erita
11

12 Legenda Bulu tangkis Indonesia dari Masa ke Masa


Selain sepak bola, bulu tangkis adalah olahraga yang paling dicintai masyarakat kita. Olahraga ini pula yang dari dulu selalu jadi kebanggaan Indonesia. Udah banyak banget gelar yang diberikan cabang ini untuk tanah air. Dari Indonesia baru merdeka, udah muncul sejumlah legenda. Siapa aja sih mereka? Coba intip di bawah.

Icuk Sugiarto

Sebelum Tommy Sugiarto, sebelumnya udah ada Sugiarto yang mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia, yaitu sang ayah, Icuk. Doi adalah juara dunia 1983 dan berkali-kali juara Piala Thomas, Icuk terkenal dengan permainan panjangnya, di mana doi gak mudah menyerah.

Tan Joe Hok

Era 50an merupakan masa awal kejayaan bulu tangkis Indonesia dan yang memulainya adalah Tan Joe Hok bersama-sama dengan Ferry Sonneville. Mereka berhasil menjuarai Piala Thomas 1958 dengan ngalahin juara bertahan Malaysia. Sejak itu, dua edisi berhasil dijuarai, yakni 1961 dan 1964. Pada 1959 doi adalah orang Indonesia pertama yang juara All England, juga orang Indonesia pertama yang bisa meraih medali emas Asian Games tahun 1962.

Mia Audina

{source name="Mia Audina" url="tersapa.com"}
Mia Audina via tersapa.com
Pada umur 14 tahun (coba kamu ingat lagi ngapain di umur segitu) Mia Audina ngebawa Indonesia juara Piala Uber 1994 dalam pertandingan penentu lawan Cina. Dua tahun kemudian mereka juara lagi dan itu adalah Uber terakhir yang dipersembahkan cewek-cewek kita.

Alan Budikusuma

Gak kayak sekarang, tahun 90an banyak banget pemain tunggal putra Indonesia yang jago kayak Ardy Wiranata, Hariyanto Arbi, Joko Suprianto, dan Alan Budikusuma. Makanya pelatih mereka pasti pusing tiap mau berangkat ke Piala Thomas. Alan sendiri terkenal karena berhasil merebut medali emas Olimpiade 1992 Barcelona. Pada saat itu doi ngalahin Ardy (kelak peraih 6 gelar Indonesia Terbuka pada 90an) di final.

Candra Wijaya

{source name="Candra Wijaya" url="andriewongso.com"}
Candra Wijaya via andriewongso.com
Indonesia punya beberapa pemain ganda terbaik dunia pada masanya, dan salah satunya adalah Candra Wijaya yang mau main bareng siapapun tetep jago, dari Sigit Budiarto ampe Tony Gunawan. Medali emas Olimpiade, SEA Games, Kejuaraan Dunia, Piala Thomas, udah pernah dicicipi sama doi.

Christian Hadinata

{source name="Christian Hadinata" url="pbdjarum.org"}
Christian Hadinata via pbdjarum.org
Pada 70an sektor ganda putra Indonesia sangat ditakuti lawan. Salah satu alasannya adalah Christian Hadinata yang juga jago di ganda campuran walau berpasangan dengan siapa saja. Sejumlah gelar yang pernah doi sabet di antaranya All England, Asian Games, SEA Games, Kejuaraan Dunia, dan Piala Thomas yang banyak banget.

Tjun Tjun

Masih di era yang sama dengan Christian, satu lagi pemain ganda putra terbaik di dunia adalah Tjun Tjun. Dari tahun 1974-1980 ketika berpasangan dengan Johan Wahjudi mereka berhasil menjuarai enam kali All England dari tujuh gelaran. Asian Games dan Kejuaraan Dunia juga gak lupa disabet.

Rexy Mainaky

{source name="Rexy Mainaky" url="thestar.com"}
Rexy Mainaky via thestar.com
Bersama Ricky Subagja, Rexy Mainaky membentuk ganda putra paling kuat di muka bumi pada 90an. Medali emas Olimpiade, Kejuaraan Dunia, dan empat kali Piala Thomas masuk dalam koleksinya.

Taufik Hidayat

{source name="Taufik jago banget" url="shopcaulong.com"}
Taufik jago banget via shopcaulong.com
Cuma ada satu pemain yang ditakuti oleh tunggal terbaik sepanjang masa Lin Dan, siapa lagi kalo bukan Taufik Hidayat. Nama yang disebut terakhir ini emang berhasil menjuarai turnamen apapun yang diikutinya. MBDC ampe ogah nyebutin gelar-gelarnya.

Liem Swie King

Cuma orang ini satu-satunya pebulutangkis nasional yang jadi inspirasi film layar lebar. Gak heran karena doi udah puas juara All England dan Piala Thomas.

Susi Susanti

{source name="Susi Susanti" url="reuters.com"}
Susi Susanti via reuters.com
Salah satu pemain tunggal putri tersukses dalam sejarah bulu tangkis dunia. Sama kayak Taufik tadi, saking banyaknya gelar Susi, MBDC ampe ogah nyebutin apa aja yang udah doi raih. Tahun 1992 doi dapet medali emas Olimpiade bersama-sama dengan suaminya, Alan Budikusuma.

Rudy Hartono

{source name="Rudy Hartono" url="theguardian.com"}
Rudy Hartono via theguardian.com
Rudy merupakan salah satu nama paling populer dalam olahraga ini. Prestasi menterengnya adalah delapan kali juara All England. Diulangi, delapan kali. Tujuh kali berurutan. Doi juga sempat juara dunia satu kali.
Dari kesepuluh nama di atas, siapa sih yang jadi favorit kamu? Coba berbagi di kolom komentar ya.
Previous
Next Post »