erita
11

8 Ciri Teman Kantor Kamu Baru Aja Melangsungkan Interview Kerja di Kantor Lain


Dalam dunia pekerjaan itu pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain merupakan hal yang biasa. Ada banyak banget sih alasannya, bisa karena salary, tantangan, dan mungkin juga karena udah bosen di tempat yang lama. Pindah kantor itu kan pastinya ada proses interview ya. Nah hal tersebut lah yang kadang suka bikin repot. Bukan karena masalah takut gak bisa jawab pertanyaan pas interview, melainkan mengatur waktunya dengan kantor yang sedang dinaungi. Tapi yang namanya manusia, punya seribu cara biar bisa interview kerja tapi tetep masuk kerja. Cuma bukan berarti segala trik tersebut gak punya kelemahaan ya. Nih dia cara tau kalau temen kantor kamu baru aja interview kerja di tempat lain.

Baca juga artikel ini:

KONTES SEO HADIAH 100 JUTA

1. Dateng Telat

{source name="Terlambat" url="baltyra.com"}
Terlambat via baltyra.com
Walaupun kantor kamu sewoles apapun, tetep aja yang namanya masuk kantor itu harusnya pagi. Ya kali deh kamu masuk kerja jam 2 siang? Ada sih yang kayak gitu, tapi kan rasanya kurang enak dan gak etis aja gitu. Setiap karyawan yang ngelakuin juga bakal ngerasa gak enak bin malu pastinya. Nah ada satu  momen dimana seorang karyawan bakal ngerasa gak gitu malu dan bakal enak-enak aja dateng telat. Momen tersebut adalah ketika dia baru saja melangsungkan interview kerja di kantor lain.
Jadi, kalau ada teman kamu nih yang dateng telat (apalagi biasanya dia gak pernah dateng telat) maka kecurigaan yang harus kamu berikan ke temen kamu adalah dia abis dari wawancara kerja. Emang sih agak sedikit nuduh, oleh karena itu hal ini harus diperkuat dengan poin berikutnya.

2. Alasan Telatnya Dibuat-Buat

{source name="Alasan telat" url="http://kenapaguetelat.com/"}
Alasan telat via kenapaguetelat.com
Orang dateng kantor telat itu ada banyak alasannya sih. Bisa karena macet, bisa karena bangun kesiangan, bisa karena boker di celana, bisa karena anterin orangtua, bisa karena bawa vaksin anak, bisa karena banjir, bisa karena males, dan bisa karena mau interview kerja di kantor lain dulu. Nah buat ngebuktiin temen kamu abis interview kerja atau nggak, coba aja kamu tanya ke dia kenapa dia telat. Nanti kalau ternyata jawaban dia terlihat terlalu dibuat-buat, maka kemungkinan besar sih dia abis interview.
Coba aja kamu langsung tembak dengan pertanyaan,"abis interview lu ya?" Kalau abis itu si temen jawab kayak gini,"Ngomong apaan sih lu?" tapi rada panik bin terbatah-batah, dan abis itu dia gak ngasih alasan lalin kenapa dia dateg telat, maka udah fix temen kamu itu abis interview kerja.

3. Bajunya Rapih Banget

{source name="Kalau pakaianya paling kanan, udah jelas interview kerja" url="www.pusatlowongankerjasurabaya.com"}
Kalau pakaianya paling kanan, udah jelas interview kerja via pusatlowongankerjasurabaya.com
Hal yang paling sederhana banget supaya tau temen kamu itu abis interview kerja atau nggak adalah dengan ngeliat penampilannya saat datang ke kantor. Udah lah orang kalau interview kerja itu pastinya mau ngasih kesan pertama yang sangat baik, makanya mereka bakal mengenakan pakaian terbaiknya yang jelas berbeda dengan penampilan keseharian dia saat di kantor yang sedang dinaungingya.
Sayangnya, waktu interview kerja itu suka gak memihak sama pencari kerja. Jadi kadang orang yang abis interview kerja suka gak sempet buat ganti pakaiannya seperti sedia kala. Nah penampilan yang sangat berbeda ini menjadikan orang yang abis interview kerja itu layaknya koruptor yang tertangkap tangan gitu deh. Alasan kayak apapun cuma bakal bikin makin salah. Makanya lain kali kalo mau interview kerja siapain baju ganti biar enak dan nyaman.

