erita
11

Waspada, Lima Makanan ‘Palsu’ yang Bisa Mewabah di Indonesia


Nampaknya masyarakat harus ekstra waspada dan hati-hati dalam memilih beras untuk dikonsumsi. Pasalnya, beras palsu yang terbuat dari limbah plasktik buatan China sudah mulai beredar di pasaran. Bisa jadi, beras palsu ini juga sudah masuk Indonesia.

Berdasarkan dari keterangan media Singapura, China sedang memproduksi beras palsu. Beras palsu ini sedang didistribusikan di kota Cina Taiyuan, di provinsi Shaanxi. Bahkan diindikasikan beras-beras tersebut juga diekspor.
Beras palsu ini terbuat dari gabungan kentang, ubi jalar dan limbah plastik yang direkayasa sedemikan rupa sehingga berbentuk menyerupai beras.
Karena hebohnya kabar tentang beras palsu ini, media pun mulai menyorot makanan apa saja yang kemungkinan ‘abal-abal’ atau ‘palsu’ yang bisa jadi beredar di Indonesia.
Seperti dikutip dari Tribunnews, berikut ini rangkuman 5 makanan palsu yang pernah ada di Tiongkok, yang dilansir dari situs Listverse:
1. Beras Plastik
Beras palsu ini terbuat dari campuran kentang dan ubi, yang disatukan dan dibentuk oleh zat sintetis semacam getah.
Beras ini berbahaya, sebab memakan tiga mangkuk nasi plastik sama saja seperti mengkonsumsi satu buah kantong plastik. [Selengkapnya: Waspada! Beredar Beras Palsu dari Plastik Buatan China]
2. Tofu Berpemutih
Dua perusahaan tahu tofu di Wuham, Hubei, ditutup akibat membuat tofu dengan campuran bahan pengawet dan pewarna buatan.
Ada pula yang menambahkan bahan pemutih, untuk menambah kekenyalan dan kesegaran penampilan tofu.
3. Madu Sulfat
Madu berbahaya ini terbuat dari campuran air, gula, campuran sulfat, dan pewarna buatan.
Yang menjadi perhatian adalah Tiongkok ternyata merupakan produsen madu terbesar dan sudah mengekspor produknya ke berbagai negara di dunia.
4. Air Minum Keran
Polisi Tiongkok menemukan banyak sekali air mineral berkemasan yang ternyata adalah air keran.
Selain itu, botol kemasannya tidak sesuai standar, setara dengan air di dalamnya.
Bahkan, setelah diteliti, banyak yang mengandung bakteri E. coli dan jamur.
5. Mi Basi
Biasanya mi jenis ini dibuat dengan gandum yang sudah basi, busuk, dan berjamur, yang kemudian dicampur dengan dioksida sulfur.
Ada pula yang ditambah dengan bahan pemutih dan zat lainnya untuk menambah banyak mi.
Mari waspada saat memilih bahan makanan yang akan kita konsumsi, anak kita, keluarga kita. Jaga mereka dari makanan yang palsu yang mulai beredar ke Indonesia. Sebarkan artikel ini ke temanmu yang lain. [HP – Sebarkanlah.com]
Previous
Next Post »