erita
11

7 Kuburan Massal Paling Mengerikan


Sejarah mencatat perang telah menyebabkan banyak kematian. Rakyat sipil yang menjadi korban, biasanya dikuburkan secara massal. Mayat-mayat itu kerap dikuburkan di lapangan luas atau tempat terpencil. Selain karena perang, penguburan massal dilakukan karena wabah penyakit yang menyerang banyak warga. Yang mengerikan yakni saat kuburan massal itu ditemukan. Banyak kerangka manusia bertumpukan, tanpa diketahui asal-usulnya.
Berikut adalah 7 Kuburan Massal Paling Mengerikan :
1. Ladang Pembantaian di Kamboja
Kuburan Massal Paling Mengerikan
Pada masa perang saudara di Kamboja (1975-1979) terjadi pembantaian besar-besaran yang diakibatkan rezim diktator. Pol Pot adalah nama pemimpin diktator yang kekejamannya kerap disandingkan dengan Adolf Hitler. Ia pernah memerintahkan untuk melakukan pemusnahan terhadap ribuan jiwa di Kamboja.
Mereka yang menjadi korban kekejaman Pol Pot dan pasukannya, mulai dari kalangan cendekiawan, profesional dan abdi pemerintah yang tidak mau bekerja sama dengannya. Di Kamboja diperkirakan ada ribuan kuburan massal akibat kekejaman Pol Pot. Di salah satu kuburan itu ada yang berisi 1,38 juta kerangka manusia.
2. Kuburan Massal Era Stalin
Kuburan Massal Paling Mengerikan
Di beberapa wilayah Rusia ditemukan kuburan massal yang berisi ribuan hingga ratusan ribu kerangka manusia. Diperkirakan ribuan mayat itu mati pada masa rezim Stalin saat Rusia masih bernama Uni Soviet. Banyak tengkorak ditemukan memiliiki lubang, ini merupakan bukti kekejaman Stalin yang memerintahkan pasukannya menembak bagian kepala korban.
3. Kuburan Massal di Chechnya
Kuburan Massal Paling Mengerikan
Penguburan massal di Chechnya terjadi sejak dimulainya perang saudara pada 1994. Setelah perang itu berakhir sebanyak 57 situs kuburan massal telah ditemukan, yang berisikan ratusan hingga ribuan mayat manusia. Kuburan massal terbesar ditemukan di Kota Grozny, sebanyak 800 jasad manusia ditemukan. Namun ketika beberapa pihak mencoba mencari dan menelitinya lebih lanjut, pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan pelarangan penggalian dan pencarian serta penelitian identitas para korban.
4. Kuburan Massal 796 Bayi di Irlandia
Kuburan Massal Paling Mengerikan
Warga Irlandia dikagetkan dengan penemuan kuburan massal bayi di sebuah rumah singgah yang dulunya dikelola biarawati. Kuburan yang terletak di kota Tuam itu berisi 796 tulang bayi yang meninggal di antara tahun 1925 hingga 1961.
Bayi-bayi itu diduga dikuburkan secara diam-diam di samping halaman rumah tempat septic tank dalam kurun waktu 36 tahun. Bayi-bayi itu diperkirakan menderita gizi buruk dan diabaikan. Kebanyakan bayi-bayi itu meninggal karena campak, TBC, dan pneumonia.
5. Rezim Saddam di Irak
Kuburan Massal Paling Mengerikan
Irak telah menjadi ladang kuburan massal sejak tahun 1980. Akibat pembunuhan dan eksekusi massal, ditemukan 250 situs kuburan massal. Rezim yang dipimpin Saddam Husein kala itu sering menyasar Suku Kurdi. Pemerintah Irak melakukan pembantaian dengan menjatuhkan bom kimia ke desa-desa yang dihuni oleh masyarakat Suku Kurdi.
Diduga korban yang tewas berjumlah 5.000 orang dan mereka yang tidak terbunuh mengalami gangguan kesehatan berat. Pada 1998-an sebuah kampanye yang diberi nama “Anfal Campaign” mengungkapkan 182.000 kepala keluarga Suku Kurdi dinyatakan hilang, sehingga banyak meninggalkan janda dan anak-anak yatim di Irak.

6. Kuburan Massal Akibat Wabah Black Death di Inggris
Kuburan Massal Paling Mengerikan
Ketika wabah pes (alias “Black Death”) melanda Eropa di abad ke-14, metode penguburan tradisional hampir tidak ada karena sepertiga dari populasi orang di Eropa mati. Prosesi tradisional disisihkan untuk kelompok kaya, dan mayat lain hanya ditumpuk-tumpuk seperti rongsokan. Di Inggris wabah ini menewaskan sekitar 100 ribu jiwa, atau sekitar 20% populasi kota London.
7. Stadion Duraiappa di Sri Lanka
Kuburan Massal Paling Mengerikan
Stadion olahraga ini merupakan saksi bisu dari korban perang sipil di Sri Lanka. Diperkirakan 12 ribu warga sipil hilang akibat perang tersebut. Saat melakukan renovasi di gedung ini ditemukan puluhan kerangka termasuk anak-anak. Banyak warga masih mencari anggota keluarga mereka yang hilang, mereka berharap jasadnya bisa ditemukan di stadion ini.
Previous
Next Post »