erita
11

10 Hal Jadul Yang Diingat Oleh Hampir Semua Anak 90’an


Kali ini kita akan flashback ke akhir tahun 90an dan awal 2000an. List ini ga dibatasi oleh hal tertentu saja, namun mencangkup semua hal yang notabene pasti kita lakukan waktu kita beranjak remaja hehe. Mulai dari hal yang kita lakukan di Internet, Game, ataupun yang lainnya. Namun sayang, sejalan dengan perkembangan dunia, hal-hal jadul itupun ada beberapa yang sudah punah. Tulis di komen yah hal mana aja sih yang paling bikin kamu kangen :) Inilah dia 10 Hal Jadul Yang Diingat Oleh Hampir Semua Anak 90’an!
10Neopets
haljadul10
Eh yaa ini dia web-based game yang intinya kita pelihara seekor…. binatang peliharaan. Bukan anjing atau kucing, namun macem-macem dan aneh-aneh, seperti misalnya naga ataupun unicorn. Kalau saya sendiri sih dulu piaranya naga hehe. Tidak ada objektif tertentu dalam game ini, pemain hanya perlu memberi makan peliharaannya, dan juga bisa mengajak mereka jalan-jalan ke dunia neopets! Website neopets diluncurkan pada tahun 1999 oleh Adam Powell dan Donna Williams.
9Microsoft Word – WordArt and Clippy
haljadul9
Tentunya anda sekarang masih memerlukan Microsoft Word untuk keperluan ketik-mengetik. Namun masih ingatkah anda dengan ‘Clippy’ ? Icon legendaris Microsoft ini sebenarnya ada untuk membantu kita kalau-kalau kita lagi bingung dan memerlukan bantuan, tapi apa yang terjadi icon ini malah bikin kita ngerasa terganggu. Anda pasti sering nge-‘poke’ Clippy dan menonton reaksinya. Selain Clippy, hal lain yang kita lakukan dulu di Ms. Word sudah jelas memakai ‘Wordart’ yang kadang-kadang jadi berlebihan hehehe
8The Sims Cheat
haljadul8
Untuk yang satu ini rada menggelitik perut juga, saya yakin anda orang baik-baik dan tidak akan melakukan trik curang ini hehe untuk yang pernah memainkan The Sims generasi pertama, salah satu trik curang yang banyak dicobai orang adalah menghilangkan sensor sim anda saat mereka sedang mandi. Betul??
7Limewire
haljadul7
Inilah dia program terbesar sepanjang sejarah download-mendownload, well at least pada akhir 90an. Limewire adalah program gratis untuk anda mengunduh file lagu, film, game ataupun apa saja yang bisa di download. Sudah jelas ini merupakan pembajakan namun program ini sangat populer saat itu. Saya sendiri juga punya koleksi lagu sampai bergiga-giga hasil unduhan dari Limewire hehe Limewire akhirnya dimatikan setelah diberikan perintah oleh U.S. Federal Court.
6Nokia Operator Logo
haljadul6
Nokia adalah raja dari market hape dahulu kala. Semua orang hampir bisa dikatakan memakai hape merek nokia. Sepertinya hanya papa saya yang pakai sony ericson hehe Masih ingatkah anda kalau dulu hal yang sering kita lakukan pada hape kesayangan kita, selain main game snake tentunya, adalah mempercantik tampilan hape dengan menggonta-ganti operator logonya? Bahkan dijual juga lho logo-logonya. Dan yap namanya juga masih remaja, jadi suka pamer logo deh di sekolah :)
5mIRC
haljadul5
“HI, ASL PLS?”. Kalimat pertama yang ditanyakan di mIRC untuk ngajak kenalan orang. Tiap malam pasti saya selalu nongkrong di forum-forum mIRC dan ngobrol sama teman-teman ataupun orang baru. Anda juga bisa membuat forum sendiri dan mengangkat teman anda menjadi operatornya. mIRC dibuat pada tahun 1995 dan diunduh oleh total 40 juta orang di seluruh dunia.
4Tamagotchi
haljadul4
Masih ada ga sih yang punya tamagotchi sampai sekarang? Untuk yang belum tahu, tamagotchi itu adalah simulasi virtual hewan peliharaan berupa gadget kecil untuk orang-orang dari segala usia. Karakter peliharaannya adalah makhluk berwarna-warni dengan desain dari hewan, benda, atau orang-orang. Setelah di aktifasi, biasanya kita akan melihat telur yang bergerak-gerak di layar, yang lalu menetas menjadi sebuah karakter peliharaan kita. Mereka bisa nangis, bisa sakit, bisa kelaparan, bisa bosan ataupun mati jika kita tidak mempedulikan mereka. Saya masih ingat, saat sedang liburan naik bus, kebanyakan anak-anak ataupun orang dewasa di bus yang saya naiki pada sibuk main tamagotchi.
3MSN Messenger
haljadul3
Saya jamin 80% orang yang membaca list ini pasti pernah punya account MSN. Yap, diluncurkan tahun 1999, messenger legendaris ini merajai dunia internet jaman dulu, jauh sebelum adanya facebook, twitter ataupun whatsapp. Yang paling saya ingat dari MSN, adalah ketika gebetan sedang online, lalu kita appear offline dan online terus biar dapet perhatiannya :) Setelah 15 tahun, akhirnya MSN ditutup servicenya. Terima kasih MSN untuk kenangannya.
2Nexia
haljadul2
Game online pertama paling laris di Indonesia apalagi kalau bukan Nexia. Dengan tampilan kartunis 2D yang lucu, game ini mampu memikat hati para gamers Indonesia. Hal paling menyebalkan sepertinya saat saya harus mengumpulkan puluhan biji kenari untuk dapat menyelesaikan misi tertentu. Setelah Nexia, mulailah game-game online baru pada bermunculan, seperti Counter-Strike ataupun Ragnarok.
1Friendster
haljadul1
Tak diragukan lagi, sepertinya tidak ada yang dapat memasuki nomor 1 di list ini kecuali Friendster. Dengan pengguna terbanyak dari Indonesia, Friendster adalah kenangan yang selalu membekas di hati kita. Kirim-mengirim testimonial lumrah dilakukan hehe dan rasanya sangat bangga kalau kita punya banyak testimonial ataupun jumlah teman :) Sekarang posisinya sudah digantikan oleh Facebook. Terima kasih Friendster!
Previous
Next Post »