erita
11

Semua Orang Bisa Liburan! Ini Dia 5 Pilihan Tujuan Travelling Berdasarkan Budget Kamu


Siapa bilang liburan mesti mahal? Enggak kok. Dengan duit berapa aja kamu udah bisa refreshing. Banyak kok pilihan yang bisa kamu lakukan. Yang penting sadar diri aja. Kalo duit cuma gocap di kantong kan kagak mungkin jalan-jalan ke Swiss di akhir pekan.
Duit sedikit bukan halangan, kamu cukup ngerti cara memanfaatkannya. Nih MBDC bantuin, destinasi wisata pilihan tujuan travelling berdasarkan budget kamu.
Baca juga artikel ini:

KONTES SEO HADIAH 100 JUTA

Budget 5.000 - 10.000

{source name="Museum Gajah atau Museum Nasional" url="indonesianewsonline.com"}
Museum Gajah atau Museum Nasional via indonesianewsonline.com
Siapa bilang duit segini gak bisa berwisata? Dengan budget seharga makanan cepat saji kamu udah bisa travelling loh. Salah satu tempat yang paling memungkinkan kamu travelling dengan duit segini adalah ke museum.
Yak beruntung banget tinggal di Indonesia. Karena harga tiket ke museum rata-rata berkisar 5000 - 10000 saja. Gak percaya? Cobain aja main ke Taman Mini Indonesia Indah. Tiket masuknya cuma 7000, cuy. Dengan harga tiket segitu kamu udah bisa muasin diri main-main sekaligus belajar ke 32 anjungan/museum daerah.
Bisa juga main ke Museum Gajah (yang di depan Monas itu loh) atau museum-museum yang ada di kawasan kota tua. Tiket masuknya cuma gocengan.

Budget 10.000 - 50.000

{source name="Curug Barong" url="kaskus.co.id"}
Curug Barong via kaskus.co.id
Budget yang masuk kategori pas-pasan ini ternyata bisa juga loh ngebawa kamu ke tempat-tempat yang sedikit jauh dari kesemrawutan Jakarta. Salah satu tempat terdekat yang bisa kamu kunjungi adalah kawasan Bogor.
Salah satu contohnya adalah ke tempat air terjun yang ada di hampir semua kawasan di Bogor. Misalnya Curug Barong atau Lewi Hejo yang sekarang ini lagi ngetren banget. Tiket masuknya cuma 15.000.
Sisa duitnya bisa kamu pake untuk naik angkutan umum menuju lokasi Curug. Jadi yang gak punya kendaraan tetep bisa liburan murah.

Budget 50.000 - 150.000

{source name="Pulau Pari" url="pulaupari-indonesia.com"}
Pulau Pari via pulaupari-indonesia.com
Dengan budget yang agak mendingan ini kamu malah bisa loh mengasingkan diri ke pulau terdekat di Jakarta. Paling gampang ya ke Kepulauan Seribu. Tempat yang cocok jadi pilih buat ngabisin budget segitu.
Misalnya nih main ke Pulau Pari. Tiket PP ke Pulau Pari ngabisin 80.000 dengan kapal umum. Kalau punya budget sekitar 100.000 saja, kamu udah bisa jajan dengan budget 20.000. Lumayan kan.

Budget 150.000 - 250.000

{source name="Gunung Papandayan" url="1001wisata.com"}
Gunung Papandayan via 1001wisata.com
Nah kisaran duit segini biasanya jadi budget umum para backpacker yang mau hijrah keluar kota kalau weekend.
Salah satu pilihanya yaitu ke gunung-gunung di kota terdekat seperti Garut, Sukabumi atau Bogor. Kalau kamu punya budget 250.000, kamu bisa ngungsi ke Gunung Papandayan yang ada di Garut. Salah satu gunung paling indah di Indonesia juga trek pendakiannya gampang dan cocok buat pemula.
Dari Jakarta kamu bisa naik bus tujuan Terminal Garut sekitar 45.000 sekali jalan. Dari Terminal Garut kamu bisa naik angkutan ke Cicurupan seharga 25.000. Tiket masuknya cuma 7.500. Irit banget kan. Sampe puncak duitnya masih bisa buat makan.

Budget 250.000 - 500.000

Biasanya budget segini sering dihabisin para backpacker yang mau ambil cuti sehari. Biasanya ke tempat yang perjalanannya kudu naik kereta api. Salah satu contoh yang populer adalah jalan-jalan ke Dieng Wonosobo, Jawa tengah.
{source name="Dieng Wonosobo" url="initempatwisata.com"}
Dieng Wonosobo via initempatwisata.com
Dengan budget 350.000, kamu udah bisa ke kawasan Dieng, salah satu dataran tinggi terindah yang dipunyai Indonesia. Pemandangan kota maupun alamnya sungguh bikin kamu pengen balik lagi kesini.
Kamu bisa beli tiket kereta api tujuan Jakarta - Purwokerto dengan tiket sekitar 100.000- 150.000. Kalo gak kebagian, bisa pilih yang ke Wonosobo seharga 125.000 - 150.000. Dari terminal Wonosobo ke kawasan Dieng cuma bayar 10.000-15.000 doang. Dengan duit segitu kamu bisa melihat pemandangan perbukitan tanaman sayuran atau juga akses ke kawasan wisata yang berbayar kayak candi maupun telaga yang tiketnya 10.000-15.000.
Keren ya artikelnya? Artikel ini adalah hasil kerjasama MBDC dengan Komunitas Backpacker Jakarta. Kamu bisa kenalan sama mereka lewat Twitter  ataupunInstagramnya.
Previous
Next Post »