erita
11

Jangan Baper Kalo 9 Hal Ini Terjadi Saat Kamu Mengerjakan Skripsi


Skripsi itu mau gak mau harus dikerjain. Bikinnya juga gak gampang. Derita mahasiswa akhir, gitu katanya. Ada-ada aja deh yang terjadi saat kamu lagi ngerjain skripsi. Mulai dari yang nyenengin, sampe yang bikin kamu kesel sampe ke ubun-ubun. Kayak hal-hal di bawah ini nih, pasti paling bisa deh bikin baper alias bikin kamu bawa perasaan.

1. Gak Direspon Sama Pembimbing 

{source name="Krik krik krik..." url="shawngraham.me"}
Krik krik krik... via shawngraham.me
Ada kalanya semangat kamu itu gak berbanding lurus sama semangatnya pembimbing. Giliran kamu lagi semangat-semangatnya, pembimbing kamu enggak. Kan sedih ya. Apalagi kalo chat kamu cuma di-read doang. Boro-boro SMS dibales, ditelpon diangkat aja kagak. Sekalinya SMS dibales isinya cuma "Y" doang. Kalo gak "Saya cuti 3 minggu." Duh. Pedih. Biar gak kejadian kayak gini kamu sebaiknya kamu yang proaktif duluan, harus tau jadwal si dosen tuh ngajar hari apa aja, di kelas mana aja. Jadi bisa kamu cegat deh di depan kelas setelah doi selesai ngajar. Dijamin dosennya gak bisa mengelak lagi kalo kamu samperin.

2. Dicuekin Pacar

{source name="Gak diangkat-angkat" url="gs3.wonderhowto.com"}
Gak diangkat-angkat via gs3.wonderhowto.com
Bukan salah siapa-siapa, karena yang namanya lagi fokus ngerjain skripsi pasti bisa bikin lupa segalanya. Lupa mandi, lupa makan, bahkan sampe lupa bales chat pacar. Makanya jadinya kamu dicuekin balik deh sama pacar kamu. Jangan sedih, kalo pacar yang baik pasti ngerti dan malah mendukung. Makanya kalo pacar kamu lagi butuh dukungan kamu jangan cuekin, gak enak kan dicuekin balik?

3. Sekretariat Berulah

{source name="Sekrenya begini..." url="www.redwoods.edu"}
Sekrenya begini... via redwoods.edu
Emang suka ada-ada aja tuh ulahnya sekret. Saking banyaknya orang yang diurusin, jadinya ya gitu deh suka pusing sendiri merekanya. Kalo mereka proses apa-apa tuh lama banget, skip parah sampe berkas kamu ilang, atau tiba-tiba tutup seenak jidat padahal belom waktunya tutup dah hari itu udah hari deadline, wah, kesel sih, tapi jangan baper juga. Mereka juga kerja dan males juga harus ngeluarin tenaga ekstra buat kamu doang yang ngerjain skripsinya juga udah mepet.

4. Ngobrol Sama Temen yang Udah Lulus

{source name="Iye iye tau udah lulus lunya" url="www.ciderwithrosie.com"}
Iye iye tau udah lulus lunya via ciderwithrosie.com
Ini memang jadi bumerang di dalam hati. Di satu sisi kamu seneng temen kamu udah lulus tapi di sisi lain kamu meratapi nasib kamu yang gak kunjung kelar skripsinya. Kamu tau itu harus dikerjain ya tapi gimana, susah. Baper dikit aja boleh, tapi bapernya dikonversikan jadi semangat dan motivasi dong, doi aja bisa lulus, masa kamu enggak?

5. Ditanya-tanyain

{source name="Basa-basi yang basi banget gitu" url="www.wikihow.com"}
Basa-basi yang basi banget gitu via wikihow.com
Udah paling malesin deh menghadapi orang yang nanya-nanya; "Udah bab berapa?" atau "Kapan sidang?" ke kamu. Ditanya temen yang udah lulus aja kesel, gimana ditanya sama yang sama-sama belom lulus? Belom lagi kalo ditanyain sama orang tua, sampe bingung mau jawab apa. Pertanyaan gituan juga sering tuh jadi basa-basi kalo gak sengaja ketemu orang di kantin atau di jalan. Yah, gak usah dibawa emosi juga sih ya, jawab aja sekenanya. Kalo kamu gak nyaman sama topiknya ya jangan diterusin ngobrolnya. Menghindarlah biar baper kamu gak berkepanjangan.

