erita
11

12 Legenda Barcelona dari Dulu Sampai Sekarang


Akhir pekan kemarin Barcelona ngebuktiin bahwa mereka adalah salah satu klub Eropa tersukses sepanjang sejarah. Bahkan baru mereka satu-satunya klub yang sanggup merengkuh treble sebanyak dua kali. Nah, Barcelona kan udah terbentuk sejak tahun 1899. Jadi udah banyak dong pemain bintang yang pernah main di klub kebanggaan Catalan ini. Siapa aja sih mereka? Coba intip di bawah.

Paulino Alcantara

{source name="Paulino" url="goal.com"}
Paulino via goal.com
Bahkan sebelum kompetisi profesional La Liga terbentuk, Barca udah punya legenda, orang Asia pula, tepatnya Filipina. Doi masih tercatat sebagai pemain termuda yang bermain buat tim utama dan pencetak gol termuda juga sepanjang sejarah klub. Alcantara pensiun pada tahun 1927 di umur 31 buat jadi dokter dengan rekor 200 gol dari 177 pertandingan resmi. Oh iya, doi gak ada hubungannya ya sama pebola zaman sekarang Alcantara bersaudara, Tiago dan Rafinha.

Cesar Rodriguez Alvarez

{source name="Cesar" url="eurosport.com"}
Cesar via eurosport.com
Cesar adalah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa sebelum dilewati oleh soon-to-be-the-greatest-legend-ever Lionel Messi dengan torehan 232 gol dari 351 laga. Mantan tentara ini juga ngebawa Barcelona merajai La Liga pada akhir 40an hingga awal 50an dengan lima titel juara. Cesar juga terkenal dengan kemampuannya ngegolin lewat sepak pojok.

Luis Suarez

{source name="Suarez" url="football.as.com"}
Suarez via football.as.com
Anak sekarang taunya Luis Suarez penyerang, tapi di dekade 50an Barca punya gelandang kreatif bernama Luis Suarez yang punya visi permainan serta umpan seperti Xavi dan insting gol layaknya Iniesta. Suarez pula orang Spanyol pertama yang berhasil menggondol penghargaan individu untuk terbaik sejagat, Ballon d'Or, pada 1960. Setelah hijrah ke Internazionale Milan, doi jadi bagian penting generasi emas pimpinan Helenio Herrera yang merajai Eropa di 60an.

Laszlo Kubala

{source name="Kubala" url="borsonline.com"}
Kubala via borsonline.com
Inilah sosok yang dalam sebuah polling pada 1999 dipilih penggemar sebagai pemain terbaik Barcelona sepanjang masa. Kubala adalah penyerang dengan akurasi umpan dan kemampuan menggiring bola yang luar biasa. Total doi bikin 194 gol dari 256 laga bersama Barca. Kubala juga terkenal sebagai spesialis tendangan bebas, yang salah satu gayanya diikuti oleh Cristiano Ronaldo.

Johan Cruyff

{source name="Cruyff" url="nasljerseys.com"}
Cruyff via nasljerseys.com
Legenda Belanda yang memulai segalanya hingga bisa bikin Barcelona jadi klub kayak sekarang ini. Di musim pertamanya tahun 1973 (sebelum ke Barca doi nolak Madrid karena citra klub ibu kota yang deket dengan diktator Jenderal Franco), sosok yang gemar merokok ini ngebawa Barca juara La Liga untuk pertama kali sejak 1960 dan dianugerahi Ballon d'Or. Tapi kontribusi terbesarnya adalah pas melatih Barca pada1988, ngebentuk Dream Team di mana doi ngenalin penguasaan bola dan umpan pendek yang kini disebut tiki-taka.

Josep Guardiola

{source name="Pep Guardiola" url="wallpaperbarcelona.net"}
Pep Guardiola via wallpaperbarcelona.net
Ketika Barcelona era Dream Team arahan Johan Cruyff juara Champions League tahun 1992, Pep Guardiola masih berumur 21 tahun. Tapi gak ada gelandang bertahan lain yang sanggup menyamainya saat itu. Barcelona pun sanggup menjuarai La Liga empat kali berurutan dari 1991-1994. Sebelum jadi pelatih maha sukses, gaya main dan pribadi Pep jadi panutan bagi pemain di posisi serupa seperti Xavi, Andres Iniesta, dan Cesc Fabregas.

Ronald Koeman

Oleh media Catalan, terjemahan julukannya adalah White Gorilla alias Gorila Putih berkat keberingasan dan keamanan yang diberikannya di area pertahanan Barcelona era Dream Team. Tapi doi sendiri pun gak keberatan dengan sebutan tersebut, kayaknya satu-satunya julukan berbau kemonyetan yang diterima di dunia sepakbola. Gol sepakan bebas Koeman yang ngebawa Barcelona merengkuh gelar Champions League pertama dalam sejarah klub pada 1992.

Hristo Stoichkov

{source name="Hristo Stoichkov" url="goal.com"}
Hristo Stoichkov via goal.com
Dari generasi Dream Team, MBDC gak masukin Romario karena doi ada di artikel yang satu lagi dan gak masukin Michael Laudrup karena doi pindah ke Real Madrid. Jadinya Stoichkov aja deh, pemain Bulgaria terbaik yang pernah ada. Jumlah golnya gak terlalu banyak sih, tapi ikonis banget gitu si Pistolero ini. Temperamennya tinggi kalo lagi main, bikin temen-temennya semangat abis.

Carles Puyol

{source name="Puyol" url="weloba.com"}
Puyol via weloba.com
Bek kedua dalam daftar ini. Seluruh karier sosok berambut kerinting gondrong khas ini dihabiskan bersama satu klub dan itu adalah Barcelona. Mungkin Puyol adalah kapten Barca yang paling kamu inget. Total doi nyumbangin 21 gelar buat klub seumur idupnya itu, termasuk enam La Liga dan tiga Champions League.

Xavi Hernandez

Xavi adalah perwakilan pemain tengah dari generasi 2000an. Maaf atas absennya Andres Iniesta dan Ronaldinho (doi ada di artikel satu lagi) dalam daftar ini. Xavi adalah elemen paling penting dalam gaya tiki-taka hasil penyempurnaan Pep dan gak ada yang ngebantah kalo MBDC nyebut doi sebagai gelandang paling lengkap di generasinya. Total 25 piala disumbangkan Xavi buat Barca. Banyak banget banget.

Samuel Eto'o

{source name="Samuel Eto'o" url="eurosport.com"}
Samuel Eto'o via eurosport.com
Biar ada perwakilan Afrika, karena doi emang pemain Afrika tersukses yang pernah hadir di Barcelona. Sosoknya bahkan gak tergantikan kendati Barca udah sempat datengin Zlatan Ibrahimovic. Dua Champions League plus sejumlah gol penting jadi bukti nyata vitalnya Eto'o.

Lionel Messi

{source name="Messi" url="eurosport.com"}
Messi via eurosport.com
Gak usah dideskripsiin lagi ya. Manusia rekor. Udah banyak banget rekor yang dipecahin doi di Barcelona. Kamu semua beruntung idup di zamannya Messi.
Barcelona punya banyak banget legenda yang ramah di ingatan. Coba sebutin dong siapa favorit kamu di kolom komentar.
Previous
Next Post »