkan selama berbulan-bulan sampai menjadi padat dan siap disajikan. Beberapa adonan tahu biasanya akan mencampurkan udang kering, sayuran hijau, rebung, dan rempah-rempah China.
Stinky Tofu [image source]
Stinky Tofu [image source]
Bau yang dihasilkan mirip sekali dengan bau selokan yang tersumbat. Orang yang memakan ini harus benar-benar menutup hidung mereka. Stinky tofu biasanya disajikan dalam bentuk sup, direbus, atau digoreng kering dan diberi saus sambal yang sangat pedas. Makanan ini banyak sekali dijual di jalanan, bahkan beberapa restoran juga menyajikan menu makanan dari bahan mengerikan ini.

5. Durian, Indonesia

Durian adalah salah satu jenis buah yang sangat disukai di Indonesia. Bahkan buah yang sering disebut sebagai King of Fruit ini sampai memiliki banyak sekali olahan. Rasanya yang nikmat dan bau yang menyengat membuat para penikmatnya ingin memakan tanpa berhenti. Tapi, tak semua orang mampu mengkonsumsi buah dengan kulit luar penuh duri dan tajam ini. Banyak orang menganggap durian adalah buah yang menjijikkan.
Durian [image source]
Durian [image source]
Bau yang keluar dari durian bisa membuat sebagian orang mabuk hingga ingin muntah. Beberapa orang bahkan mengalami pusing saat mengkonsumsi beberapa butir buah durian saja. Durian memiliki bau yang khas dan berbeda-beda di setiap buahnya. Bau yang kuat dan menyengat ini membuat durian dilarang masuk ke beberapa tempat umum karena berpotensi mengganggu orang.

6. Lutefisk, Negara Nordik

Lutefisk adalah makanan yang terbuat dari daging whitefish, cod, dan ling. Ikan ini dibelah dan dibuat kering terlebih dahulu dengan dijemur. Setelah kering ikan akan direndam dalam air selama enam hari dengan setiap sore diganti air baru. Setelah itu ikan dicuci dengan air dingin dan Iye (sodium hidroksida), setelah itu ikan direndam lagi selama dua hari hingga akhirnya memiliki tekstur kenyal seperti gelatin.
Lutefisk [image source]
Lutefisk [image source]
Ikan ini memiliki rasa seperti sabun dan bau tidak sedap, bahkan ada yang bilang baunya seperti cegukan kambing. Lutefisk dijual bebas di supermarket dan menjadi kesukaan warga di negara-negara Nordik.  Disajikan untuk lauk sehari-hari sebagai teman makan nasi. di restoran besar lutefisk bahkan dibuat menjadi semacam steak yang mahal.

7. Surströmming, Swedia

Surströmming adalah makanan dengan tingkat bau super menyengat. Bahkan salah satu peneliti dari Jepang mengatakan jika bau yang keluar saat kaleng surströmming dibuka adalah bau terbusuk dari makanan yang pernah ada. Beberapa orang yang menerima tantangan untuk memakan surströmming langsung muntah-muntah dan tidak mau mencoba makanan mengerikan ini.
Surstromming [image source]
Surstromming [image source]
Surströmming terbuat dari fermentasi ikan haring yang ditaruh dalam kaleng selama enam bulan. Fermentasi dilakukan dengan menambahkan garam dan beberapa campuran lain yang membuat ikan tidak membusuk. Rasa surströmming sangat asin dan sedikit asam. Mengkonsumsi makanan ini artinya anda memasukkan bau terbusuk ke dalam mulut. Mengerikan!

8. Hakarl, Islandia

Hakarl adalah makanan dari Islandia yang membuat banyak orang ingin muntah. Meski begitu, pemerintah Islandia justru membuat hakarl menjadi makanan khas negara. Serem! Hakarl yang sangat bau ini terbuat dari daging ikan hiu yang sebelumnya difermentasi. Setelah dilakukan fermentasi, ikan ini akan digantung di sebuah ruangan selama enam bulan hingga kandungan racun di dalam daging lenyap.
Hakarl [image source]
Hakarl [image source]
Orang Islandia tidak memakan daging hiu mentah karena ikan ini beracun. Untuk itulah akal dibuat. Popularitas makanan mengerikan ini membuat penasaran chef kelas dunia ingin mencoba. Chef terkenal Anthony Bourdain mengatakan jika hakarl adalah makanan paling parah, jorok dengan rasa yang mengerikan! Wow, tertarik mencoba daging ikan hiu ini?

9. Kusaya, Jepang

Kusaya adalah makanan bau lain dari Jepang selain Nato. Makanan ini adalah ikan yang dikeringkan dan dikonsumsi dengan sake. Kusaya memiliki bau yang sangat keras, bahkan sanggup membuat kita ingin muntah, ditambah rasa yang sangat asin. Hanya orang lokal yang mampu mengkonsumsi ikan kering ini.
Kusaya [image source]
Kusaya [image source]
Kusaya dibuat menggunakan ikan makarel dan ikan terbang. Ikan ini dicuci dengan bersih lalu dicampur dengan adonan yang terbuat dari garam (kusaya eki). Ikan yang sudah direndam dalam cairan ini langsung dijemur hingga kering. Adonan perendam atau kusaya eki akan terus digunakan selama berkali-kali. Bahkan ada sebuah keluarga yang mewariskan kusaya eki yang telah digunakan selama beratus tahun. Gila!

10. Kiviak, Greenland

Kiviak adalah makanan mengerikan dengan bau yang tidak sedap. Kiviak terbuat dari burung kecil bernama auks. Burung ini disimpan utuh-utuh di dalam lubang tubuh anjing laut. Sebanyak 500 auks akan dimasukkan utuh-utuh bersama kulit dan kakinya ke dalam tubuh anjing laut yang telah mati. Di dalam tubuh anjing laut ini auks akan terfermentasi dengan baik.
Kiviak [image source]
Kiviak [image source]
Kiviak banyak disajikan untuk acara penting seperti pesta ulang tahun dan pernikahan. Daging burung kecil ini akan dipanen setelah 6-7 bulan tersimpan dalam tubuh anjing laut yang dikubur dalam tanah. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya?
Inilah sepuluh makanan dengan bau menjijikkan yang ada dan dikonsumsi banyak orang. Jika disuruh memilih, anda akan mencoba makanan nomor berapa dari daftar di atas?
Previous
Next Post »