erita
11

6 Hal yang Soekarno Banget dan Semua Orang Pasti Tau


Orang kalo udah saking terkenalnya itu bakal gampang dikenali, bahksan sampe hal-hal terkecilnya sekalipun. Nah salah satu orang Indonesia yang segala sesuatunya hampir semua orang tau itu adalah Soekarno. Coba, siapa yang gak kenal sama Soekarno? Orang luar negeri juga pasti kenal sama tokoh yang satu ini. Karena emang terkenal banget, tentunya semua orang bakal tau dong sama hal-hal berikut ini yang emang Soekarno banget gitu deh.

1. Proklamasi Kemerdekaan

Banyak banget orang yang berperan dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia mulai dari Bung Hatta yang nyusun konsep dan bacain teks proklamasi, Achmad Soebardjo yang juga nyusun konsep teks proklamasi, Laksamana Tadashi Maeda yang nyediain tempat buat penyusunan teks proklamasi, Sukarni yang ngusulin siapa yang harus nandatanganin teks proklamasi, Fatmawati yang bikin bendera Merah Putih dan kemudian dikibarkan pas proklamasi kemerdekaan, sampai Sayuti Melik yang ngetik teks proklamasi. Tapi tetep aja kalau ngomongin proklamasi kemerdekaan maka yang pertama kali kesebut ya nama Soekarno yang juga nyusun, tanda tangan, dan bacain teks proklamasi.
{source name="Pembacaan teks proklamasi" url="blog.hijup.com"}
Pembacaan teks proklamasi via blog.hijup.com

2. Presiden

Semua orang juga tau kalau Indoensia udah 7 kali ganti presiden, yang terakhir itu Jokowi. Tapi tetep aja kalau ngomongin presiden Indonesia maka yang bakal kesebut pertama ya Soekarno. Selain karena presiden Indonesia yang pertama, Doi itu emang ikonik banget orangnya. Sampai saat ini rakyat Indonesia masih merindukan sosok pemimpin kayak Soekarno.
{source name="Pelantikan soekarno" url="kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id"}
Pelantikan soekarno via kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id

3. Peci

Salah satu hal yang ikonik dari muslim di Indonesia adalah peci hitam. Trus peci hitam ini juga selalu dipake sama presiden-presiden Indonesia dalam beberapa kesempatan salah satunya sesi foto. Nah tapi kepopuleran peci hitam tersebut gak akan mendunia kalau Soekarno gak pernah make. Yes, sampai kapanpun kalau ditanya apa hal yang paling ikonik dari Soekarno, maka salah satu jawaban teratasnya adalah peci hitam.
{source name="Peci hitam yang ikonik" url="www.brilio.net"}
Peci hitam yang ikonik via brilio.net

4. Seragam

Soekarno sangat memperhatikan penampilan, tertutama dalam hal berpakaian. Nah gaya pakaian Soekarno yang paling ikonik adalah segaram yang memadukan militer dan perjuangan sipil. Susah juga ya jelasin gimana jenis seragam yang dipake sama Soekarno, tapi kalau kamu ngeliat orang berpakaian kayak gambar di bawah ini
Maka orang langsung bilang, "Ih gayanya sok-sokan kayak Soekarno!"

4. Ganyang Malaysia

Beberapa waktu lalu kamu pasti pernah denger dan liat deh istilah Ganyang Malaysia. Istilah tersebut muncul ketika Indonesia lagi ada gesekan sama Malaysia. Tapi isitilah ini bukan barang baru di tanah air, karena semua orang Indonesia tau kalau Ganyang Malaysia itu merupakan gerakan yang dikeluarkan oleh Soekarno pada saat terjadi konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia. Nah oleh karena itu kalau ngomongin Ganyang Malaysia maka orang bakal langsung kepikiran Soekarno

5. Beri Aku 10 Pemuda, Maka Akan Aku Guncang Dunia

Wah quotenya keren banget ya, sangat inspirasional gitu deh. Nah quote keren ini semua orang juga tau siapa yang pertama kali ngomong, yaitu Soekarno.

6. Blitar

Blitar itu sangat identik banget sama Soekarno, karena menurut beberapa orang itu adalah tempat kelahiran Soekarno. Tapi tau gak sih kamu kalo hal tersebut salah besar, karena Soekarno itu sebenernya lahir di Surabaya. Google aja tau kalau Soekarno lahirnya di Surabaya.
Screen-Shot-2015-06-05-at-4.31.14-PM
Makanya lain waktu di kroscek dulu ya. Kan malu jadinya kalau salah sebut nama kelahiran orang paling terkenal di Indonesia.
Menurut kamu apalagi nih yang Soekarno banget? Share ya di komen.
Previous
Next Post »