erita
11

5 Hal yang Sebenarnya Dirasakan Orang yang Baru Wisuda


Seneng sih, wisuda. Artinya udah lulus dari kuliah dan bebas dari tanggung jawab belajar. Tapi kamu harus sadar kalo kamu tuh berarti udah akan mulai mencicipi apa itu dunia yang sebenarnya. Kalo selama ini kamu masih berlindung di bawah ketek orang tua, kamu akan merasakan hal yang berbeda kalo udah lulus kuliah dan diwisuda.

1. Ngerasa gak berguna

{source name="Gak berguna kayak gini..." url="grabcad.com"}
Gak berguna kayak gini... via grabcad.com
Kamu yang belum punya kerjaan apa-apa tuh pasti sedikit banyak ngerasa gak enak tinggal terus di rumah setiap hari yang dihabiskan cuma di depan komputer atau di depan tv sambil nunggu email dari website job finder. Namanya juga pengangguran. Kamu akan merasa diri kamu gak berguna karena pada kenyataannya kamu emang gak menghasilkan apapun yang berguna. Tsk. Sedih ya.

2. Putus asa

{source name="Putus asa gitu deh" url="plus.google.com"}
Putus asa gitu deh via plus.google.com
Saking gak ada tuh surat lamaran yang nyangkut, lama-kelamaan kamu akan jadi putus asa. Jangan-jangan kamu ditakdirkan untuk terus menganggur? Apa mungkin kamu ditakdirkan untuk jadi pengusaha? Mau banget jadi pengusaha, tapi usaha apa dong? Mana belom ada modal juga. Tiap hari memikirkan masa depan dan saking pusingnya kamu jadinya putus asa deh.

3. Butuh duit

{source name="Kantong kering" url="curt-rice.com"}
Kantong kering via curt-rice.com
Setelah 'penat' abis bikin skripsi dan juga 'sibuk' dengan masa kuliah yang membosankan, kamu berpikir bahwa ini lah saat di mana kamu bisa bebas! Bisa beli apa aja yang kamu impikan dan bisa pergi ke mana aja yang kamu mau, termasuk liburan ke pantai yang keren-keren itu lho! Tapi... duitnya? Dari mana? Karena kamu udah tinggal di rumah dan udah gak ngapa-ngapain, kamu jadi cenderung udah gak dikasih uang saku. Mau ngapa-ngapain pastinya butuh duit kan. Tapi kamu belum kerja dan belum bisa dapet duit sendiri. Mau minta ke orang tua, ya malu.

4. Bingung

{source name="Pusing pala berbi" url="www.revelationtv.com"}
Pusing pala berbi via revelationtv.com
Mau kerja apa nih abis lulus? Mau ngelamar kerja ke mana? Mana yang lebih besar peluangnya? Mana yang gajinya lebih besar? Serba bingung! Di satu sisi kamu pengen mengejar pekerjaan yang sesuai passion, tapi di sisi lain pekerjaan yang gak terlalu berhubungan dengan jurusan kamu pas kuliah menawarkan kompensasi yang lebih wow. Bingung!

5. Depresi

{source name="Depresiiii..." url="www.myptsd.com"}
Depresiiii... via myptsd.com
Setelah semua hal di atas kamu alami, kamu akhirnya akan depresi. Kalo perempuan, pasti bawannya pengen cepet-cepet cari calon suami orang kaya biar kamu tinggal ongkang-ongkang kaki aja di rumah gak perlu ngapa-ngapain. Untuk yang cowok juga mikir keras gimana caranya biar bisa dapet tante kaya raya biar kamu bisa punya modal untuk rencana kamu ke depan. Wah wah. Jangan sampe deh kayak gitu.
Yah, namanya juga hidup ya. Gak selalu manis. Wisuda itu manis, tapi after taste-nya itu lho yang nyebelin. Kayaknya sih diasikin aja deh ya biar gak sampe kebawa jadi depresi.
Sumber featured image: idahostatejournal.com
Previous
Next Post »