erita
11

5 Bahasa Kasih yang Harus Kamu Tau Biar Bisa Mencintai


Kita semua pasti (dan harus) setuju kalau setiap orang perlu untuk dikasihi, dan kasih merupakan kebutuhan emosional utama manusia. Dalam bukunya, Om Gary Chapman menyebutkan ada 5 bahasa kasih yang dimiliki manusia, pada dasarnya setiap orang membutuhkan 5 bahasa kasih ini hanya saja proporsinya beda. Ada yang satu atau dua yang paling menonjol diantara lima bahasa kasih yang dimiliki setiap orang. Apa aja sih kelima itu?

1. Quality Time

{source name="berkualitas" url="inboundchurch.org"}
berkualitas via inboundchurch.org
Merasa dekat dan dikasihi seseorang ketika kamu melakukan sesuatu bersama, dengan aktivitas yang bikin ngobrol (gak kayak nonton bioskop) dan saat ngobrol diperhatikan adalah kamu banget? Bisa jadi quality time adalah bahasa kasih kamu. Pokoknya butuh rasa kebersamaan, disitu kamu akan merasakan juga kasih sayang.

2. Physical Touch

{source name="sentuhan" url="news.softpedia.com"}
sentuhan via news.softpedia.com
Wah, jangan mikir jorok dulu. Bahasa kasih yang satu ini mau bilang kalo kamu akan merasa dikasihi kalo orang itu menyentuh kamu. Misalnya berpegangan tangan, membelai rambut, bermain tangan, berpelukan, yang secara fisik memang saling bersentuhan. Kalo kamu merasa dikasihi dengan sentuhan-sentuhan, berarti bahasa kasih kamu physical touch.

3. Receiving Gifts

{source name="kejutan" url="nottheitgirls.com"}
kejutan via nottheitgirls.com
Kamu suka menerima hadiah. Bukan berarti matre atau gila harta ya. Bahasa kasih kamu memang menunjukan kalo kamu merasa dikasihi ketika menerima hadiah, tapi bukan berarti hadiah yang dikasih harus mahal. Hadiah yang dimaksud lebih ke hadiah yang memiliki emosional yang besar. Sesimpel bunga yang dipetik sendiri, atau rangkaian foto, hasil masakan, ya pokoknya lebih menuju pada hadiah yang menunjukan usaha daripada uang.

4. Words of Affirmation

{source name="kata-kata" url="www.pinterest.com"}
kata-kata via pinterest.com
Kata-kata peneguhan yang diberikan membuat kamu merasa dikasihi. Kamu butuh support, pujian, dan respect dari orang sekitar. Sebaliknya kata-kata yang negatif dan kritikan bisa sangat menyakitkan bagi kamu, apalagi jika dikatakan dengan intonasi yang salah. Hati-hati berbicara dengan orang yang memiliki bahasa kasih ini, karena dia sangat sensitif.

5. Acts of Service

Suka melayani orang lain. Menunjukan cinta kepada orang lain dengan tindakan, dan ingin juga dilayani dengan baik. Kalau bahasa kasih kamu adalah acts of service kamu mungkin akan lebih berfokus kepada hal-hal apa yang dilakukan bukan kata-katanya yang manis.
Bahasa kasih kamu yang mana nih? Kao masih bingung, kamu bisa pertanyakan ke diri kamu. Hal apa yang menyakitkan buat kamu, dan hal apa yang akan kamu lakukan ke pasangan kamu untuk menunjukan cinta kamu. Niscaya kamu akan tau apa sih bahasa kasih kamu.
Previous
Next Post »