erita
11

Tanpa Izin Pemilik, Seniman Jual Foto Instagram Seharga Rp 1,1 Milyar


Seorang seniman asal New York, Amerika Serikat menjual foto orang lain di Instagram seharga US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar tanpa meminta izin kepada yang bersangkutan (pemilik aslinya).
Seniman bernama Richard Prince tersebut hanya mengambil sejumlah posting-an dari aplikasi berbagi foto populer tersebut dan mencetaknya ke dalam ukuran besar.
Dalam pameran terbarunya, Prince memamerkan 37 foto yang diambil dari Instagram orang lain – tanpa bertanya kepada sang pemilik asli apakah mengizinkannya untuk dipamerkan atau tidak.
Beberapa foto sudah dipamerkan pada akhir 2014, dan baru-baru ini ada yang dijual di pameran Frieze Art Fair, New York dengan nilai US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar.
Salah satu foto yang dijual adalah foto seorang wanita bernama Doe Deere. Ia tahu hasil karyanya dipajang oleh Prince ketika teman-temannya melihat pameran tersebut.
Ia mengatakan kepada para follower Instagram-nya bahwa Prince tidak meminta izin untuk menggunakan fotonya di pameran itu.
foto-instagram a
“Ya, potret saya ditampilkan di Frieze Gallery, New York. Itu hanya screenshot (bukan lukisan) dariposting-an asli saya. Saya tidak memberikan izin kepada Richard Prince untuk memajangnya di pameran. Ini sudah dijual (US$ 90 ribu, saya sudah diberitahu),” tulis pemilik akun @doedeere.
Tanpa Izin Pemilik, Seniman Jual Foto Instagram Seharga Rp 1,1 Milyar
Tanpa Izin Pemilik, Seniman Jual Foto Instagram Seharga Rp 1,1 Milyar b
Nah, bagaimana pendapatmu tentang hal ini? Syah atau bagaimana? Dan bagaimana jika foto kamu yang ‘dicuri’ itu?
Previous
Next Post »