erita
11

8 Fakta Unik Tentang Fandom yang Wajib Kamu Ketahui


Fandom adalah bentuk pemujaan terhadap idola yang udah ada sejak lama. Dari era Sherlock Holmes masih muncul dalam medium novel sampai sinar terang bintang-bintang Korea terkini, fandom selalu menemukan jalan agar para pengikutnya terus bertambah. Fandom pun punya karakteristik khusus yang gak bisa kamu temui dalam bentuk pemujaan lain, seperti sepak bola misalnya. Meskipun sama-sama punya basis penggemar fanatik, tapi kedua hal tersebut gak bisa disetarakan gitu aja. Berikut beberapa keunikan fandom yang fandom banget:

1. Kalo Kamu Bukan Anak Fandom, Kamu Gak Akan Ngerti

Bingung kenapa beberapa waktu kemarin banyak yang kesel sama kematian Jon Snow di Game of Thrones? Yang udah baca novelnya pasti tau dong doi bakal mati. Tapi penggemar berat serial populer tersebut pastilah bersedih hati mendapati satu lagi karakter protagonis harus kehilangan nyawanya. Bingung kenapa banyak orang mencurahkan seluruh jiwa raganya untuk menggemari berbagai budaya pop seperti Harry Potter, Star Wars, atau Star Trek? Kalo kamu bingung, berarti kamu emang gak anak fandom dan kamu gak bakal ngerti sama orang-orang yang berkecimpung di dunia fandom.

2. Fandom Biasanya Soal Fiksi atau Budaya Pop

Gak semua hal bisa di-fandom-in. Biasanya emang mencakup buku, film, serial televisi, musik, dan gim. Emang agak susah dijelasin kenapa sepak bola atau olahraga gak termasuk ke dalam fandom. Tapi emang biasanya gak lepas dari budaya pop.

3. Gak Semua Orang Punya Mental Fandom

Ada orang yang suka banget sama sebuah film atau serial tv. Bisa jadi itu adalah salah satu favoritnya sepanjang masa. Sesekali berselancar di internet buat cari tau hal lebih tentang sesuatu yang jadi favoritnya itu atau tiap hari nyari kabar terbaru, tapi doi gak termasuk anak fandom. Gak apa-apa, yang merasa kayak gitu, kalian gak sendiri. Ada karakter khusus anak fandom yang juga susah dijabarkan kayak apa aja formulasinya. Anggap aja ada dua tipe manusia di bumi, yaitu yang anak fandom dan yang bukan.

4. Sulit Terhindar dari Sakit Hati

Anak-anak fandom ini tuh terikat banget sama apa yang dipujanya. Jadi emang apa-apa bawa perasaan jika terkait sama keberlangsungan hidup seorang atau sebuah karakter. Maka oleh karena itulah anak fandom gak bisa lepas dari yang namanya luka atau sakit di hati, walau mungkin cuma sebentar dan terkesan ilusi. Tetep aja sih, yang gak anak fandom aja bisa kesel berhari-hari atau berbulan-bulan kalo karakter kesayangannya mati tak berdaya karena kuasa sang pengarang atau penulis skrip.

5. Gak Bisa Ninggalin Fandom

Sekali terjerumus, jangan harap bisa kembali lagi. Fandom dibawa ampe mati. Nah, yang ini bisa jadi ada kemiripan antara penggemar sepak bola dengan tim kesayangannya. Bisa aja sih ninggalin, tapi emang yakin? Ntar malah kangen gak ketulungan.

6. Ada Tingkat Kegilaan Tertentu yang Terdapat dalam Semua Fandom

Jadi anak fandom adalah hal aneh yang emang gak semua orang bisa ngertiin (lihat lagi poin awal). Kamu meluangkan waktu yang teramat banyak bagi sesuatu yang jadi pujaan, begitu obsesif. Kamu gak bakal bosen cuma mantengin segala sesuatu yang berkaitan dengan fandom pujaan. Itu semua makan banyak tenaga dan pikiran. Tapi kamu gak pernah mikirin itunya, nyantai aja. Tapi orang-orang di luar lingkaranmu yang gak pernah ngerti itu yang berbisik dalam hati, "Ini orang gila (jenis fandom) banget ya.."

7. Bersarang di Tumblr

Pengamatan membuktikan bahwa Tumblr merupakan tempat utama buat para anak fandom mencurahkan isi hati mereka, entah itu dalam bentuk diskusi, fan art, lagu, puisi, atau apapun yang berhubungan dengan sang objek pujaan. Pinterest adalah tempat populer berikutnya, tapi gak ada yang bisa menyaingi Tumblr.

8. Masih Gak Paham? Berarti Kamu Emang Bukan Anak Fandom

Jika segala penjelasan di atas masih bikin kamu gak paham dengan eksitensi anak-anak fandom ini, gak usah minder. Intinya kamu emang gak se-fandom itu, emang bukan anak fandom. Santai aja, tiap orang kan beda-beda. Ada yang punya waktu banyak buat eksplorasi kegemarannya, ada juga yang emang gak bisa menggemari gitu aja. Yang penting kamu luangin waktu buat baca artikel ini.
Masih ada lagi gak hal-hal yang harus diketahui tentang fandom dan umatnya? Gak usah ragu buat ngeramein kolom komentar ya.
Previous
Next Post »