erita
11

9 Ajang Pencarian Bakat yang Pernah Ada di Indonesia


Ajang pencarian bakat dipercaya jadi salah satu cara instan buat memasuki industri hiburan. Gak heran banyak banget stasiun TV di Indonesia yang bikin program ajang pencarian bakat, seiring banyaknya orang-orang di luar sana yang membutuhkan ajang ini sebagai batu loncatan karir mereka. Nah, berikut 9 ajang pencarian bakat yang pernah ada di Indonesia yang mungkin pernah kamu tonton atau malah pernah kamu ikuti audisinya.

1. AFI (Akademi Fantasi Indosiar)

Ajang pencarian bakat yang cukup fenomenal ini bisa jadi yang mempelopori kembali munculnya berbagai program serupa di televisi kita. Ciri khas ajang yang dipandu sama Adi Nugroho sebagai Host ini adalah komentarnya mbak ii (Tri Utami) yang selalu ngomong "pitch control" dan koper sebagai tanda finalis dieleminasi. Gak cuma konser tiap minggu, setiap hari kamu juga pasti suka mengikuti keseharian para finalis di rumah karantina lewat program Diary AFI kan.

2. API (Audisi Pelawak TPI)

{source name="Bajaj API" url="www.sinemart.com"}
Bajaj API via sinemart.com
Mungkin ini ajang pencarian bakat khusus komedi yang pertama kali di Indonesia. Nah, jebolan dari acara lomba lawak grup ini yang bisa dibilang berhasil adalah Sule (dari grup SOS) dan Bajaj.

3. Mamamia Show

{source name="Mamamia Show" url="www.mamamia.indosiar.com"}
Mamamia Show via mamamia.indosiar.com
Acara lomba nyanyi yang dimanajeri oleh sang Ibu. Jadi mereka tampil ditemani Ibunya gitu di atas panggung. Pertama kali tayang tahun 2007. Jebolannya Paramytha Lestari Mulyarto atau yang dikenal Mytha. Konsep penilaiannya di program ini gak pake sms lagi tapi dinilai dari 100 orang penonton yang disebut sebagi Juri Vote Lock.

4. Indonesia Mencari Bakat (IMB)

{source name="Indonesia Mencari Bakat" url="www.sidomi.com"}
Indonesia Mencari Bakat via sidomi.com
Beda sama ajang pencarian bakat lainnya, di IMB gak mengkhususkan pesertanya untuk punya satu bakat aja. Bisa nyanyi, dance, tari tradisional, melukis, dll. Jebolannya yang paling unik tuh si Hudson. Nah terus juri yang paling khas komentarnya tuh Rianti Cartwright yang selalu bilang "Good Job".

5. Idola Cilik

{source name="Idola Cilik" url="www.flickr.com"}
Idola Cilik via flickr.com
Ajang pencarian penyanyi khusus anak-anak dengan juri yang paling dikenal tuh Mama Ira (Ira Maya Sopha), Duta Sheila on 7, Dave Hendrik, dan Adi Bing Slamet yang sering jadi juri tamu. Dipandu sama Okky Lukman, jebolan dari ajang ini tuh banyak juga yang sukses, Angel, Bastian, Alika (mantan personil Princess).

6. The Voice Indonesia

{source name="The Voice Indonesia" url="www.uniqpost.com"}
The Voice Indonesia via uniqpost.com
Umur ajang ini kayaknya gak lama. Padahal jurinya gak kalah keren sama ajang lain, ada Glenn Fredly, Sherina Munaf, Armand Maulana, dan Giring Nidji. Di ajang ini para finalis bakal dipilih sama juri buat masuk ke timnya. Saking gak terlalu heboh, kamu mungkin agak lupa siapa juaranya. Juaranya itu Billy Simpson.

7. Pildacil (Pemilihan Da'i Cilik)

{source name="Pildacil" url="www.pakdenulis.wordpress.com"}
Sempet ditayangin di Lativi (sekarang namanya TV One), ajang pencarian da'i cilik ini menampilkan kemampuan anak berdakwah di depan umum.

8. The Next Mentalis

{source name="The Next Mentalist" url="www.tvguide.co.id"}
The Next Mentalist via tvguide.co.id
Ajang pencarian bakat mentalist yang pantas menggantikan Deddy Corbuzier. Peserta dieliminasi langsung oleh Deddy berdasarkan penilaian pribadi. Ajang ini juga cuma berlangsung setahun.

9. Dream Band

{source name="Dream Band" url="www.kaskus.co.id"}
Dream Band via kaskus.co.id
Ini dia ajang yang diikuti sama band Kotak dan Kapten. Ajang yang khusus mencari bakat anak band Indonesia ini berhasil tayang selama 3 tahun berturut-turut.
Kamu tahu ajang pencarian bakat lainnya? Coba share di comment ya.
*featured image : http://alex86111.tripod.com/rizwar_1024.jpg
Previous
Next Post »