erita
11

5 Skandal Suap Paling Pecah dalam Sejarah Sepakbola


Hari-hari ini seluruh portal berita dipenuhi oleh kabar suap yang berkembang dalam tubuh FIFA. Banyak komite eksekutifnya yan terjerat kasus tersebut. Sampai akhirnya kemarin Presiden FIFA Sepp Blatter yang baru terpilih beberap hari mengundurkan diri. Pecah.
Sekarang MBDC mau ngajak kamu mengintip sejumlah skandal suap paling pecah dan terkenal yang pernah terjadi dalam sejarah sepakbola. Ini lima di antaranya:

Calciopoli

luciano-moggi
Luciano Moggi via tempostretto.it
Pada 2006 Italia jadi berita besar. Pertama karena kasus Calciopoli dan kedua karena mereka berhasil menjuarai Piala Dunia. Tapi penggemar Juventus gak akan pernah lupa dan masih sakit hati dengan yang pertama. Mereka harus turun kasta ke Serie B, terus Scudetto mereka tahun 2005 dan 2006 dicabut.

Marseille

bernard tapie-51cd5c44357030bb907e26d1
Bernard Tapie via lalibre.be
Tahun 1993 jelang final Liga Champions, Marseille berkesempatan buat juara liga dulu untuk kelima kali berturut-turut. Lawannya Valenciennes. Mereka menang dan juara. Eh ternyata ketauan kalo pemain Valenciennes disuap sama Marseille. Dengan tuduhan pengaturan skor, gelar mereka pun dicabut dan Marseille diturunkan secara paksa ke divisi dua.

Mohammed Bin Hammam & Jack Warner

Warner-Bin_Hammam_1905019a
Warner & Bin Hammam via telegraph.co.uk
Sebelum kasus suap yang melanda FIFA baru-baru ini, para anggotanya sempat dituduh korupsi dan terdapat kecurigaan yang mendalam terhadap pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022. Yang terjadi kemudian adalah Ketua Federasi Sepakbola Asia Mohammed Bin Hammam dan Amerika Tengah Jack Warner (yang mana doi kena lagi kemarin) diketahui menyuap anggota Federasi Karibia agar memilih Bin Hammam dalam pemilihan presiden FIFA supaya Sepp Blatter gak naik lagi.

Bruce Grobbelaar

Bruce-Grobbelaar_0
Bruce Grobbelaar via talksport.com
Masih di 1993, Liverpool yang adalah jagoan Liga Inggris pada saat itu disikat tiga gol gak berbalas oleh Newcastle United yang baru promosi. Itu adalah satu dari beberapa pertandingan yang dicurigai sebagai bantuan Grobbelaar untuk rumah judi. Setahun kemudian suratkabar The Sun nuduh doi disuap terkait pengaturan skor.

Brasil 2005

Banyak skor pertandingan liga dan piala Brasil disebut oleh sebuah majalah udah diatur terkait wasit yang disuap. Wasit Edilson Pereira de Carvalho yang merupakan wasit internasional diduga disuap oleh seorang pengusaha untuk mengatur skor. Doi pun akhirnya dipecat. Brasil pun malu besar.
Ada lagi gak skandal suap dalam sepakbola yang bikin geger? Coba berbagi di kolom komentar ya.
Previous
Next Post »