6. Temen Kamu yang Udah Lulus Sering Ngajak Main

Ngerti sih, kalo temen kamu yang udah lulus itu udah bebas dan gak punya kewajiban mendesak makanya doi sering ngajak kamu main. Tapi masa gak pengertian banget sih ngajakin main mulu ke yang belom lulus? Gak perhatian banget ya. Biar kamu gak diajakin main mulu, serang aja pake senjata: "Main mulu, belom dapet kerja ya?" ini. Pasti diem.

7. Ada yang Berisik di Perpus

{source name="Sssttt! Nanti dimarahin Rangga!" url="www.mldspot.com"}
Sssttt! Nanti dimarahin Rangga! via mldspot.com
Entah lagi diskusi, lagi belajar bareng, lagi ngerjain tugas kelompok, lagi pacaran, atau bahkan hanya sekedar nongkrong-nongkrong aja, orang yang berisik di perpus itu emang ngeselin. Belom lagi kalo yang berisik itu duduknya deket sama kamu. Mau negur gak enak, tapi dibiarin juga malah ngelunjak. Kamu yang lagi konsentrasi dan lagi fokus-fokusnya ngerjain skripsi, harus ikutan dengerin obrolan mereka deh jadinya. Daripada kamu dianggep orang yang sok dan jadinya disebelin, mending kamu lapor aja ke petugas, jadi biar mereka yang langsung negur.

8. Cetak-mencetak gagal

{source name="Salah cetak" url="www.kaskus.co.id"}
Salah cetak via kaskus.co.id
Emang paling nyiksa lagi skripsian tapi gak punya printer. Udah janjian sama pembimbing, dan abang tukang nge-print pun janjinya besok selesai di-print. Eh kenyataannya pas kamu samperin ke sana, berkas punya kamu belom kesentuh sama sekali. Mau kesel, tapi gimana. Yaudah sabarin aja, kalo ditugguin pasti jadi cepet kelarnya. Kasus lain yang juga sering terjadi, print-an punya kamu ada yang salah. Duh, nambah pekerjaan aja deh. Yaudahlah kamu cuma tinggal bisa hubungin dosen pembimbing, kasih kabar kalo kamu bakal telat. Jangan malah kebaperan dan jadi kesel sendiri. Rugi. Mending simpen energi kamu untuk menghadapi dosen pembimbing yang siap nyap-nyap.

9. Kampus Rese

{source name="Banyak aturan banget" url="www.fanpop.com"}
Banyak aturan banget via fanpop.com
Kebijakan kampus tuh kadang ngutungin kadang juga bikin buntung. Abisnya peraturan kampus dikit-dikit berubah seenak jidat sih. Jadwal KRS-an berubah, jadwal ngumpulin berkas berubah, jadwal daftar sidang berubah, semua bisa terjadi kapan saja tanpa aba-aba. Yang kamu tau jadwal lama tuh tanggal berapa, taunya di tanggal yang baru deadline kamu makin ketat! Aaak! Baper deh jadinya. Kesel sendiri. Makanya biar gak terjadi hal yang kayak gini kamu sering-sering aja deh main ke sekretariat, liatin papan pengumuman di sana. Biar kamu gak merasa terkhianati sama sekretariat gitu deh.
Emang banyak hal yang terjadi saat kamu ngerjain skripsi yang bisa bikin kamu jadi baper. Namanya juga lagi gamang sama hal yang akan menentukan hidup kamu. Wajar aja sih kalo kamu jadi dikit-dikit baper. Boleh aja baper, asal jangan lama-lama ya. Karena sesungguhnya masih banyak hal yang lebih sulit dari skripsi yang akan kamu hadapi nantinya. Semangat!
Previous
Next Post »