4. Izin Rutin Beberapa Minggu

Pertanda lain temen kamu abis melakukan interview kerja adalah saat dia datang telat tiap minggu sekali. Ini bisa terjadi karena teman kamu melewati proses interview kerja dengan sangat mulus, jadi dia semacam lewatin beberapa step gitu deh sebelum akhirnya deal gaji. Kalau lebih ketauan lagi sih biasanya hari izin telatnya itu bakal sama di tiap minggunya. Misalnya hari Selasa atau Rabu gitu deh.

5. Jadi Lebih Perhatian Sama Teman Kerja

{source name="Ada yang bisa gue bantu gak?" url="m.caricinta.detik.com"}
Ada yang bisa gue bantu gak? via m.caricinta.detik.com
Kalau kamu ngerasa teman kantor kamu semacam kerasukan setan karena dia terlihat lebih peduli dengan orang lain di kantor, dan sesekali menanyakan,"Eh gue bisa bantu apa gitu gak?" Tenang, dia gak lagi beneran kerasukan setan, melainkan lagi merasa bersalah dan gak enak aja karena udah datang telat, dan telatnya itu adalah ancang-ancang buat ninggalin kamu. Jadi perhatian yang dikasih sama teman kamu tersebut semacam basa-basi gitu deh, sebelum akhirnya dia ninggalin kamu ke kantor baru.

6. Tapi Abis Itu Gak Fokus

Ini dia jeleknya orang yang basa-basi perhatian karena abis interview kerja, karena kayak gak berapa lama dia bakal tenggelam dalam sebuah pergelutan hati yang teramat tinggi. Yap, kalau temen kamu yang tadinya perhatian tapi kemudian jadi gak fokus dan malah bengong-bengong gitu, jangan bingung dan jangan ge er, karena dia lagi gak mikirin kamu melainkan dia lagi memikirkan diambil atau nggak itu pekerjaan yang baru?

7. Postingan Kode

Dan kalau tiba-tiba temen kamu ngepost atau ngetwit kayak gini


Percayalah dia gak lagi bener-bener dengerin salah satu lagu terbaiknya The Clash, melainkan itu kode buat teman-teman terdekatnya di kantor kalau dia baru aja selesai interview kerja, dan ternyata kantor yang mau dituju tersebut jauh lebih baik. Singkatnya, kalau temen kantor itu temen deket kamu, dia cuma mau kamu nanya,"Eh lu kenapa?"

8. Ngajak Ngobrol Temen yang Paling Deket 

Tapi kalau ternyata kode-kode gak mampu kamu baca dengan baik, tenang aja, biasanya orang yang abis interview kerja itu gak nyaman menyimpan rahasia sendiri. Oleh karena itu dia pun harus mengeluarkan segala unek-uneknya. Ke siapa? Ya temen deket di kantornya lah. Nah kalau temen kamu yang abis interview itu adalah temen deket kamu, maka teman kamu tersebut gak akan ragut buat ngajak kamu ngobrol berduaan. Tunggu aja ajakan kayak gini,"Bro, ngerokok yuk?" Trus kamu jawab,"Yok!", Lalu temen kamu jawab lagi,"Tapi jangan di sini ya, bosen. Sekalian ngopi lah di luar!" Percaya deh, pasti perkataan pertama yang akan keluar,"Gue abis interview kerja, bro!"
Ada gak teman kantor kamu yang ngelakuin 8 poin di atas? Kalau iya, berarti gak lama lagi kamu bakal kehilangan satu rekan kantor yang akan berlabuh ke kantor lain.
Previous
Next Post »