erita
11

Kamu Harus Tahu, Inilah Manfaat Luar Biasa dari Daun Singkong


Singkong merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai menu pokok pengganti nasi.
Singkong sudah banyak diolah menjadi makanan yang bernilai ekonomis tinggi. Mulai dari diolah menjadi singkong keju, kripik singkong, dan olahan lezat lainnya.
Selain lezat, singkong juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seluruh pohonnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Akarnya bisa dimakan, batangnya dapat dibuat bibit singkong dan daunnya yang mampu mengobati berbagai penyakit. Lalu bagaimana dengan daunnya? Apa keutamaan dan manfaat dari daun singkong untuk kesehatan?
Karena belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang manfaat daun singkong bagi kesehatan, disini kita akan berbagi kepada anda semua mengenai manfaat daun sinkong untuk kesehatan.
Beberapa manfaat luar biasa dari daun singkong yang kebanyakan kita tidak tahu, diantaranya:
Mengatasi Stroke
Stroke adalah salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia. Penyakit ini menyerang saraf pada tubuh penderitanya sehingga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.
Namun daun singkong ternyata dapat menjadi salah satu pilihan untuk pengobatan penyakit ini. Hal ini dikarenakan daun singkong yang memiliki banyak kandungan isoflavon.
Kandungan tersebutlah yang berperan dalam melawan penyakit stroke sehingga mengembalikan fungsi saraf hingga dapat bekerja normal kembali.
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Anda termasuk orang yang mudah terkena penyakit atau ‘ringkih’? Mungkin sistem imunitas Anda sedang terganggu sehingga dapat kurang bekerja secara optimal.
Nah, jika Anda ingin memperbaiki hal itu, Anda bisa memanfaatkan daun singkong sebagai peningkat daya tahan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada daun singkong. Vitamin C sangat baik bagi tubuh, salah satunya dapat merangsang sistem imunitas tubuh agar dapat bekerja lebih optimal.
Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga harus mengingirinya dengan menjaga kebersihan makanan dan tubuh Anda, juga lebih aware terhadap makanan serta minuman yang Anda konsumsi tiap harinya.
Menyehatkan Mata
Mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Dengan mata, Anda dapat melihat dunia dan sangat membantu Anda dalam aktivitas setiap hari.
Namun terkadang mata tidak begitu mendapat perhatian yang baik dalam hal kesehatannya, sehingga kini sudah banyak orang yang menggunakan kacamata dan terganggu penglihatannya, bahkan terkena penyakit katarak. Salah satu upaya yang dapat Anda coba untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan mengonsumsi daun singkong.
Selain vitamin C, daun singkong juga mengandung vitamin A. Vitamin A inilah yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mata. Dengan mata yang sehat, tentunya kegiatan sehari-hari dapat dilakukan dengan baik juga, kan?
Menyembuhkan Luka
Manfaat daun singkong yang berikutnya adalah dapat membantu menyembuhkan luka. Daun singkong dapat membantu Anda menyembuhkan luka karena memiliki kandungan zat besi serta serat.
Menurut sebuah penelitian, zat besi dan serat di dalam daun singkong dapat membantu Anda dalam mempercepat pengeringan luka. Selain manfaat daun singkong untuk mengeringkan luka, daun singkong juga dapat mencegah terbentuknya bekas luka setelah luka sembuh.
Jadi, Anda juga bisa menggunakan daun singkong untuk mengobati luka luar Anda agar meminimalisir terjadinya bekas luka pada kulit.

Anti Sakit Kepala
Tekanan hidup di masa kini seringkali membuat Anda mudah sakit kepala. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah depresi atau stress.
Jika sudah sakit kepala, tentunya Anda akan semakin stress karena tidak dapat beraktivitas seoptimal biasanya. Namun daun singkong dapat menjadi jawaban atas sakit kepala yang kerap mengganggu Anda. Cukup konsumsi daun singkong dengan cara direbus dengan rutin, namun tidak menambahkan santan di dalamnya.
Mengapa? Karena santan justru dapat membuat Anda terkena sakit kepala jika mengonsumsinya secara berlebihan.
Mencegah Proses Penuaan
Nah, yang satu ini adalah manfaat daun singkong bagi kecantikan. Tahukah Anda bahwa daun singkong dapat berperan sebagai penangkal proses penuaan?
Hal ini berhubungan dengan kandungan vitamin C yang dimiliki daun singkong, sehingga dapat mengasup nutrisi bagi kolagen dalam kulit Anda sehingga mempercantik sekaligus mencerahkan kulit wajah.
Selain itu, vitamin C juga dapat berperan untuk proses detoksifikasi atau pengeluaran radikal bebas dari dalam tubuh yang dapat mempercepat proses penuaan.
Meningkatkan Daya Ingat
Jangan menganggap remeh daun singkong. Daun singkong dapat meningkatkan daya ingat seseorang, termasuk siswa. Dalam belajar terutama menghadapi ulangan atau ujian diperlukan daya ingat yang tinggi. Kalau tidak, materi pelajaran yang akan diuji sering terlupa meskipun telah rajin mengulang pelajaran di rumah.
Masyarakat sering mengidentikkan daun ubi kayu ini dengan taraf sosial sebuah keluarga. Keluarga menengah ke bawah dan kurang mampu, lebih sering mengkonsumsi daun singkong. Dalam bentuk olahan urapan, tumis, dan sayuran berkuah.
Daun singkong mengandung asam amino di samping banyak unsur nutrisi lainnya. Asam amino yang terdapat pada chlorofil (zat hijau daun) berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh dan khususnya otak. Maka pantaslah ketika makan sayuran daun singkong perut terasa kenyang. Otak terasa lebih cemerlang karena memiliki energi yang cukup untuk berpikir dan mengingat sesuatu.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari daun singkong yang kami rangkum dari berbagai sumber. Silahkan sebarkan artikel ini jika kamu rasa bermanfaat
Previous
Next Post »